-->

Minggu, 04 September 2016

TAHUN 2016: AWAL BERAKHIRNYA ISIS, AMIIN

Kelompok teroris ISIS telah menderita serangkaian kekalahan militer tahun 2016 ini setelah menduduki wilayah luas di Irak dan Suriah pada tahun 2014.

Pada bulan Juni, New York Timesmelaporkan bahwa ISIS baru-baru ini kehilangan 56 dari 126 posisi kunci - termasuk beberapa pusat populasi besar - di Irak dan Suriah.

Menurut Perdana Menteri Irak Haidar al-Abadi, kelompok ISIS saat ini tersisa hanya menguasai sekitar 14 persen dari total wilayah Irak dibandingkan dengan kira-kira 1/3 wilayah Irak dua tahun lalu.

Seiring dengan hilangnya wilayah yang signifikan di Irak, ISIS baru saja kehilangan kota Jarabulus Suriah dekat perbatasan Turki dan kota pantai Libya, Sirte.

Beberapa pengamat melihat kerugian teritorial ini sebagai "awal dari akhir" (the "beginning of the end") untuk ISIS.

Berikut ini adalah daftar kronologis dari kerugian terbesar dialami oleh ISIS tahun ini.


- Februari 2016: ISIS kehilangan wilayah Abu Gharib utara Baghdad ke pasukan keamanan Irak dan Hashd al-Shaabi, sebuah kelompok payung milisi Syiah pro-pemerintah.

- Februari 2016: Pasukan Irak merebut kendali kota Ramadi, yang sempat dikuasai ISIS pada bulan Mei tahun lalu.

- Februari 2016: Pasukan rezim Suriah menguasai lapangan gas Kabiba di kota Al-Shaddadah di provinsi Al-Hasakah timur laut.

- Maret 2016: Pasukan keamanan Irak merebut kembali distrik Kabisa di provinsi Anbar barat.

- Maret 2016: ISIS kehilangan kota strategis Rutba di Irak barat ke pasukan keamanan yang didukung oleh koalisi internasional pimpinan AS.

- Maret 2016: ISIS menarik diri dari kota kuno Palmyra timur dari Damaskus, yang dikuasai pada bulan Mei tahun lalu.

- April 2016: ISIS kehilangan pabrik semen Al-Badia di provinsi Rif Dimashq tenggara Suriah.

- April 2016: ISIS menarik keluar dari kota Hit di tepi barat Sungai Efrat setelah menarik diri dari kota-kota Kabia dan Ruthba.

- April 2016: ISIS menarik diri dari kota Al-Qaryatayn di provinsi Homs Suriah setelah kekalahan menyengat oleh pasukan rezim.

- Mei 2016: Pasukan Irak merebut persimpangan Akashat di jalan raya barat dari kota Anbar, sehingga memotong jalur pasokan ISIS ini.

- Mei 2016: ISIS mundur dari Karma al-Fallujah setelah operasi yang dilakukan oleh Hashd al-Shaabi.

- Juni-Juli 2016: ISIS menarik diri dari Fallujah barat Baghdad, yang dikuasai di awal 2014. Teroris ISIS kemudian mundur ke Mosul, sekarang menjadi kubu utama di Irak.

- Juni 2016: ISIS kehilangan kota Libya dari Sirte - terletak di sebelah timur Tripoli - setelah operasi militer selama sebulan oleh pasukan keamanan Libya.

- Agustus 2016: ISIS kehilangan kota utara Suriah dari Manbij setelah dua bulan pertempuran melawan AS yang didukung Pasukan Demokratik Suriah (FSD).

- Agustus 2016: ISIS kabur dari kota Jarabulus setelah diserbu pasukan khusus Turki dan Tentara Pembebasan Suriah (FSA).

- 30 Agustus 2016: Juru bicara ISIS (pimpinan tertinggi nomor 2 ISIS) Abu Muhammad al-Adnani tewas di Aleppo.

Semoga Allah hancurkan ISIS sehancur-hancurnya. ISIS adalah fitnah akhir zaman bagi Umat Islam.

Sumber: Anadolu Agency
Sourche: portal piyungan




Baca Artikel Terkait: