-->

Kamis, 14 Mei 2015

Nabi SAW pernah diberi hadiah sebuah busur panah, kemudian beliau memberikan busur itu kepada Qatadah bin Nu'man. Dengan busur itulah Qatadah berjuang di perang Uhud. Ketika posisi pasukan muslimin berbalik dari kemenangan menjadi kekalahan, Nabi SAW dalam keadaan terkepung dan dihujani anak panah, tanpa keraguan Qatadah “pasang badan” untuk melindungi beliau dari depan sambil terus menyerang dengan panahnya, bahkan ia melindungi wajah beliau dengan wajahnya sendiri. Satu anak panah tepat mengenai matanya sehingga bola matanya lepas dan jatuh di telapak tangannya.

Nabi SAW menangis ketika melihat keadaannya, dan beliau berdoa, "Ya Allah, Sesungguhnya Qatadah telah melindungi wajah NabiMu dengan wajahnya sendiri. Maka jadikanlah matanya yang rusak itu lebih baik dan lebih tajam penglihatannya daripada mata satunya….!" 

Setelah itu Nabi SAW mengambil bola mata tersebut dari tangan Qatadah dan meletakkannya di tempatnya, dan sungguh suatu mu'jizat, seketika mata Qatadah sembuh dan lebih baik keadaannya dari mata satunya. Setelah sembuh, Qatadah kembali menerjunkan diri ke medan pertempuran.





Baca Artikel Terkait: