-->

Sabtu, 26 Maret 2016


CARA MENGHILANGKAN KOMEDO SECARA ALAMI DAN CEPAT
April 8, 2015 Khalisa


Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami – Komedo merupakan penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul tonjolan kecil berwarna putih yang disebut whitehead dan yang berwarna hitam dikenal sebagai blackhead, pada sekitar kulit atau wajah anda. Terkadang komedo juga berwarna kekuningan. Biasanya sasaran utama munculnya komedo yaitu pada wajah, area hidung dan sekitar mata. Komedo dapat berkembang menjadi jerawat, yang dikenal sebagai papul atau pustule. Komedo secara umum biasanya muncul dan berkembang pada saat dan setelah masa pubertas, ketika kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih. 


Sebum yang berfungsi untuk melembabkan kulit tersebut mengalir keluar dari pori-pori yang terbuka. Kadang-kadang keluarnya sebum juga tersumbat dan disitulah bakteri mulai menumpuk. Bagi anda yang terkena masalah ini jangan khawatir untuk mencari solusinya karena disini akan dijabarkan penjelasan mengenai cara menghilangkan komedo secara alami. Memang cara ini nampak gampangan dan murahan, tapi tunggu dulu jangan langsung menilai dari luarnya saja tapi khasiat yang terkandung didalamnya akan sangat ampuh dan hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Mungkin perlu tingkat kesabaran yang lebih ekstra untuk melakukan hal ini karena ini bukan cara yang instant dan cepat, karena dibutuhkan keteraturan anda dalam menerapkanya untuk mendapatkan hasil maksimal.
CARA MENGHILANGKAN KOMEDO SECARA ALAMI

Berikut ini 5 cara alami untuk menghilangkan komedo yang bisa anda lakukan di rumah tanpa pergi ke klinik kecantikan. Mari kita simak bersama.

1. PEPAYA

Buah pepaya sudah sangat terkenal akan khasiatnya untuk perawatan maupun kecantikan kulit wajah. Salah satu keunggulan pepaya adalah untuk mengatasi komedo. Papain yang terkandung di pepaya membantu pengangkatan sel kulit mati. Selain itu pepaya mengandung proteolitik yang bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan jerawat serta komedo.
Caranya cukup mudah, yaitu buatlah masker pepaya. Lembutkan potongan buah papaya hingga mirip bubur secukupnya dan kemudian oleskan pada sekitar wajah yang nampak terdapat komedo secara merata. Biarkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Anda bisa melakukan hal ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur malam.

2. LIDAH BUAYA

Gel lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo anda. Lidah buaya mengandung 2 jenis hormon, yakni Auksin dan Giberelin, hormon penyembuhan dan anti-inflamasi yang membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, lidah buaya adalah pelembab alami yang bagus untuk kulit.
Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya, kemudian iris menjadi dua bagian. Ambil lendir atau gelnya dan oleskan pada area hidung maupun wajah anda yang berkomedo. lakukan secara rutin 1-2 kali sehari sampai komedo anda tak nampak kembali. Jika gel yang dihasilkan dirasa kurang, anda juga bisa memblender/juice potongan lidah buaya tersebut.

3. JUS LEMON

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan jus lemon atau jeruk nipis. Lemon sangat efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Lemon mengandung asam alpha-hydroxy yang bagus untuk mencegah jerawat, komedo serta masalah kulit lainnya. Asam sitrat pada lemon juga membantu mengencangkan pori-pori yang berfungsi mencegah munculnya komedo.

Caranya yaitu siapkan jus lemon, campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu beberapa 10 menit lalu bilas memakai air bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda-noda flek hitam pada wajah anda. Anda juga bisa membuat scrub, dengan campuran air lemon, air garam, madu dan yoghurt. Campurkan bahan tersebut lalu gosokkan lembut di area yang terkena komedo.

4. MASKER PUTIH TELUR

Khusus untuk hal ini ambil bagian putih telurnya saja untuk mengatasi masalah komedo anda. Putih telur sangat bagus untuk membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menyerap minyak berlebih dan mengencangkan pori-pori.
Caranya yaitu dengan balurkan putih telur (anda juga bisa menambahkan satu sendok madu) pada wajah yang terserang komedo atau hidung anda secara merata, kemudian diamkan sampai terasa mengering, sekitar 25-30 menit. Selanjutnya basuh muka anda menggunakan air hangat.

5. MADU DAN SUSU

Madu dan susu memiliki beberapa sifat yang bermanfaat untuk kulit. Susu memiliki asam laktat yang dapat membuat kulit lebih lembut. Sedangkan madu memiliki sifat antibakteri. Keduanya bagus untuk menghilangkan komedo dengan cepat.
Caranya: siapkan 1 sendok teh susu, 1 sendok makan madu (usahakan madu murni) dan selembar kapas kecantikan (biasanya berbentuk persegi). Campurkan madu dan susu, lalu hangatkan (bisa dimasak) selama 5-10 detik hingga menjadi pasta. Tunggu agak dingin, lalu usap pasta ke bagian komedo. Setelah itu tempelkan kapas ke area tersebut. Tunggu hingga mengering, kurang lebih 20 menit, lalu kupas kapas dibantu dengan air bersih. Lakukan secara teratur setiap hari.

6. UAP AIR PANAS

Nah, biasanya jika anda sedang merebus air, maka manfaatkan uap air panasnya untuk menghilangkan komedo anda. Selain itu cara efektif lainnya adalah dengan menambahkan sedikit garam pada rebusan air tersebut, kemudian tunggu sampai mendidih, lalu uapi wajah atau area yang berkomedo selama 5-10 menit lamanya. Untuk lebih maksimal, tutup kepala anda dengan handuk, lalu duduk dan hadapkan wajah anda di depan air panas yang ditaruh di baskom. Metode ini juga bagus untuk memperlancar peredaran darah dan meredakan batuk flu.
TIPS MENCEGAH TIMBULNYA KOMEDO

Selain cara mengatasi komedo diatas, yang juga penting adalah menjaga agar komedo tidak muncul kembali. Berikut ini langkah-langkah preventif untuk menghindari munculnya komedo, yaitu antara lain:
Mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih minyak atau pembersih jerawat.
Hindari rokok dan polusi yang berlebihan, pakailah masker pada saat di luar.
Menggunakan make-up, lotion dan wajah pembersih yang diperuntukkan untuk wajah berminyak.
Hapus bersih make-up anda sebelum tidur dengan air hangat.
Mengurangi asupan makanan berminyak, seperti cokelat, makanan goreng, dan fast food.
Mengkonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten.
Jangan pernah meremas komedo karena dapat menyebabkan bakteri menyebar sehingga menimbulkan komedo baru dan bekas luka.

Demikianlah tips dan cara menghilangkan komedo secara alami. Anda bisa mempraktekannya di rumah tanpa perlu ke klinik kencatikan, tentunya harus telaten ya. Semoga berhasil dan mendapatkan hasil sesuai keinginan anda. Jika cara tersebut tidak bekerja efektif maka alangkah baiknya untuk berkonsultasi pada dokter spesialis kulit maupun ahli terapis alami untuk mendapatkan perawatan selanjutnya.(http://sehatsatu.com/)



Baca Artikel Terkait: