-->

Selasa, 29 September 2015



Penjajah Israel serbu masjid Al Aqsha

Al Quds - Pasukan penjajah Israel pagi tadi Senin (28/9) berani memasukan pagar baja non permanen saat menggerebek mushola Al Qibli (ruang berkubah hijau di masjid Al Aqsha) dan berusaha menangkapi jamaah yang beritikaf di sana. Sebuah kebakaran pun terjadi di mushola tersebut.

Saksi mata menegaskan, sebanyak sekitar 200 personel pasukan Israel menggerebek masjid Al Aqsha pada jam 6.47 dari gerbang Magharibah dan melepaskan dengan intens bom suara (mercon) dan gas air mata serta menaiki atap mushola dengan tangga. Dari atas mereka melepaskan gas air mata, bom mercon dan peluru karet ke arah jamaah itikaf.

Saksi mata menegaskan, pasukan Israel menggunakan alat penggali terowongan listrik Kongo untuk menghancurkan jendela mushola Qibli di sebelah timur. Termasuk digunakan untuk pos sniper.

Di halaman masjid, pasukan Israel memukuli kaum wanita dan kaum laki-laki dan berusaha memaksa mereka keluar pagar masjid.

Sejak pagi ini pasukan Israel sudah memasang perlintasan dan matras baja di sekitar masjid Al Aqsha dan menyebar di penjuru masjid dan sekitarnya. Mereka menghalangi warga jamaah shalat untuk masuk bagi yang berusia 50 tahun ke bawah. Setelah pukul 7.30 semua warga Palestina tanpa kecuali dilarang masuk.

Masjid Al Aqsha dijaga oleh warga Al Quds dan wilayah Palestina lainnya. Sementara itu, pasukan Israel berusaha mengamankan gerombolan warga Yahudi yang berusaha masuk masjid Al Aqsha untuk merayakan hari raya “Succot” atau hari raya singgasana. 

red: adhila

sumber: infopalestina/suaraislam




Baca Artikel Terkait: