-->

Sabtu, 14 Januari 2023



Mekanika teknik

Mekanika teknik atau dikenal juga sebagai mekanika rekayasa merupakan bidang ilmu utama untuk perilaku struktur, atau mesin terhadap beban yang bekerja padanya. Perilaku struktur tersebut umumnya adalah lendutan dan gaya-gaya (gaya reaksi dan gaya internal).

Dengan mengetahui gaya-gaya dan lendutan yang terjadi maka selanjutnya struktur tersebut dapat direncanakan atau diproporsikan dimensinya berdasarkan material yang digunakan sehingga aman dan nyaman (lendutannya tidak berlebihan) dalam menerima beban tersebut.
Pengaplikasian

Mekanika teknik merupakan cabang langsung dari ilmu mekanika pada kajian ilmu fisika, namun memasukkan unsur yang lebih mendekati kenyataan dan aspek praktis. Ilmu mekanika teknik dipakai oleh berbagai bidang teknik sipil, teknik mesin, teknik material, teknik penerbangan, teknik elektro, dan teknik struktur.

Area yang meliputi kajian mekanika teknik ialah

Statika, studi benda diam Dinamika, studi efek beban pada pergerakan benda Mekanika deformasi, mempelajari efek beban pada perubahan benda Mekanika fluida, pergerakan benda alir Mekanika tanah, studi kelakukan pergerakan tanah Mekanika kontinuum, analisa benda bermasa kotinuum



Baca Artikel Terkait: