-->

Rabu, 26 Oktober 2016

12 Tempat Wisata di Sekitar Jakarta Paling Populer dan Seru Nih

Kota Jakarta terbagi menjadi 5 Kotamadya, mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan yang terakhir Jakarta Utara. Dengan segala kesibukan yang terjadi di Jakarta, tentu kita membutuhkan waktu untuk istirahat dan waktu untuk berlibur. Bagi penduduk Jakarta, berlibur tidak harus pergi jauh dari Jakarta, melainkan bisa berkunjung ke tempat wisata di sekitar Jakarta.

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor yang berlokasi di Kota Bogor adalah tempat tujuan wisata akhir pekan bagi warga Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Kebun Raya Bogor merupakan sebuah kebun botani dengan luas sekitar 87 hektar dan memiliki lebih dari 15,000 tumbuhan sehingga sangat cocok untuk aktifitas piknik dan duduk-duduk. Selain itu tempat ini juga cocok untuk berfoto-foto dan berolahraga karena udaranya yang sejuk dan segar. Koleksi paling terkenal yang dimiliki Kebun Raya Bogor yaitu bunga bangkai yang merupakan bunga terbesar di dunia, dan pohon kelapa sawit yang paling tua di Asia Tenggara.


Gbr: Wikipedia.org
The Jungle

The Jungle adalah salah satu wahana permainan air yang paling lengkap di daerah Bogor dengan luas kurang lebih 3,6 hektar. Berlokasi di Bogor Nirwana Residence, The Jungle sangat ramai dikunjungi keluarga yang mencari hiburan menyenangkan. Jenis wahana dan fasilitas yang ada di The Jungle yaitu kolam anak-anak, seluncuran panjang, kolam santai, kolam arus, area futsal air, sinema 4D, rumah hantu, area makan, taman burung, area permainan anak non air, tempat istirahat, toko cinderamata, wahana salju, paintball, gokart, dan flying fox.

Water Boom Lippo Cikarang

Water Boom Lippo Cikarang adalah sebuah taman rekreasi air seluas sekitar 3,4 hektar dengan kapasitas pengunjung 7,000 orang dan kapasitas parkir mobil sebanyak 500 mobil. Konsep dari area wisata Water Boom Lippo Cikarang adalah nuansa Bali yang asri sehingga dapat menyajikan suasana tenang dan menyenangkan. Fasilitas yang ada di Water Boom Lippo Cikarang adalah kolam arus, kolam dewasa, kolam anak-anak, kolam ceria, food court, spa, area bermain anak-anak, outbound, hingga terapi ikan. Water Boom Lippo Cikarang buka setiap hari dengan harga tiket masuk 55,000 Rupiah pada hari biasa dan 85,000 Rupiah pada akhir pekan dan hari libur.

Taman Bunga Widya Mandala Krida Bakti Pramuka Cibubur

Taman Bunga Widya Mandala Krida Bakti Pramuka Cibubur dibangun oleh Presiden Soeharto pada tahun 1980 di atas sebidang tanah berukuran kurang lebih 15 hektar. Walaupun kurang terkenal, tempat ini adalah salah satu tempat wisata di sekitar Jakarta yang mempunyai banyak tanaman hijau dan bunga yang berwarna-warni. Selain itu di tempat ini juga ada kolam renang, tempat bermain anak-anak, dan berbagai jenis permainan air. Harga tiket masuk Taman Bunga Widya Mandala Krida Bakti Pramuka Cibubur tidak mahal, hanya 6,000 Rupiah per orang. Untuk pramuka harganya lebih murah. Harga tiket kolam renang adalah 12,000 Rupiah untuk hari biasa, dan 18,000 Rupiah untuk akhir pekan dan hari libur.

Hutan Kota Depok

Hutan Kota Depok yang berlokasi di Universitas Indonesia menyajikan keindahan alam yang berada di tengah kota Jakarta. Banyak penikmat suasana hutan yang datang berkunjung ke Hutan Kota Depok untuk berjalan-jalan, bersepeda, berolahraga, dan memancing di danau. Apabila anda ingin menginap, terdapat penginapan bernama Wisma Makara.

Kandank Jurank Doank

Berdiri pada tahun 1993, Kandank Jurank Doank adalah salah satu tempat wisata di sekitar Jakarta yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Didirikan oleh artis Dik Doank, Kandank Jurank Doank pada mulanya adalah sebuah sekolah alam yang ditujukan kepada anak-anak di kampung sekitar Kandank Jurank Doank. Berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan, Kandank Jurank Doank saat ini sudah menjelma menjadi sebuah tempat wisata edukasi anak-anak dengan suasana yang sejuk dengan banyak pohon dan sawah.

Godong Ijo

Godong Ijo adalah salah satu tempat wisata di sekitar Jakarta yang berlokasi di Sawangan, Depok. Berada tepat di pinggir jalan raya, Godong Ijo diketahui secara luas oleh penduduk sekitar sehingga akan sangat mudah menemukan tempat ini. Berbagai fasilitas dapat ditemukan di Godong Ijo, misalnya restoran, kolam ikan, kura-kura raksasa, green house, pemancingan, vertical garden, dan lain-lain. Dengan berbagai sarana dan program edukasi menyenangkan seperti koki cilik, bermain keramik, dokter cilik, kelas bercocok tanam, sahabat alam, dan lain-lain, Godong Ijo adalah tempat wisata edukasi keluarga yang menarik untuk dikunjungi.

Situ Gede

Situ Gede adalah sebuah danau dengan luas sekitar 6 hektar yang terletak di Kota Bogor. Mungkin untuk anda, Situ Gede tidak pernah terdengar namanya, namun bagi warga Bogor, Situ Gede sudah menjadi tempat wisata harian penduduk sekitar. Kegiatan favorit yang dilakukan di Situ Gede adalah memancing, berjalan-jalan di hutan, bermain perahu, dan wisata air lainnya di tepi Hutan Dramaga. Berjarak sekitar 10 KM dari pusat Kota Bogor, Situ Gede sering digunakan untuk tempat pengambilan gambar sinetron-sinetron yang sering kita tonton di layar kaca.

Bumi Perkemahan Karang Kitri

Bumi Perkemahan Karang Kitri adalah salah satu tempat wisata di sekitar Jakarta, tepatnya berlokasi di Bojong Manggu, Bekasi. Sesuai dengan namanya, Bumi Perkemahan Karang Kitri adalah sebuah tempat wisata berkemah dengan pemandangan alam yang indah. Selain berkemah, anda juga dapat bermain outbound di Bumi Perkemahan Karang Kitri. Tidak perlu kuatir tidak dapat mendirikan tenda di Bumi Perkemahan Karang Kitri karena alat-alat perkemahan di Bumi Perkemahan Karang Kitri sangatlah lengkap.

Pantai Muara Gembong

Pantai Muara Gembong adalah sebuah kawasan pantai di Desa Pantai Bahagia, Bekasi. Pantai Muara Gembong adalah salah satu tempat wisata favorit warga Bekasi karena kelengkapan sarana dan fasilitas, keindahan pantai, dan hutan bakau yang masih asri. Selain itu terdapat juga budidaya tambak ikan dan udang di Pantai Muara Gembong.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah tempat wisata di sekitar Jakarta yang paling favorit karena dekat, cukup menyeberang dengan perahu saja dan kita sudah dapat menikmati keindahan pantai Kepulauan Seribu. Seperti namanya, Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau, misalnya Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Putri, Pulau Ayer, Pulau Sepa, Pulau Pantara, dan lain-lain dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tips dari saya adalah apabila anda ingin menginap di Kepulauan Seribu, bawalah perbekalan misalnya minuman dan makanan ringan karena apabila anda membeli di Kepulauan Seribu, harganya bisa sangat mahal.

Puncak

Tidak ada orang Jakarta yang tidak tahu Puncak. Puncak adalah sebuah kawasan pegunungan yang sangat dekat dari Jakarta dan bisa dicapai dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan kondisi lalu lintas lancar. Puncak menawarkan suasana pegunungan dengan kebun teh yang hijau dan udara yang sejuk sehingga dapat membebaskan warga Jakarta dari suasana kota yang menyesakan dada. Tidak diragukan lagi, Puncak adalah tempat wisata di sekitar Jakarta yang paling terkenal dan ramai dikunjungi.




Baca Artikel Terkait: