Museum Seni Rupa Dan Keramik Yang Menyimpan Hasil Karya Seniman Ternama

Sebuah gedung yang dibangun pemerintah Belanda tahun 1870, kini telah menjadi tempat untuk menyimpan dan memamerkan ratusan hasil karya seni serta keramik. Gedung yang sejak tahun 1972 dijadikan cagar budaya tersebut, kemudian dijadikan Museum Keramik tahun 1977, saat Ali Sadikin menjadi Gubernur Jakarta. Dan akhirnya, sejak 1990 gedung ini pun resmi menjadi Museum Seni Rupa dan Keramik Indonesia. Dalam deretan koleksinya, terdapat hasil karya dari banyak seniman ternama dari dalam maupun luar negeri. 

Hasil Karya Seni Yang Ada di Museum Seni Rupa Dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik yang berada di DKI Jakarta menyimpan hasil-hasil karya seni yang dibuat pada jaman kemerdekaan RI, pendudukan Jepang, penjajahan Belanda hingga jaman Majapahit. Koleksinya yang sangat beragam tersebut, juga termasuk dalam kategori barang-barang seni yang langka. Karena itu jika Anda berkunjung ke Ibu Kota, museum ini menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi. Adapun karya-karya seni dan keramik yang ada di museum tersebut terdiri dari:
1.       Patung
Museum Seni Rupa dan Keramik menyimpan banyak sekali koleksi patung dari berbagai daerah di Indonesia. Ada Totem Asmat, berbagai patung bergaya Bali, hingga patung buatan seniman modern. Seniman-seniman yang karyanya berada di museum ini diantaranya adalah Oesman Effendi, G. Sidharta, Popo Iskandar, Kusnadi dan masih banyak lagi. Seniman-seniman daerah dari berbagai wilayah di tanah air juga mendapatkan kesempatan untuk memamerkan hasil karyanya di tempat ini.
2.       Lukisan
Jika Anda ingin melihat hasil seni lukis karya pelukis-pelukis ternama Indonesia, maka Museum Seni Rupa dan Keramik menjadi tempat yang tepat. Disini dipajang banyak sekali lukisan yang dibuat oleh pelukis legendaris sepanjang masa. Ada lukisan “Potret Diri’ buah karya Affandi, “Pengantin Revolusi” buatan Hendra Gunawan, “Bupati Cianjur” dari Raden Saleh dan “Ibu Menyusi” hasil Karya Dullah. Selain itu di museum ini juga disimpan berbagai sketsa dan batik lukis yang sangat indah.
3.       Keramik
Koleksi keramik yang ada di Museum Seni Rupa dan Keramik memang sangat pantas untuk dikagumi. Disini tersimpan keramik bersejarah peninggalan Majapahit dari abad XIV. Keramik-keramik yang indah ini memiliki berbagai fungsi dan juga bentuk. Tidak hanya keramik dari tanah air, di museum ini juga disimpan berbagai keramik dari Jepang, Eropa, Thailand dan Cina. Keramik-keramik dari masa Dinasti Ching dan Ming di Cina menjadi jenis yang paling banyak jumlahnya. Museum ini juga menyediakan pelatihan pembuatan gerabah dengan berbagai teknik.
4.       Buku dan souvenir
Pengunjung yang datang ke Museum yang terletak di Jakarta Barat ini, juga bisa membaca berbagai koleksi buku yang ada di perpustakaan museum. Buku-buku yang disediakan berhubungan langsung dengan seni rupa, seni lukis dan juga keramik. Selain itu pengunjung juga bisa memperoleh souvenir untuk dibawa pulang. Jenis souvenir yang bisa dibeli adalah hasil kerajinan, kartu pos, lukisan, keramik lucu dan masih banyak lagi. 
Museum Seni Rupa dan Keramik juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan pengunjung maupun masyarakat Jakarta. Ada aula, ruang terbuka dan taman. Fasilitas-fasilitas ini sangat sesuai untuk digunakan sebagai tempat pameran, seminar, lomba ataupun pernikahan. Musholla, lahan parkir dan toilet juga bisa digunakan dengan nyaman. Untuk bisa mengunjunginya, kita bisa memesan rental mobil jakarta. Selain melalui situs, rental mobil tersebut juga dapat dipesan dengan mudah melalui aplikasi. Tersedia juga di 14 Kota, salah satunya Purwokerto, Pekalongan dan Pontianak.


Museum Seni Rupa dan Keramik menyimpan berbagai hasil karya seni lukis dan seni rupa dari banyak seniman ternama. Ada juga keramik dari Majapahit dan negara-negara lain. 

0 Response to "Museum Seni Rupa Dan Keramik Yang Menyimpan Hasil Karya Seniman Ternama "

Posting Komentar