-->

Sabtu, 21 Januari 2023

Nasihat Ustadz Arifin Ilham Agar Semangat Untuk Shalat Tahajud Setiap Malam

Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai satu-satunya Tuhan yang patut untuk disembah memang memiliki sifat Maha Mendengar. Apapun yang diucapkan baik keluar dari mulut atau hanya ada dalam hati, dapat didengar-Nya dengan baik. Dengan demikian, doa-doa yang selama ini dipanjatkan pasti didengar dan insya Allah dikabulkan dengan cara-Nya yang paling baik. 

Dari Abu Musa, ia berkata, “Kami bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berada dalam safar. Lalu jika kami melewati tempat menanjak, maka kami pun bertakbir. Beliau pun lantas bersabda: Bersikap lemah lembutlah terhadap diri kalian dan pelankan suara kalian karena kalian tidaklah berdo’a pada sesuatu yang tidak mendengar dan tidak ada. Kalian sedang berdo’a pada Allah Yang Maha Mendengar, Maha Melihat dan Maha Dekat.” (HR. Bukhari no. 7386).


Meskipun Allah Maha mendengar segala sesuatu termasuk doa-doa yang dipanjatkan hanya dalam hati saja, namun Allah lebih menyukai mendengarkan hamba-Nya pada waktu-waktu tertentu, contohnya pada sepertiga malam yang sunyi. Maka dari itu, sudah sebaiknya kita bangun dari tidur dan melakukan shalat tahajud pada waktu tersebut. Sayangnya, godaan untuk terus melanjutkan tidur sangat besar dan akhirnya waktu istimewa tersebut berlalu begitu saja.

Mengatasi godaan tersebut, Ustadz Arifin Ilham memiliki tips agar waktu tahajud dapat dimanfaatkan dengan baik. Berikut tips dari Ustadz Arifin Ilham yang dilansir dari laman facebooknya.

1. Bertekad sungguh sungguh,
2. Kenali rahasia, hikmah dan keutamaan tahajjud,
3. Minta nasehat ulama yang istiqomah, 
4. Bersahabat dengan sahabat penikmat tahajjud,
5. Bergabung dengan group tahajjud
6. Segerakan tidur setelah Isya, seperti Rasulullah
7. Saling mengingatkan keluarga dan sahabat untuk saling membangunkan,
8. Berwudhu sebelum tidur,
9. Berdoa disertai niat tahajjud,
10. Nyalakan pengingat waktu, seperti alarm
11. Datangilah Majelis yg guru dan jamaahnya mengamalkan tahajjud,
12. Persiapkan pakaian terbaik, dan sajadah sebelum tidur untuk tahajjud. Jadi waktu tidak terbuang banyak saat bangun,
13. Sebelum rehat berzikirlah sampai tertidur,
14. Jauhi maksiat, karena itu merupakan penghalang dari tahajud
15. BAYANGKAN BESOK KITA MATI

Dengan menerapkan 15 tips tersebut, Insya Allah semangat tahajud akan selalu ada dan lambat laun akan ada perasaan kehilangan jika meninggalkan tahajud meski hanya semalam.(dailymoeslim)




Baca Artikel Terkait: