Jika Disetujui Hari Ini, Peserta Piala Dunia 2026 akan Jadi 48 Negara

Jika Disetujui Hari Ini, Peserta Piala Dunia 2026 akan Jadi 48 Negara

ZURICH -- Ide untuk menambah peserta Piala Dunia menjadi 48 negara kian dekat terwujud. Gagasan yang dicetuskan Presiden FIFA Gianni Infantino itu akan ditentukan dalam lanjutan rapat di markas FIFA di Kota Zurich, Selasa (10/1) malam ini waktu setempat.
Nantinya bila disetujui, penambahan 16 negara menjadi 48 timnas ini akan mulai diterapkan pada Piala Dunia 2026. Konsil FIFA--nama baru Komite Eksekutif FIFA (Exco) FIFA--yang beranggotakan 37 orang akan menentukan persetujuan ide tersebut.
Presiden Asosiasi Sepak Bola Nigeria, Amaju Pinnick sangat tertarik dengan ide tersebut. Meski dia tak termasuk dalam anggota Konsil FIFA, namun dia berharap ide 48 negara di Piala Dunia bisa terwujud.
Menurutnya, Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) menyambut baik ide tersebut. "Sejauh ini semuanya sangat tertarik. Saya tak bisa mengatakan 100 persen, tapi pembicaraan saya dengan pemimpin asosiasi-asosiasi di Afrika menyambut ini dengan positif," kata dia dikutip dari the Guardian, Selasa (10/1).
Gagasan ini terurai dalam beberapa opsi pilihan format turnamen. Infantino yang terpilih dalam kongres luar biasa FIFA tahun lalu menjelaskan, nantinya 48 tim akan tergabung dalam 16 grup berisi tiga tim. Dua tim yang menempati peringkat teratas di masing-masing grup akan lolos ke babak 32 besar.
Opsi lainnya, dari 48 tim akan dibagi dua grup. Sebanyak 32 tim yang lolos dari babak kualifikasi dengan menempati peringkat kedua akan diadu dalam laga format gugur.
Nantinya, 16 tim yang lolos akan bergabung dengan 16 lainnya yang sudah lebih dulu menembus putaran final melalui babak kualifikasi. Seluruh 32 tim itu akan dibagi ke grup yang masing-masing diisi empat tim.
Selain itu, ada juga opsi tambahan untuk hanya menambah delapan peserta baru menjadi 40. Bila gagasan ini yang disetujui, maka akan dibuat 10 grup penyisihan yang diisi masing-masing empat tim. Tetapi dalam konsep ini, untuk lolos ke fase gugur hanya enam tim penghuni posisi runner-up yang akan mendampingi juara grup melenggang.
Proposal terakhir, konsep lama dengan 32 peserta akan tetap jadi format yang digunakan. "Bertambahnya peserta menjadi 48 akan membuka kesempatan negara-negara yang ada di seluruh asosiasi untuk bisa mengikuti Piala Dunia," kata Infantino saat mengutarakan gagasannya beberapa waktu lalu.
Source: Republika.com

0 Response to "Jika Disetujui Hari Ini, Peserta Piala Dunia 2026 akan Jadi 48 Negara"

Post a Comment