-->

Sabtu, 14 April 2018

12 Macam-Macam Penyakit TUlang

Dari beberapa oragan tubuh yang paling penting dalam segala hal diantaranya adalah tulang. Jika sedikit saja tulang tulang sobat sakit maka akan berdampak resiko pada aktifitas sobat. Kenalilah beberapa penyakit tulang berikut yang sewaktu-waktu dapat menyerang.

Apa Semua Penyakit Tulang Itu ?

Beberapa Penyakit Tulang

1. Osteoporosis

Penyebab Osteoporosis ini adalah tulang sobat kekurangan kalsium, sehingga mudah patah yang mana penyakit tulang tersebut rapuh karena kekuatan tulang menurun.



2. Osteomalacia

Untuk penyebab penyakit tulang ini biasanya sobat kurang memperhatikan untuk kesehatan terutama vitamin D, atau juga metabolisme dalam tubuh sobat menurun. Yang mana penyakit ini tulang akan mudah kropos dan patah sama seperti osteoporosis.

3. Rickets

Ketika sobat mempunyai momongan atau anak-anak dalam masa pertumbuhan biasanya penyakit tulang ini tumbuh. Terutama pada saat bermain-main di terik matahari yang mana radiasi matahri dapat meyebabkan penyakit ini dan juga oleh penumpukan kalsium di tulang.



4.  Ankilosis

 Ankilosis ini biasanya menyerang pada tulang persendian, dimana ujung-ujung antara tulang terasa kaku sengga sendi tidak bisa di gerakkan.



5.  Kiposis

Penyakit ni biasanya di alami oleh orang-orang yang aktifitasnya suka membungkukkan badan, dalam arti menyerang tulang belakang, sehingga tulang belakang orang tersebut melengkung ke depan dan badan terlihat bengkok.



6.  Kaki Bengkok

Kaki bengkok ini terjadi karena adanya gangguan saat mas pertumbuhan tulang pada pusat atau bisa juga karena rapuh. Bisa menyerang pada anak-anak dan orang dewasa.

7. Hidroxiapatite

Jika sobat kurang olah raga biasanya akan menumpuk sejenis kalsium tubuh yang mana kalsium piroposat dapat menyebabkan penyakit ini.

8. Sarcoidosis

Sebuah penyakit peradangan yang di tandai oleh bermulanya terbentuknya granuloma di kelenjar betah bening, paru-paru, hati dan mata. Selalu jaga kondisi makanan sobat jika tidak ingi terkena 12 Macam Penyakit Tulang dan Penyebabnya ini.

9. Systemic Lupus Erythematosus (SLE)

 Lupus adalah nama lain dari penyakit ini yaitu penyakit anti imun yang mana fungsinya akan terbalik, jika awalnya dapat melindungi tubuh namun penyakit ini akan dapat menghancurkan tubuh otomatis akan melawan dirinya, ciri-ciriatau tanda-tanda orang yang memiliki gangguan penyakit ini pada tulangnya akan merasakan ngilu yang luar biasa.

10. Rakitis

Ini salah satu yang sobat harus perhatikan, jaga selalu pola makan sobat jangan sampai tidak mengkonsumsi sayur dan buah-buahana yang mengandung vitamin D, akibatnya tulang akan menjadi bengkok  dengan di tandai bentuk huruf O atau X.

11. Terkilir/ Keseleo

12. Skoliosis

Penyakit ini biasanya di alami oleh penderita yang kebiasaannya waktu kecil jika melakukan aktifitas yang sering menggunakan tulang belakang melengkung ke kiri dan ke kanan. yang dapat mengakibatkan terjadinya kebiasaan tulang mengikuti gerak.

Rata-rata Penyebab pada Tulang 

Biasanya seseorang kurang memperhatikan akan kalsium, kekurangan vitamin serta kurangnya olahraga, pola makan yang kurang sehat. Sobat harus benar-benar bisa menjaga pola makan dan olahraga secara rutin.

Cara Mencegah Penyakit Tulang

Konsumsi Kalsium dan Vitamin D

Kalsium bisa di dapat dari susu rendah lemak,keju, susu kedelai, brokoli,  sedangkan viatamin D fungsinya membantu penyerapan kalsium.



Olahraga Rutin

Lakukanlah olahraga rutin seperti jalan kaki, aerobik atau berenang. Terutama saat pagi hari usahakan setiap hari setelah subuh.



Kurangi Konsumsi Garam

Garam meningkatkan pengeluaran kalsium lewat keringat dan urin. Namun jika berlebihan juga kerang baik untuk kesehatan

Batasi Konsumsi Kafein

Terutama bagi wanita yang sudah memasukai masa menopause. bukan hanya pada wanita tua, anak muda dan dewasa jika terlalu berlebihan akan kafein peluang besar juga akan kena dampaknya.



Waspadai Obat yang anda Konsumsi

Terutama obat golongan kortikosteroid yang digunakan dalam jangka pajang karena meningkatkan risiko pengeroposan tulang. kalau bisa imbangi dengan perbanyak minum air putih secara teratur.


Sumber : https://aliflammiim.blogspot.co.id/2016/03/12-macam-penyakit-tulang-dan-penyebabnya.html?m=1




Baca Artikel Terkait: