Alhamdulillah, Fakultas Kedokteran UIN Suska Segera Terwujud

Alhamdulillah, Fakultas Kedokteran UIN Suska Segera Terwujud


Penandatanganan MoU (Foto: Hanif)gagasanonline.com--

Keinginan UIN Suska Riau mendirikan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Masyarakat (FKIK) tampaknya akan segera terwujud dalam waktu dekat. Pelbagai upaya terus dilakukan secara gradual. Terakhir, UIN Suska Riau mengadakan MoU terkait kerjasama pendirian FKIK dengan salah satu perguruan tinggi Belanda, Rabu (8/2/2017) di Gedung Rektorat UIN Suska.

Rektor UIN Suska Prof Dr Munzir Hitami, MA mengungkapkan bahwa persayaratan pendirian fakultas tersebut dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sudah dilengkapi. Saat ini pihak UIN Suska tinggal menunggu SK dan peresmian dari Kemenristekdikti.

Rektor mengatakan, jika kelak telah keluar SK dan disahkan berdirinya FKIK, untuk sementara waktu, prasarana gedung fakultas yang akan digunakan adalah kampus I UIN Suska yang terletak di kawasan Sukajadi. Selanjutnya UIN Suska akan membangun rumah sakit sebagai prasarana penunjang fakultas tersebut.

Selain itu, kata Rektor, UIN Suska akan menjalin kerja sama di bidang tenaga pengajar dengan beberapa universitas dalam negeri yang memiliki fakultas kedokteran. Kerja sama itu diharapkan mampu menunjang kualitas FKIK UIN Suka Riau. "Saat ini baru dengan pihak asing melakukan kerjasama," jelas Rektor.

Ketua Senat Universitas, Prof Dr Nazir Karim, MA menyampaikan hal senada. Mantan Rektor UIN Suska ini juga menyebutkan, sesuai salah satu pra-syarat membuka fakultas kedokteran yaitu memiliki dokter berjumlah 18 orang,  UIN Suska justru telah merekrut dokter tak kurang 30 orang, sebagai tenaga pengajar. 

Nazir berharap dengan dibukanya FKIK  UIN Suska Riau dapat melahirkan dokter yang islami dan berkompetensi internasional. "Karena kita kompetensi internasional bukan nasional," ujar Nazir.

Sementara itu, perwakilan Diaspora Indonesia, Tjay Tan yang merupakan dokter di Belanda mengungkapkan pihaknya siap membantu UIN Suska yang saat ini sedang dalam proses pembukaan FKIK. "Saya siap membantu sebagai relawan dari Diaspora," tegasnya di Gedung Rektorat UIN Suska.

Penulis: Abdul Hanif Fani
source: lpmgagasan

0 Response to "Alhamdulillah, Fakultas Kedokteran UIN Suska Segera Terwujud"

Posting Komentar