-->

Sabtu, 21 Mei 2016

Inilah 4 Bagian Tubuh Rasulullah yang Masih Ada Hingga Saat Ini.


Nabi Muhammad SAW merupakan manusia terpilih yang diutus oleh Allah SWT sebagai rasul-Nya. Beliau merupakan sosok teladan bagi umat Islam di seluruh dunia. Sebab, di dalam dirinya terdapat teladan yang bisa membawa manusia ke jalan kebenaran. 

Selain itu, Rasulullah SAW juga memiliki kepribadian yang mengagumkan dan mempesona. Sehingga tidak mengherankan bila banyak umat muslim yang begitu mengidolakannya.Bahkan meski beliau telah meninggal ribuan tahun yang lalu, namun sosoknya begitu dirindukan dan dicintai oleh jutaan umatnya hingga saat ini. 

Namun sayangnya, di masa ini tidak ada satu orang pun yang mengetahui bagaimana rupa Rasulullah SAW. Sebab terdapat larangan yang tidak memperbolehkan seseorang untuk melukis wajah Rasulullah. Namun tahukah kamu bahwa ternyata ada 4 bagian tubuh Rasulullah yang masih ada hingga saat ini ? Bahkan bagian-bagian tubuh tersebut tersimpan rapi di Museum Topkapi di ibukota Istanbul, Turki. Sehingga siapa saja bisa melihatnya. Dan inilah 4 bagian tubuh Rasulullah SAW yang masih ada hingga saat ini.

1. Jenggot Rasulullah SAW



Salah satu bagian tubuh Rasulullah SAW yang masih ada hingga saat ini adalah bagian jenggotnya. Dimana bagian tubuh ini disebut-sebut sebagai jenggot Rasulullah yang dicukur langsung dari dahu Rasulullah SAW. 
Berdasarkan riwayat konon katanya bagian tubuh Rasulullah SAW adalah berkah, sehingga di zaman Rasulullah SAW banyak orang yang berlomba-lomba untuk memiliki bagian tubuh beliau dan salah satunya adalah jenggot. 

Bahkan tukang cukur pribadi Nabi Muhammad SAW yang bernama Salman juga ikut-ikutan mengumpulkan jenggot Rasulullah yang telah dipotong, lalu kemudian dibawa pulang untuk disimpan. Selain itu, jenggot Rasulullah ini ternyata juga memiliki nama yaitu Sakali Serif. 

Dan kini benda itu disimpan dalam sebuah kotak kaca di Museum Topkapi, Turki.

2. Gigi Rasulullah SAW

Kemudian bagian tubuh Rasulullah SAW yang juga masih ada hingga saat ini adalah bagian giginya. Dimana gigi ini ditemukan di Bukit Uhud, tempat yang menjadi saksi terjadinya perang Uhud. 

Pada saat perang tersebut, awalnya tentara Muslim mendapatkan kemenangan, namun karena strategi yang diberikan oleh Rasulullah SAW tidak didengarkan oleh bala tentaranya maka mereka pun harus menelan kekalahan. Bahkan pada saat itu, Rasulullah diserang habis-habisan oleh pasukan musuh. Sehingga beliau pun akhirnya kehilangan empat giginya. dan dari empat gigi yang hilang, hanya dua buah gigi yang berhasil ditemukan di bukit Uhud. Dan kini salah satunya tersimpan rapi di museum Topkapi, Turki.

3.Helai rambut Rasulullah SAW


Bagian tubuh Rasulullah SAW selanjutnya yang masih ada hingga saat ini adalah beberapa helai rambutnya. Sama seperti jenggot, rambut Rasulullah juga dianggap menjadi berkah bagi siapapun yang memilikinya. Sehingga para sahabat berlomba-lomba untuk memiliki dan menyimpan bagian tubuh Rasulullah tersebut. 

Bahkan dalam sebuah cerita disebutkan bahwa saat umat Muslim sedang berperang, salah seorang sahabat sibuk mencari-cari rambut Rasulullah yang terjatuh dari sorbannya. dan saat ditanya, ia menjawab bahwa "aku sedang mencari rambut Rasulullah SAW yang kusimpan di sorbanku, dan rambut inilah yang membawa keberkahan."

Disamping itu, berdasarkan kesaksian para sahabat diketahui bahwa rambut Rasulullah SAW memiliki panjang sebahu dan tebal serta sering rontok. dengan demikian, rambut rontok inilah yang kemudian sering dipunguti oleh para sahabat untuk kemudian di simpan. 

dan kini, beberapa helai rambut yang perlahan memutih milik Rasulullah SAW ini disimpan di sebuah kotak kaca di museum Topkapi, Turki. selain itu, ada cukup banyak orang yang mengatakan bahwa helai rambut Rasulullah ini termasuk tebal dan halus. 

4. Cetakan telapak kaki Rasulullah SAW


bagian tubuh Rasulullah SAW yang masih ada hingga saat ini adalah bagian telapak kakinya.seperti kebanyakan orang, Rasulullah SAW selalu meninggalkan jejak kakinya di atas tanah setiap kali melangkah. Dan di Timur Tengah, ada banyak orang yang mengklaim menemukan jejak kaki yang di duga miliki Rasulullah, dimulai dari mesjid hingga museum. Namun yang paling teruji keasliannya adalah yang berada di museum Topkapi, Turki.

Demikianlah ulasan mengenai 4 bagian tubuh Rasulullah SAW yang masih ada hingga sekarang ini. Sehingga, bagi Anda yang berkesempatan untuk berkunjung ke Turki maka tidak ada salahnya untuk datang berkunjung ke Museum Topkapi. Dengan begitu, dapat menghilangkan sedikit kerinduan umat manusia terhadap Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.(palingyunik)



Baca Artikel Terkait: