-->

Rabu, 07 Oktober 2015

Google akhirnya mulai merilis update Android 6.0 Marshmallow hari Senin lalu, dan ini berarti bahwa sudah hampir genap 1 tahun sejak perusahaan layanan mesin pencarian terbesar di dunia tersebut merilis update Android 5.0 Lollipop. Namun sayang sampai saat ini masih ada begitu banyak pengguna Android yang bahkan belum bisa menikmati update Lollipop, dan hal tersebut jelas membuat mereka pesimis bahwa ponsel yang mereka gunakan nantinya bakal mendapatkan update Marshmallow.

Data terbaru yang dipublikasikan oleh Google bahkwan mencatat bahwa persentase pengguna yang telah menggunakan Android Lollipop baru bisa menembus angka 20% di bulan September 2015 . Secara spesifik, terhitung mulai awal bulan September kemarin, baru ada 21% pengguna yang menggunakan Android 5.0 atau 5.1 di ponsel/tablet masing-masing. Untuk awal Oktober ini, angka tersebut sudah naik walau tidak dalam jumlah yang signifikan, yaitu menjadi 23%.

Peningkatan basis pengguna Android Lollipop dibarengi dengan penurunan pengguna Android KitKat, yaitu dari 39,2% di bulan September menjadi 38,9% di awal Oktober. Versi Android dengan jumlah terbanyak berikutnya adalah Jelly Bean, dimana ketiga versi yang ada total telah menyumbangkan basis pengguna sebesar 30,2% dari sebelumnya 31,8% di bulan September. Urutan selanjutnya adalah Ice Cream Sandwich dengan jumlah 3,4%, lalu Gingerbread sebanyak 3,8%.

Melihat data tersebut maka bisa disimpulkan bahwa pekerjaan rumah Google untuk mengatasi masalah fragmentasi di Android masih jauh dari kata selesai, dan masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk bisa mengejar ketertinggalan mereka dari iOS.
(Gopego)




Baca Artikel Terkait: