3 Hasil Kebun Tanah Air yang Bisa Dijadikan Pelembab Kulit Alami

Anda mungkin sudah tidak asing dengan produk-produk kecantikan wajah yang diproduksi secara masal di pabrik. Bahkan lidah buaya, vitamin E, dan bahan alami lainnya mulai dimasukkan dalam komposisinya. Nah, sebenarnya Indonesia juga memiliki perkebunan yang hasilnya bisa dijadikan sebagai cara melembabkan kulit wajah. Berikut 3 jenis ulasannya.
  1. Teh
Kandungan antioksidan dalam teh sudah dikenal lama, terutama negara Jepang yang masih menerapkan aktifitas minum teh ini sebagai sebuah tradisi di sore hari. Hasil kebun tanah air yang memiliki nama ilmiah Camellia sinensis ini bisa diaplikasikan ke kulit wajah dengan cara diuapkan, dibiarkan semalaman (dibuat basi), serta dibuat masker.
  1. Kopi
Hasil perkebunan tanah air yang kedua yaitu kopi yang mengandung antioksidan polifenol dan flavonoid. Kedua zat antioksidan tersebut ampuh melindungi kulit dari radikal bebas yang ditimbulkan oleh cahaya matahari, polusi, dan gawai. Pengaplikasikan kopi murni ini biasanya dicampur air dan putih telur sehingga mudah melekat di wajah.
Kopi yang dibuat masker juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori sehingga mampu mengunci kelembaban lebih lama. Dengan demikian, kulit kusam, berkerut, dan penuaan dini akibat kekeringan pun dapat diatasi.
  1. Coklat
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoid pada coklat sangat ampuh mendorong terjadinya regenerasi kulit lebih cepat. Kandungan tersebut juga bermanfaat sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Sifat antioksidan dari flavonoid juga berperan mengatasi bahaya sinar UV dan perlindungannya 10 kali lebih efektif daripada vitamin C.
Selain mengangkat sel-sel kulit mati akibat kekeringan, coklat membantu menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh, baik dari asupan makanan, maupun krim wajah yang tidak cocok. Tapi harus diingat, bahwa manfaat perawatan wajah ini dapat diperoleh jika coklat yang digunakan masih murni, belum ada tambahan pemanis.

Selain ketiga hasil perkebunan nasional tersebut, kita juga bisa menggunakan hasil kebun pribadi di belakang rumah, misalnya lidah buaya. Pengaplikasiannya pun cukup mudah mengingat cara melembabkan kulit wajah menggunakan lidah buaya ini hanya dengan mengoleskan gel bening dan lembutnya ke seluruh permukaan kulit wajah.