Cara Memulai Blog yang Sukses 2018

Cara Memulai Blog yang Sukses 2018 

Tak bisa dipungkiri perkembangan blog sekarang ini semakin cepat dan maju. Blog tidak hanya menjadi tempat untuk berkeluh kesah dan mengekspresikan diri, Anda juga bisa membuat konten-konten bermanfaat, membangun komunitas, dan bahkan mendapatkan penghasilan. 

Bagi pemula yang tertarik untuk membuat blog, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memulai blog sukses tahun 2018. 

Tahap 1 - Tentukan Apa yang Ingin Anda Blog 

Bagi individu yang sekedar ingin mengekspresikan diri maka topik blog bisa mengikuti keinginan dan ketertarikan Anda. Namun jika ingin serius blogging dan ingin mendapatkan penghasilan dari blog ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan dalam memilih topik blog. 

Pastikan Anda menyukai topik blog sehingga saat menulis blog Anda tidak akan terbebani justru semangat dan sebagai hasilnya pasti tulisan Anda akan enak dibaca.

Ingin serius menjadi blogger sukses? Maka tidak ada salahnya Anda menentukan terlebih dahulu niche market yang ingin Anda masuki. 

Bagi yang sudah memiliki pengalaman, tidak akan sulit untuk menjadi sosok otoritas di niche market tersebut. Namun untuk para pemula, teruslah untuk belajar dan menggali topik-topik dalam niche market Anda dan coba menulis dengan sudut pandang sendiri.

Tahap 2 - Menentukan Platform Blogging 

Sekarang ini kita dimanjakan dengan banyaknya pilihan platform blogging yang bisa kita gunakan, seperti Wordpress, Blogger, Tumblr, Squarespace, dll. Namun bisa dibilang WordPress lah penguasa platform blogging. 

Bagi yang belum tahu, WordPress dibagi menjadi dua yaitu WordPress.com dan WordPress.org (self-hosted). Apa sih bedanya? Wordpress.com gratis tapi memiliki batasan-batasan dan kontrol terhadap blog Anda juga bisa dibilang terbatas. Sebaliknya Wordpress.org (self-hosted) tidaklah gratis, anda perlu mengeluarkan sedikit uang untuk hosting tapi Anda memiliki keleluasaan dan kebebasan untuk mengatur blog sesuai keinginan. 

Tahap 3 - Pilih web hosting 

Jika memilih WordPress self-hosted maka anda perlu web hosting untuk mengonlinekan blog Anda. 

Dalam memilih web hosting, Anda tidak bisa sembarangan karena bisa-bisa website Anda yang jadi taruhannya. Salah satu web hosting yang bisa Anda gunakan adalah Hostinger Indonesia. Hostinger memiliki 3 paket shared web hosting yang bisa Anda pilih untuk blog Anda, untuk lebih detil Anda bisa mengunjungi https://www.hostinger.co.id/web-hosting

Jika Anda melakukan pencarian web hosting Indonesia di google maka anda tentu sudah tidak asing dengan web hosting yang satu ini. Hostinger memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam web hosting sehingga Anda tidak perlu ragu dengan kualitas layanan mereka. Hostinger juga memiliki tim customer experience yang siap membantu Anda 24/7. 


paket web hosting Hostinger


Bagi blogger pemula dengan konten-konten sederhana maka web hosting single bisa dibilang akan cukup memenuhi kebutuhan Anda, tapi jika Anda berencana mengembangkan blog Anda dengan konten-konten dengan ukuran besar atau ingin menambah jumlah website ke depannya maka bisa pilih paket web hosting premium atau bisnis. Dengan kurang dari Rp50.000 per bulannya Anda bisa mendapatkan hosting terbaik untuk website Anda. 

Tahap 4 - Tentukan Nama Domain Blog 

Setelah memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan nama blog Anda. Nama domain penting karena merupakan identitas pengenal website Anda bagi para pengunjung. 

Anda bisa memilih nama-nama unik untuk blog Anda, tapi penting diingat bahwa sebaiknya nama blog tidak terlalu rumit dan panjang, sehingga pembaca bisa dengan mudah mengingat nama blog Anda. Manfaatkan fitur cek domain dari Hostinger ini untuk mengetahui apakah nama yang Anda inginkan masih tersedia atau tidak 



domain murah Hostinger



Tahap 5 - Desain Blog Anda 

Salah satu keuntungan menggunakan WordPress adalah kebebasan mengkustomisasi blog sesuai dengan keinginan dengan menggunakan template. 

Ada banyak sekali template wordpress gratis yang bisa Anda gunakan, namun jika Anda ingin tampilan yang unik untuk blog maka bisa menggunakan template wordpress premium yang banyak ditawarkan di internet. Usahakan template yang Anda gunakan mudah dibaca dan dinavigasi oleh calon pembaca. 

Tahap 6 - Buat Konten dan Optimasi SEO 

Tentu sebagai seorang blogger, konten adalah senjata Anda untuk bisa berkompetisi dengan blogger-blogger lain dalam niche Anda. Usahakan untuk membuat konten Anda semenarik dan selengkap mungkin sehingga saat pengunjung membaca artikel Anda, mereka bisa mendapatkan nilai tambah dari konten Anda. Selain itu jangan lupa optimalkan konten Anda dengan SEO. 

Demikian beberapa langkah dan panduan untuk memulai blog Anda di tahun 2018 ini. Semoga bermanfaat ya!

0 Response to "Cara Memulai Blog yang Sukses 2018"