-->

Selasa, 07 Juni 2016

Pilar-pilar Peradaban Islam Menurut Pakar Sejarah


Afdhalilahi.com – Pakar sejarah Islam, Asep Sobari, mengungkapkan, peradaban Islam pada masa lalu mampu bertahan berabad-abad karena memiliki pilar-pilar yang kokoh.

“Pilar-pilar inilah yang menjadi penopang tegak dan kokohnya peradaban Islam, hingga tak mampu disaingi peradaban lain, sepanjang seribu tahunan,” ungkapnya saat mengisi kajian di kampus ITS Surabaya, Jawa Timur, Senin (06/06/2016).

Pilar pertama, urai Asep, adalah wahyu, yang berfungsi sebagai petunjuk/pedoman hidup manusia. Wahyu juga berfungsi membangun kepribadian dan memberi identitas bagi yang mengimaninya.

Ia pun mencontohkan Sahabat Nabi, Umar bin Khaththab, yang mulanya membenci Islam. Dengan celupan wahyu, Umar berubah total menjadi sangat taat kepada Islam.

“Bahkan menjadi orang yang pertama kali membebaskan Baitul Maqdis dari penjajahan,” jelas peneliti INSISTS ini.

Pilar kedua, terang Asep, ialah risalah universal (misi). Umat Islam seyogianya menjalankan misi utamanya yaitu menjadikan agamanya sebagairahmatan lil alamin.

“Sangat berbahaya kalau sampai kaum Muslimin tidak memiliki visi hidup Islam ini. Mereka akan tergilas oleh musuh-musuh,” ujarnya berpesan.

Pilar ketiga, lanjutnya, adalah mengikuti konsep Sunnatullah, yang senantiasa berlaku kepada siapa pun. Pada titik ini umat Islam harus senantiasa siap siaga, jangan sampai lengah.

“Mari kita berkaca pada kaum-kaum terdahulu, seperti ‘Aad dan Tsamud. Mereka adalah bangsa-bangsa perkasa di zamannya. Tapi lihatlah sekarang, peninggalan peradaban mereka tidak ada yang tersisa di muka bumi ini,” ungkapnya.

Karena itu, ia mengingatkan, tidak mustahil di masa mendatang Indonesia bisa lenyap dari muka bumi. “Bila kita tidak siap siaga menjaga dan merawatnya, sebagaimana yang juga telah terjadi di Andalusia. Inilah Sunnatullah,” ujarnya mewanti-wanti.

Pilar terakhir, jelasnya, adalah jamaah. Hal ini merupakan landasan pengamalan ajaran Islam.
Sourche: Hidayatullah




Baca Artikel Terkait: