-->

Sabtu, 24 Mei 2014


INFORMASI TENTANG PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM PASCASARJANA UIN SUSKA RIAU 2014/2015


Program Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau didirikan pada tahun 1997 dengan SK Menteri Agama RI Nomor 245 tahun 1997. PPs UIN Sultan Syarif Kasim Riau memiliki komitmen untuk membangun dan mengembangkan iklim akademik yang kondusif dalam rangka melahirkan tenaga ahli profesional dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Hukum Keluarga Islam pada Strata Dua (S2) dan Strata Tiga (S3) serta tenaga ahli profesional dalam bidang Ekonomi Syari’ah pada Strata Dua (S2).

[Visi:
 Terwujudnya Program Pascasarjana (PPs) UIN Suska Riau sebagai pusat pengembangan dan inovasi ilmu pengetahuan dalam bidang Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga Islam dan Ekonomi Syari’ah pada level internasional Tahun 2023”

Misi :
 Menyelenggarakan pendidikan jenjang S.2 (Program Magister dalam bidang Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga Islam dan Ekonomi Syari’ah) dan jenjang S3 (Program Doktor) dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Hukum Keluarga Islam, dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, di era globalisasi yang kompetitif dan terus bergerak maju, yang ditandai oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan:
  1. Melahirkan Magister dalam bidang Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga Islam dan Ekonomi Syari’ah yang berkualitas dan profesional. 
  2. Melahirkan Doktor dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan Hukum Keluarga Islam yang berkualitas dan profesional serta inovatif dalam penemuan dan pengembangan keilmuan yang ditekuni.     
Program Kegiatan PPs UIN Suska Riau:
  1. Melaksanakan kegiatan perkuliahan reguler bagi seluruh mahaisswa Program Pascasarjana UIN Suska Riau sesuai dengan mata kuliah yang telah ditetapkan pada masing-masing program studi.
  2. Melaksanakan kegiatan seminar ilmiah, baik seminar yang terkait langsung dengan mata kuliah, maupun seminar ilmiah di luar mata kuliah pada level lokal, nasional, regional dan internasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pelatihan metodologi penelitian, baik yang diselenggarakan oleh mahasiswa maupun kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh pengelola PPs.
  4. Melaksanakan kegiatan ujian proposal tesis dan atau disertasi bagi mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.
  5. Melaksanakan ujian tesis dan atau ujian tertutup/terbuka bagi mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Program Studi Hukum Keluaga Islam, terdiri dari Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3) serta memiliki konsentrasi Tafsir Hadits.
Program studi ini bertujuan untuk melahirkan magister dan doktor yang mampu memahami dan menyelesaikan berbagai fenomena dan problematika kehidupan yang memerlukan solusi Hukum Islam secara komprehensif dan profesional.
Mata Kuliah Program Studi Hukum Keluarga Islam (S2) meliputi:

  1. Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari: Tafsir Ayat-Ayat Ahkam, Hadits-Hadits Ahkam, Perkembangan Pemikiran dalam Islam, Perkembangan Peradaban Islam, Filsafat Ilmu.
  2. Mata Kuliah Keahlian (MKK) terdiri dari: Tarikh Tasyri’, Tarikh Qadha wa Taqnin, Fiqh Kontemporer, Qawaid Fiqhiyah, Filsafat Hukum Islam, Ushul Fiqh I, Ushul Fiqh II, Fiqh Muqarran, Metode Penelitian Hukum, Metode Penelitian Fiqh, Fiqh Siyasah, Metode Ijtihad Bayani, Ta’lili dan Istishlahi.
  3. Mata Kuliah Penunjang (MKP) terdiri dari: Studi Teks Arab dan Studi Teks Inggris.
Mata Kuliah Program Studi Hukum Keluarga Islam (S3) meliputi:
  1. Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari: Tafsir dan Hadits (Jarh wa Ta’dil).
  2. Mata Kuliah Keahlian (MKK) terdiri dari: Tafsir Ayat-Ayat Ahkam, Hadits Ahkam, Ushul Fiqh Terapan, Konstruksi Kaidah Hukum Islam, Politik Hukum Islam, Metode Penelitian Fiqh, Metode Ijtihad Kontemporer dan Legal Drafting.
  3. Mata Kuliah Penunjang (MKP) terdiri dari: Sosiologi dan Antropologi Hukum Islam serta Filologi/Tahqiq al-Nushush.

1. Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam bertujuan untuk melahirkan tenaga ahli professional dalam bidang Manajeman Pendidikan Islam yang melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan pada lembaga pendidikan Islam.
Lulusan Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam, diberi Gelar Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I)
Mata Kuliah pada Konsentrasi ini, meliputi :

  1. Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari: Studi Al-Qur’an, Studi Hadits, Filsafat Pendidikan Islam, Filsafat Ilmu, Sejarah Perkembangan Peradaban Islam, Sejarah Perkembangan Pemikiran dalam Islam.
  2. Mata Kuliah Keahlian (MKK) terdiri dari: Perencanaan Strategik Pendidikan, Manajemen Informasi dan Pengetahuan, Manajemen Mutu Terpadu (TQM) dalam Pendidikan, Manajemen Kurikulum, Supervisi dan Evaluasi Pendidikan, Manajemen Sumber Daya Pendidikan dan Metodologi Penelitian Pendidikan.
  3. Mata Kuliah Penunjang (MKP) terdiri dari: Studi Teks Arab dan Studi Teks Inggris.


2. Konsentrasi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Konsentrasi Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk melahirkan tenaga ahli profesional dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
Lulusan Kosentrasi Pendidikan Agama Islam diberi gelar Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I)
Mata Kuliah pada Konsentrasi ini, meliputi:

  1. Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari: Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari: Studi Al-Qur’an, Studi Hadits, Filsafat Pendidikan Islam, Filsafat Ilmu, Sejarah Perkembangan Peradaban Islam, Sejarah Perkembangan Pemikiran dalam Islam.
  2. Mata Kuliah Keahlian (MKK) terdiri dari: Pendidikan Nilai, Teori Belajar dan Pembelajaran, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Pengembangan Materi dan Kurikulum PAI, Teknologi Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran PAI, Analisis Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia dan Metodologi Penelitian Pendidikan.
  3. Mata Kuliah Penunjang (MKP) terdiri dari: Studi Teks Arab dan Studi Teks Inggris.

3. Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab bertujuan untuk melahirkan tenaga ahli profesional dalam bidang keilmuan pendidikan bahasa Arab dan metodologi pembelajaran bahasa Arab serta pengembangan ilmu bahasa Arab.
Lulusan Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab diberi gelar: Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I)
Mata kuliah pada konsentrasi ini, meliputi :

  1. Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari: Dirasat al-Qur’aniyyah, Dirasat al-Haditsiyyah, Hadharah al-Islamiyyah wa al-‘Arabiyyah, Falsafat al-‘Ulum, Lughat al-Injiliziyyah 1 dan Lughat al-Injiliziyyah 2.
  2. Mata Kuliah Keahlian (MKK) terdiri dari: Dirasat at-Taqabuliyyah wa Tahlil al-Akhta’, Ilmu al-Dalalah wa al-Ma’ajim, Mubahatsat al-Mustajaddad fi al-lughat al-‘Arabiyyah dan Risalah al-Magister.
  3. Mata Kuliah Penunjang (MKP) terdiri dari: Manahij Bahts al-Lughawi, Thariqah wa Asalib Ta’lim al-Maharah al-Lughawiyyah, Asalib Ta’lim Anasir al-Lughawiyyah, al-Lisaniyyat al-Haditsah wa Tathbiqatuha fi Ta’lim al-Lughat al-‘Arabiyyah, Ilmu al-Lughah al-Ijtima’i wa al-Nafsi, Tathwir Manahij al-Lughat al-‘Arabiyyah, Tashmim Ta’lim al-Lughat al-’Arabiyyah, Tiqnulujiah Ta’lim al-Lughat al-‘Arabiyyah wa Wasailuha, al-Taqwim al-Tarbawiy wa al-Ikhtibarat al-Lughawiyyah (TOAFL) dan al-Lughat al-‘Arabiyyah li al-Mutaqoddimin.
4. Konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
Konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris bertujuan untuk melahirkan tenaga ahli profesional dalam bidang metodologi pembelajaran dan pengembangan keilmuan Bahasa Inggris.
Lulusan Konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris diberi gelas Magister Pendidikan (M. Pd).
Mata Kuliah pada Konsentrasi ini, meliputi :

  1. Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari: Scientific Philosophy, English for Islamic Study I, English for Islamic Study II, Arabic I dan Arabic II.
  2. Mata Kuliah Keahlian (MKK) terdiri dari: Academic Reading, Academic Writing, Discourse Analysis, Language Assesment dan thesis.
  3. Mata Kuliah Penunjang (MKP) terdiri dari: Research Methodology I, Research Methodology II, Statistics for Social Science, Psycholinguistics and Language Teaching, Information Technology in Education, Applied Linguistics on ELT, Curriculum and Material Development, TEFL and its Issues in ELT, Language Teaching Strategy Instruction, Seminar in Current Approaches in ELT dan Information Communication Technology (ICT).

5. Program Doktor (S3) Pendidikan Agama Islam (PAI)
Program Doktor (S3) Pendidikan Agama Islam (PAI) PPs UIN Suska Riau, diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: 32 Tahun 2013.
Tujuan Program Doktor (S3) Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah:

  1. Menghasilkan Doktor yang memiliki kemampuan prima dalam pengembangan konsep dan inovasi Pendidikan Agama Islam dengan standar kualitas internasional (World Class University).
  2. Menghasilkan Doktor Pendidikan Agama Islam yang mampu melaksanakan penelitian inovatif, prospektif yang didasarkan dan berorientasi pada pengembangan teori-teori ilmu Pendidikan Agama Islam yang modern.
  3. Menghasilkan Doktor Pendidikan Agama Islam yang mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian.
  4. Menghasilkan Doktor Pendidikan Agama Islam yang profesional, memiliki kedalaman intelektual, ketinggian moral dan kematangan kepribadian.
ata Kuliah pada Program Studi ini, meliputi :
  1. Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari: Dasar-Dasar Pendidikan dalam al-Qur’an, Dasar-Dasar Pendidikan dalam Hadis, Filsafat Pendidikan Islam, Sejarah Sosial Pendidikan Islam di Indonesia
  2. Mata Kuliah Keahlian (MKK) terdiri dari: Perencanaan Strategik Pendidikan Islam, Metodologi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (R & D), Manajemen & Supervisi Pendidikan Islam, Kurikulum Pendidikan Islam, Statistik Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan Islam.
  3. Mata Kuliah Penunjang (MKP) terdiri dari: Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Perbandingan Pendidikan Islam.

Program Studi Ekonomi Syari’ah melahirkan Sarjana Tingkat Magister yang memiliki pengetahuan, wawasan yang komprehensif dan profesional dalam bidang Ekonomi Syari’ah, Perdagangan dan Perbankan Islam.
Mata Kuliah pada Program Studi ini meliputi :

  1. Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari: Studi al-Qur’an, Studi Hadits, Perkembangan Pemikiran dalam Islam, Perkembangan Peradaban dalam Islam dan Filsafat Ilmu. 
  2.  Mata Kuliah Keahlian (MKK) terdiri dari: Filsafat Ekonomi Islam, Teori Ekonomi Makro Islam, Teori Ekonomi Mikro Islam, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Akuntasi Syari’ah, Ushul Fiqh, Manajemen Bank dan Bisnis Syari’ah, Qaidah Fiqhiyyah, Fiqh Mu’amalah, Metodologi Penelitian, Islam dan Perdagangan di Dunia Melayu, Sistem Keuangan Islam, Sistem Perbankan Konvensional dan Syari’ah. 
  3.  Mata Kuliah Penunjang (MKP) terdiri dari: Studi Teks Arab dan Studi Teks Inggris.

Ekonomi Syari’ah (ES) memiliki Konsentrasi yaitu:


Manajemen Bisnis Islam (MBI)
Konsentrasi Manajemen Bisnis Islam (MBI) ini bertujuan melahirkan magister yang profesional dalam bidang perekonomian dan memahami manajemen ekonomi yang berlandaskan Islam.
Mata Kuliah pada konsentrasi ini meliputi :

  1. Mata Kuliah Dasar (MKD) terdiri dari: Studi al-Qur’an, Studi Hadits, Perkembangan Pemikiran dalam Islam, Perkembangan Peradaban Islam, Filsafat Ilmu, dan Perkembangan Modern dalam Islam. 
  2. Mata Kuliah Keahlian (MKK) terdiri dari: Pengantar Manajemen Bisnis Islam, Sejarah Pemikiran Bisnis Islam, Etika Bisnis Islam, Lembaga Keuangan Syari'ah, Ekonomi Makro Islam, Ekonomi Mikro Islam, Statistik Ekonomi, Akuntansi Islam, Perencanaan & Pengembangan Bisnis Islam, Strategi Marketing Islam, Manajemen & Kepemimpinan Bisnis Islam dan Metode Penelitian. 
  3. Mata Kuliah Penunjang (MKP) terdiri dari: Studi Teks Arab dan Studi Teks Inggris.

Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk penyajian makalah, diskusi dan seminar kelas, dalam rangka menrdorong mahasiswa untuk memahami, mendalami, meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta mengaplikasikannya sesuai dengan bidang keahlian.
Selanjutnya dalam rangka penyelesaian studi, mahasiswa diwajibkan menyusun proposal penelitian sekaligus mengajukannya ke sekretariat PPs, untuk kemudian diproses sampai tahap penyelesaian studi akhir (Tesis/Disertasi) sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Program Doktor (S.3) Hukum Keluarga Islam dan Pendidikan Agama Islam PPs UIN Suska Riau, memiliki beban studi sebagai berikut :

  1. Beban Studi Program Doktor bagi calon mahasiswa yang berasal dari Magister dari bidang yang sama sekurang-kurangnya 40 SKS termasuk disertasi (10 SKS) yang dijadwalkan 4 semester, lama Studi bisa ditempuh kurang dari 4 semester dan selama-lamanya 10 semester.
  2. Beban Studi Program Doktor bagi calon mahasiswa yang berasal dari Magister dari bidang yang tidak sama, sekurang-kurangnya 52 SKS yang dijadwalkan untuk 5 semester. Lama studi bisa kurang dari 5 semester dan paling lama 11 semester.
  3. Mahasiswa yang berpendidikan magister (S2) tidak sebidang, maka harus mengambil mata kuliah tambahan (matrikulasi) sebanyak 12 SKS.



Pada Tahun Akademik 2014/2015, PPs UIN Suska Riau menerima pendaftaran calon mahasiswa baru sebagai berikut :
Pendaftaran :
Waktu pendaftaran tanggal 5 Mei s.d 27 Juni 2014.
Tempat pendafataran : Sekretariat PPs UIN Suska Riau
Jl. KH. A. Dahlan No. 94 Telp/ Fax (0761)-858832 Pekanbaru
Contact Person: Gusmanto: Hp. 082171742595
Nurul Muyasaroh: Hp. 085271532082
B. Syarat Pendaftaran :
1. Persyaratan Akademik.
a. Memiliki Ijazah Sarjana (S1) dalam salah satu bidang Ilmu Agama atau yang sederajat dan memiliki IPK minimal 3.00 (Non PNS) dan bagi PNS 2.75.
b. Menyerahkan Karya Ilmiah sesuai dengan bidang keilmuan pada program studi yang dipilih.
c. Menyerahkan Proposal Disertasi bagi calon mahasiswa Program Doktor ( S3).
2. Persyaratan Administratif.
a. Mengisi Formulir pendaftaran yang disediakan
b. Biaya pendaftaran Ujian masuk (S2) Rp 400.000-,
c. Biaya pendaftaran Ujian masuk (S3) Rp 650.000,-
d. Menyerahkan Foto Copy Ijazah S.1/S.2 dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir oleh yang berwenang masing-masing 2 Lembar
e. Surat Izin Atasan Langsung bagi PNS.

C. Waktu dan Materi Ujian Masuk ( S2 & S3 )
Waktu Ujian masuk (S2) tanggal 18 s.d 20 Agustus 2014 , dengan materi :
1. Bahasa Inggris (ujian tertulis)
2. Bahasa Arab (ujian tertulis)
3. Tes Potensi Akademik (ujian tertulis)


Waktu Ujian masuk (S3) tanggal 25 s.d 27 Agustus 2014, dengan materi :
1. Bahasa Arab (ujian tertulis)
2. Bahasa Inggris (ujian tertulis)
3. Tes Potensi Akademik (ujian tertulis)
4. Tes Wawancara (Interview)


D. Pendaftaran Ulang.
Bagi peserta yang dinyatakan Lulus dalam seleksi ujian masuk dapat melakukan pendaftaran ulang/registrasi, dengan ketentuan sebagai berikut:
1. Mengisi Formulir yang telah disediakan
2. Surat Izin atasan langsung bagi yang sudah bekerja.
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Pas Photo (berwarna/terbaru) ukuran 2 x 3, 3 x 4, 4 x 6, masing-masing 3 lembar
5. Tanda bukti pembayaran SPP dari Bank yang telah ditunjuk.
6. Pendaftaran Ulang tanggal 01 s.d 08 September 2014.


Setiap mahasiswa pada masing-masing Program Studi harus membayar biaya pengembangan akademik sejumlah Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) khusus pada semester pertama saja dan biaya pratikum non labor (Rp. 800.000,-) dibayar selama mengikuti teori mata kuliah/aktif.

A. PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Terakreditasi)1. Konsentrasi Pendidikan Agama Islam   SPP Persemester Rp 3.000.000,-
 Praktikum Non Labor Rp 800.000,-
2. Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
SPP Persemester Rp 4.000.000,-
 Praktikum Non Labor Rp 800.000,-
3. Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab
SPP Persemester Rp 4.000.000,-
 Praktikum Non Labor Rp 800.000,-
4. Konsentrasi Pendidikan Bahasa Inggris
SPP Persemester Rp 4.000.000,-
 Praktikum Non Labor Rp 800.000,-
B. PRODI HUKUM KELUARGA ISLAM (Terakreditasi)1. Prodi Hukum Keluarga IslamF SPP Persemester Rp 4.000.000,-
F Praktikum Non Labor Rp 800.000,-
2. Konsentrasi Tafsir Hadits
 SPP Persemester Rp. 4.000.000,-
 Praktikum Non Labor Rp. 800.000,-
C. PRODI EKONOMI SYARI’AH (Terakreditasi) 1. Prodi Ekonomi Syari’ahF SPP Persemester Rp 3.000.000,-
 Praktikum Non Labor Rp 800.000,-
2. Konsentrasi Manajemen Bisnis Islam
 SPP Persemester Rp 3.000.000,-
 Praktikum Non Labor Rp 800.000,-


Setiap mahasiswa pada masing-masing Program Studi harus membayar biaya pengembangan akademik sejumlah Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) khusus pada semester pertama saja dan biaya pratikum non labor (Rp. 800.000,-) dibayar selama mengikuti teori mata kuliah/aktif.
Ø SPP Persemester Rp 6.000.000,-
Ø Praktikum Non Labor Rp 800.000,-


Organisasi PPS UIN SUSKA 2014:

Prof. Dr. Mahdini, MA : Direktur
Dr. H. Mawardi M. Saleh, MA : Wakil Direktur
Prof.Dr. M.Arrafi’e Abduh, M.Ag : Ketua Prodi Hukum Keluarga Islam
Dr. Zamsiswaya, M.Ag : Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam
Prof. Dr. Asmal May, MA : Ketua Prodi Ekonomi Syari’ah
Hasbi, S.Pd.I.,M.Pd.I : Bendahara Pengeluaran Pembantu
Albadriah Zain, S.Ag, MH : JFU Pengadministrasi Penelitian
Nurul Muyasaroh, M. Sy : JFU Staf Direktur
Irda Misraini, SE : JFU Pengadministrasi Nilai
Drs. Asrinadi : JFU Pengadministrasi Kepegawaian
Gusmanto, S.Pd : JFU Operator Anggaran
Adriansyah, SE : JFU Pengadministrasi Umum
Akbarsyah Athaulaah, A.Md : JFU Pengadministrasian Kerumahtanggan
Wagino : JFU Pengemudi
Syaifullah : JFU Caraka
Ahmad Fajrul Falah, S.Pd. I : JFU Perencanaan
Khairuddin, M.Ag : JFU Pengadministrasi Perpustakaan
Adrian, S.Pd : JFU Pengadministrasi Perpustakaan
Risma Yunis, S. Ag : JFU Pengadministrasi Perpustakaan
Al-Hamidah Romus, S.Pd.I : JFU Pengadministrasi Perpustakaan
Sapilah, S.Sos, M.Si : JFU Pengadministrasi Prodi PAI
Leny Julika : JFU Pengadministrasi Prodi HKI
Yetti Patrisia, S. Pi : JFU Pengadministrasi Prodi ES
Haris Siswadi, SE : JFU Pengadministrasi Umum


Sekretariat PPs UIN Suska Riau
Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 94 Telp/Facs. (0761) 858832
Site: uin-suska.ac.id
E-mail: pps_uinsuskariau@ymail.com
Pekanbaru



Semoga Info Ini Bermanfaat 
by afdhal ilahi



Baca Artikel Terkait: