-->

Jumat, 16 Mei 2014


PENGERTIAN PACU JALUR 
Pacu jalur merupakan tradisi masyarakat kabupaten kuantan singing yang sudah berlangsung secara turun temurun sejak zaman dahulu.Sejak kapan penduduk rantau kuantan yang tinggal di sepanjang batang kuantan mengenal jalur dan pembuatan nya,tidak dapat ditunjukkan tahun yang pasti.Tapi di perkirakan pacu jalur sudah dikenal penduduk di rantau kuantan ini semenjak tahun 1900. 
Pada mulanya yang dipacukan penduduk kebanyakan perahu-perahu besar yang biasa di pakai untuk mengangkut hasil bumi misalnya tebu,pisang dan lain sebagainya.Perahu-perahu besar ini di pacukan penduduk untuk merayakan berbagai hari besar islam,maulid Nabi Muhammad SAW,hari raya Idul Fitri dan tanggal 1 muharam dan lainnya. 

Semenjak kedatangan Belanda di kota Taluk Kuantan ± tahun 1905,Belanda tetap melanjutkan kegiatan pacu jalur,dan menukar tujuan dan tanggal pelaksanaannya yaitu pada tanggal 31 Agustus dalam rangka memperingati ulang tahun ratu Wihelmina. 
Hingga tahun 1950 jalur dengar pacu jalur nya belum kembali ke dalam kehidupan budaya masyarakat kuantan singingi,dan pada tahun 1951 dan 1952 sesudah zaman Jepang dan agresi Belanda,jalur kembali ke kehidupan masyarakat kuantan singingi,dimana waktu pelaksanaan dan tujuan melaksanakan dilakukan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.Teluk kuantan dan Baserah yaitu dua kecamatan yang selalu mengadakan pacu jalur setiap ulang tahun kemerdekaan. 

Sayang nya, akhir-akhir ini banyak kesenian dan budaya tradisional , permainan rakyat , budaya local sudah hamper punah . Hal tersebut pelu usaha-usaha untuk pelestarian pelestarian kesenian daerah agar tidak hilang di makan masa. Hal yang menghawatirkan lagi adalah kesenian , budaya atau tradisi local tertentu ada yang menklaim sebagai tradisi atau kesenian daerah mereka. Oleh sebab itu perlu kajian revitalisasi pacu jalur sehingga seluruh proses, aktivitas dan kesenian kesenian yang melekat dengan kegiatan pacu jalur tersebut terdokumen dan merupakan hak cipta atau milik (tradisi) masyarakat kuantan singingi. (pemerintah kabupaten kuantan singingi,2011;1-2) 


SEJARAH PACU JALUR 
Jalur adalah “perahu besar” terbuat dari kayu bulat tanpa sambungan dengan kapasitas 45-60 orang pendayung (anak pacu).Panjang jalur antara 16 m s/d 25 m dan lebar bagian tengah kir-kira 1,3 m s/d 1,5 m. 
Menurut catatan sejarah jalur mulai ada di rantau kuantan sejak abad ke 18.Pada mulanya jalur yang dipakai sebagai menyambut tamu-tamu terhormat seperti raja,sultan yang berkunjung ke rantau kuantan.Sejak tahun 1905 jalur tersebut di lombakan (dipacukan) dan mulai saat itu,dikenal dengan nama PACU JALUR.Artinya jalur yang dipacukan (dilombakan) atau lomba jalur. 
Pada masa penjajahan Belanda pacu jalur diadakan untuk memeriahkan perayaan adat,kenduri rakyat dan untuk memperingati hari kelahiran ratu Belanda wihelmina yang jatuh pada tanggal 31 Agustus kegiatan pacu jalur pada zaman belanda di mulai pada tanggal 31 agustus s/d 1 atau 2 september.Perayaan pacu jalur tersebut dilombakan selama 2/3 hari,tergantung pada jumlah jalur seperti yang diungkapkan pak Saam (umur 85 tahun) yaitu pada zaman belanda jumlah jalur belum banyak sampai sekarang seperti pada saat sekarang yang jumlah nya sampai ratusan buah.pada masa itu jumlah jalur hanya berkisar antara 22 sampai 30 buah jalur. Dia menambahkan kegiatan terjadi pacu jalur tersebut anak sekolah yang berasal dari desa-desa sekitar di teluk kuantan melakukan suatu upacara dengan menyanyikan wihelmus sebagai lagu kebangsaan belanda pada saat itu (wawancara tanggal 11 september 2011). 
Setelah kemerdekaan kegiatan pacu jalur dilakukan 1 kali dalam 1 tahun,dalam rangka memperingati hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus.Dalam rangka memperingati HUT RI ke 60 di kabupaten kuantan singingi. Kegiatan pacu jalur mengambil tema “peringatan 100 tahun budaya pacu jalur bersempena dengan HUT RI ke 60. 
Kegiatan pacu jalur dilakukan selama tiga sampai empat hari yang biasa nya dimulai pada tanggal 4 agustus. Namun demikian, jika acara HUT RI bertepatan pada bulan ramadhan maka acara pacu jalur tersebut dimajukan pada awal agustus atau bulan juli. 
Selama ini pacu jalur sudah di jadikan event kalender wisata nasional dan di geser hari nya mundur yaitu di mulai pada tanggal 23-26 agustus setiap tahun, kecuali memang pada tahun 2011 ini HUT RI pacu jalur nya di majukan lebih awal karena pertimbangan tertentu seperti bertepatan dengan bulan puasa (bulan ramadhan ) sehingga tidak mengganggu umat selain menunaikan kewajiman nya. (PEMERINTAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI,2011;10-11) 


PERATURAN PACU JALUR 

1.PANCANG 
Pancang adalah pembatas alur jalan antara satu jalur dengan jalun lain nya. Pancang tersebut terbuat dari batang pisang tersebut digabungkan dengan kayu yang dicecakan sehingga ia menjadi bergandeng di beri tali dan batu pemberat sehingga ia timbul di atas air dan ia tidak hanyut oleh arus ia berbentuk lancip agak kedepan agar jangan menghambat arus air. Sekarang pancang ini mengalami perkembangan tidak lagi terbuat dari batang pisang tetapi dari dahan atau pelepah rambio dan di atas nya di tancapkan bendera merah putih. Pancang ini berjumlah 6 buah arena pacu lebih kurang 1 km sama jaraknya. Jika air kuantan dalam keadaan pasang atau bisa juga pancang tadi hanyut sehingga disebut dengan pancang hanyuik (pancang hanyut). 
Pancang juga di gunakan sebagai hakim garis jika ada salah satu dari jalur lawan nya mengambil jalan melewati pancang ke sebelah nya maka jalur yang salh jalan didiskualifikasi. Jika jalan galur menyisip panjang itu di bolehkan atau jangan pancang tersebut atau di langgar . jika di tabrak atau di anggap gagal. 


2.BODIAL 
Bodial sebagai tanda jika ia berbunyi tanda pacu sudah sah dari pancang star. Bedil ini dibunyikan jika haluan-haluan jalur akan bertarung haluan nya sudah sama dan bendera sudah turun berkibar . jika ada kedua jalur ingin sementara haluan nya belum sama maka partuo jalur bergantung di kayu bendera sehingga bendera tersebut jadi turun maka bodial meletus sebgai tanda sah. Tapi kalau hanya bendera saja yang turun tapi bedil tidak meletus kedua jalur tetap juga pacu maka di pancang finish tetap oleh hakim tidak diputuskan dan harus di ulang kembali hilir mereka . jika tidak juga sama haluan nya sama untuk dilepas maka pada kali yang ke 3 tersebut tetap saja tidak sama haluannya (tidak sejajar) maka kedua jalur tetap dilepas (distart) 
Bila bedil sudah berbunyi ini juga sebagai pedoman oleh hakim dipanjang finish bahwa ia segera melihat jalur yang bertarung tersebut yang mana yang menang . 


3.BENDERA START 
Bendera start berwarna merah putih ukuran jumbo (besar) ia digunakan untuk memanggil giliran pacu yang keberapanya , dengan mengibas-ngibaskan bendera. Di sisi kanan dan kiri bendera atau orang yang memegang bendera berdirilah perwakilan kedua partuo jalur yang akan bertarung. Bendera akan dikibas kan kebawah jika masing-masing partuo jalur tadi setuju dan bedil pun meletus sebagai tanda syahnya pacu. 


4.POSKO START 
Posko start di isi oleh partuo jalur dari jumlah sama yang akan bertarung dengan masing-masing megang kertas atau cabutan undian sehingga jelas bagi mereka apa nama lawan jalur mereka dari desa mana , kecamatan mana dan jalan sebelah mana yang akan dilalui. Posko start ini bagaimana poskambling yang tidak berdinding tapi beratap . 


5.POSKO HAKIM (PANCANG AKHIR) 
Posko hakim (pancang akhir) pada poskoh pancang akhir adalah tempat pimpinan kabupaten yaitu bupati dengan jajaran nya dan kades dengan yang paling rendah mewakili desa nya masing-masing serta undangan seperti mentri, gubernur dengan jajaran pejebat provinsi. 
Hakimnya adalah dari pengadilan atau kejaksaan untuk memudahkan dalam memutuskan sehingga lebih dulu pancang finish maka ia yang menang untuk menghindari tuntutan dari partu jalur maka sekarang ini sudah memakai teropong untuk lebih memastikan jalur jalan sebelah mana yang menang maka setelah sampai di pancang finish semua pendayung naikkan dayung nya sebagai bertanda sudah sampai . kemudian tukang pinggang (juru kemudi) mengarah kan jalur nya merapat kedepan dewan hakim , maka dewan hakim mengucapka seperti : kata-kata seperti ini : hilir yang pertama antara jalur keramat jubah merah sebelah kanan dari desa muaro sentajo dengan jalur merak jingga dari desa sawah maka sorak sorai pun beruntung saling bersautan maka yang menang tadi akan segera kembali kepunduang jalur jika ternyata podo (sama tidak ada yang menag) maka di nyatakan ulang . jika di ulang urutan nya adalah tentu adalah hilir yang paling terakhir dari urutan-urutan hilir pacu yang sudah dibuat. (PEMERINTAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI, 2011;51-53) 


TUJUAN PACU JALUR 
Secara pesalogis , tradisi pacu jalu memiliki nilai-nilai bimbingan. Suryaneti (2009) menemukann nilai-nilai bimbingan yang terkandung dalam trasidi pacu jalur adalah : 
A. Adanya saling menghargai antara anggota masyarakat 
B. Wadah untuk belajar mengespreikan pendapat 
C. Menumbuh kan kerja sama 
D. Menghilangkan rasa egois 
E. Menanam kan sifat mufakat (bulat air karena , bulat kata karena mufakat) 
F. Memupuk rasa sabar dan lapng dd menerima keputusan (lomak dek awak lomak pulo sek urang , ketuju dek awak ketuju pulo dek urang) 
G. Adanya rasa kebersamaan (pekerjaan berat menjasi ringan karena sipikul bersama) (PEMERINTAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI,2011;6) 


PROSES PEMBUATAN JALUR 
A. Rapat panitia pembuatan jalur 
Jalur tidak dapat di buat begitu saja tanpa melalui berbagai proses baik yang menyangkut masalah tenaga ,biaya maupun yang menyangkutmasalah teknis lainnya seperti : tukang jalur,partuo jalur atau panitia jalur serta lainnya. Sebelum jalur sibuat ,terlebih dahulu dibentuk panitia atau pengurus yang tugas nya mengurus segala sesuatu yang diperlukan dan diperdiap kan dalam proses pembuatan jalur . pengurus itu disebut denganpertuo jalur yang diartikan orang yang ditugaskan salam proses sebagai ketua panitia pembuatan jalur. Atau dengan makna lain adalah orang yang dituakan , yang didahulukan selangkah , dan yang ditinggikan seranting dalam urusan jalur di masyarakat. Pada umumnya pengurus pembuatan jalur disebut panitia jalur , tetapi dibeberapa desa seperti desa siberakun lebih akrab menyebut panitia dengan partuo jalur . (wawancara dwngan pak rusli , umur 60 tahun) 
Untuk rapat panitia pembuatan jalur dimulai dari adanya canang banjar yang dipukul oleh orang yang sudah ditunjuk oleh kepala desa(kades) yang disebut dengan tukang canang . dirantau kuantan orang yang ahli dalam suatu bidang disebu dengan istilah tukang . dehingga kalau ahli dalam bercanang disebut dengan tukang canang . orang yang ahli dalam membuat rumah disebut dengan tukang rumah dan orang yang ahli dalam membuat jalur disebut dengan tukang jalur. ( lihat lebih jauh yusrianto : 2000). 
Canang adalah alat bunyi-bunyian berupa celempong tunggal yang di pukul oleh tukang canang pada malam hari tatkala menyampaikan beberapa pengumuman di desa. Tukang canang perannya adalah memberitahukan dan mengumumkan tentang rapat untuk pembuatan jalur. Tukang canang berkeliling kampong sambil memukul canang yang jarak nya sekitar sepuluh rumah begitu seterusnya sampai batas dari kampong tersebut dan singgah deisetiap ada kedai kopi . orang-orang yang berada dikedai kopi tadi akan bertanya tentang apa isi canang tadi atau pengumuman tadi . biasanya dijawab oleh tukang canang dengan jawaban bahwa besok kita akan mengadakan rapat jalur dib alai desa selepas maghrib dan tidak ada membawa apa-apa . kata-kata yang diucapkan tukang canang tersebut antara lain : 
“oh urang banjar iko , la tibo pulo parentah dalam banjar . banso bisuak malam , ptang omi malam jumat , kito/awak basamo-samo hadiar dalam balai desa untuak rapek mambuek jaluar baru kito . acaranyo lopemagorit sebelum isya. Aa ndak aso yang kan dibaok ro !! lai obe ru!! 
Artinya : “ hai orang yang ada dalam negri ini , sudah dating perintah di negri ini. Bahwa besok malam yaitu petang kamis malam jumat kita bersama-sama dengan orang tua , kepala keluarga, anak muda dapat bersama –sama hadir dib alai desa untuk rapat mmbuat jalur baru kita . acaranya dimulai selepas maghrib sebelum isya ,nah tidak ada yang akan dibawa,nah , sudah tau kan .” (wawancara sengan gelar mawardi dengan gelr itam , sabtu malam , 10 september 2011 di pondokan kedai pulu bungin siberakun) 
Ada juga dalam versi yang sudah agak lebih modern yaitu sudah memakai surat undangan yang di edarkan oleh pak RT masing-masing. Dalam hal ini trjadi pergeseran karena kesibukan masing-masing dan menghemat waktu karena tukang canang terlalu capek/lelah bekerja dikebunnya siang itu. Agar beita lebihefektif dan efisien untuk penyampaiannya dibuar dalam bentuk undangan . media canang sebagai penyampaian pesan mempunyai nilai kearifn local karena menghemat pemakaian kertas . dengan adanya canang sebenar nya sudah menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar karena dengan adanya surat undangan akan menyebabkan banyak sampah yang berserakan dan pada akhirnya dapat meruak lingkungan . 
Dalam malam rapat tersebut disusunlah kepanitiaan nya berdasarkan hasil kesepakatan pada malam yang bersangkutan dengan adanya partuo jalur yang terpilih tasi dibantu oleh kirani (sekretaris)dan juga seksi-seksi lainnya yang membantu seperti humas , pengarahan massa dan seksi dana . dalam rapat ini juga dibicarakan tentang kemungkinan apa jenis kayu yang akan digunakan daan di jadikan untuk pembuatan jalur dan siapa yang akan menjadi dukun jalur yang cocok dan sesuai untuk itu. Bahkan dalam rapat itu juga sudah ada kesepaktn berapa besar nya setiap kepala keluarga (KK) memberikan sumbangan . untuk daerah kuantan mudikmisalnya ditetapkan Rp.100.000 per (KK) .Hal ini berbeda dengan daerah siberakun yang pada umumnya hasil rapat jalur itu secara suka rela sesuai dengan kemampuan masing-masing dari warganya. Tetapi besarab sumbangan terendah sudah ditetap kan Rp.50.000 . bagi PNS dan pedagang tentu diprediksi akan menyumbang lebih besar jika dibandingkan dengan yang berprofesi sebagai penyadap karet . ( wawancara dengan duski mansyur Spd anggot DPR kab. Kuansing, ahd , 11 september 2011 di rumahnya di siberakun). 
Badi peserta rapat sudah mempersiapkan dana-dananya akan langsung secara spontan untuk menyebutkan sumbanhan nya sebagai upaya untuk memotivasi dari yang lainnya secara fastabiqul khairat .. bahkan ada yang menyumbang yang tidak mau untuk disebutkan namanya hanya dengan nama dari hamba allah sekian puluh ribu rupiah dan setrusnya sesuai dengan besaran jumlah nominal sumbangan nya . 


b. MENCARI KAYU JALUR 
Setelah partu terbentuk , maka dicarilah kayu jalur sesuai dengan kesepakatan hari untuk mulai mencarinya dari hasil rapat panitia jalur dengan janji dimana kita menunggu satu sama lainnya, persiapan apa saja yang diperlukan menyankut perkakas yang akan dibawa seperti : kampak , beliung , parang san pakaian kehutan serta makan , minuman san kue yang akan dibawa serta juga ditentukan siapa penunjuk jalan dan mlalui arah kekebun siapa rute perjalanan yang akan dilewati. 
Jenis kayu yang dipilih biasanya jenis kayu kuat dan dapat tahan air bukan dari kayu lampung atau mayiang serta tidak midah pecah kalau dibuat menjado jalur. Diantara jenis kayu yang dipilih yang di anggap baik antara lain adalah kayu tonam , kayu kure, kayu kuyuak , kayu banio, dan kayu marantia sogar serta kayu lainnya yang kuat. Dalam mencari kayu jalur ini ada aturan-aturan yang secara konvensi harus dilaksanak dan dilalui yaitu bila ketemu dengan kayu yang sedang dilihat tersebut maka kita harus terlebi dahulu mengelilinginya sengan cara merintis sengan membuat lingkaran atau persegi empat dan melakukan proses yang disebut menandai dengan tanda yaitu dalam bentuk meletakkan kait untuk merintis tadi di jalan masuk pertama ketika proses mengelilingi kayu dimulai. Kemudian kayu itu diberi tanda dengan tulisan yang terbuat dari cat merah atau arang kayu keras . tulisan itu adalah bertuliskan nama jalur atau nama desa mereka. Setelah ditulis seperti itu , adanya tanda yang dibuat itu tulisan nya bukan dalam bentuk mendatar mengelilingi kayu sesuai radiusnya tetapi adalah dari atas tengah kayu kebawah sehinggaq untuk menuliskan agak terlalu tinggi dan besar maka dibantulah dengan tuki . tuki adalah sejenis alat dalam bentuk tangga-tangga yang dapat digunakan sebagai tangga yang terbuat dari kayu yang di sorongkan kecupang kayu lain dan ada yang diikat kan dengan akar .maka kewajiban selanjutnya adalah mengambil bahan urat kayu besarnya dari kayu yang bersangkutan untuk dapat di amalkan dalam beberapa malam berikut ini.ini baru salah satu kayu yang ditandai. Biasanya kayu yang ditandai tidak cukup hanya satu biasanya sampai 3 batang dengan proses yang sama dari awal hingga akhir. Pekerjaan selanjutnya adalah ada pada dukun tadi sehingga ia punya waktu untuk memilih kayu mana yang paling baik dijadikan jalur termasuk pertambangan intennya komunikasi sang dukun dgn mambang kayu tersebut dan tarik menarik argumen antara mambang dan sang dukun sehingga bias bekerja sama untuk dimanfaat kan sebagai jalur .(wawancara sengan mudarus yang digelar bendahara, sabtu, 27 agustus 2011 dirumahnya di ujung tanjung) 

C.MANOBANG JALUR 

Jika kayu yang telah dicinai tadi selama beberapa malam telah diamal kan oleh dukun jalur dengan banir tua yang sudah ia miliki maka sampailah ia kepada keputusan kayu mana diantara beberapa pokok tadi yang akan ditebang dan seterusnya dan seterusnya akan dibawa kedesa untuk di hela dan ditarik dengan cara bergotong royong setiap minggu mereka pergi kembali kehutan rimba seperti proses ketika akan mencari kayu seperti semula, akan tetapi persiapan nya sudah lebih lengkap bila dibandingkan dengan mencari atau mencinai kayu Karena mereka teleh membawa apa-apa saja yang diperlukan untuk acara penebangan sebaimana yang dikehendaki oleh mambang atau penghuni kayu tersebut . dari wawancara penulis ada 3 permintaan yang sering diminta oleh penghuni kayu tersebut . pertama, adalah dua ekor ayam jantan itam jamui dan paruh atau cotokannya . jika ini yang dimintanya maka sang dukun akan duduk terlebih dahulu menghadap kayu tersebut dan posisi kayu adalah sebelah barat dukun berarti dukun juga menghadap kebarat , setelah ia berdo’a dan menyapukan kedua telapak tangan nya ke muka maka ia bangkit dari duduknya lalu menyembelih ayam yang satunya dengan beliunfg yang akan digunakan sebagai untuk menebang dan darah nya harus membasahi banir tua dari kayu Tersebut . kemudian ayam tadi di bobak (dikuliti) dan di cuci degan air sungai yang ada disekitar tempat kayu tersebut kemudian di beri garam dan di panggang atau di bakar dengan menggunakan kayu kayu yang mersik dan mati di sekitar areal tersebut. Setelah masak maka di berikan kepada tukang , dukun sendiri, anak buah tukang atau tukang pengapit serta partuo,dan rombongan masyarakat yang menyertai. Setelah makan dan minum tadi barulah oleh sang dukun meliahan kea rah mana kayu tersebut akan tumbang. Jika ada perbedaan pendapat tentang arah tumbangnya maka terlebih dahulu harus di selesaikan agar ada kata mufakat dan suara bulat jika masih ada selang sengketa pendapat maka ini nanti sebagai alamat jalur akan minta korban atau tumbal pada masyarakat sebagai tumbal nya. Hal ini sudah pernah terjadi seperti halnya yang di alami oleh kasin (Alm).beliau waktu muda kena oleh giligan jalur bomber 1958 keti jalur mau di hela atau di tarik. Akhir nya dia mengalami cacat seumur hidup dengan kaki dan tangan tidak bias di gunakan yang diseubut layuah oleh masyarakat setempat sampai yang bersangkutan menemui ajal nya sehingga belum pernah merasakan hidup berumah tangga 
Setelah tempat tumbang telah di sepakati maka kegiatan selanjut nya adalah membersih kan ranting dang mengukur berapa depa panjang jalur tersebut kemudian di beri boriaco/basi (sisa ujuran kayu agar jangan pas-pasan sehingga ada tenggang mana tahu ujung dan pangkal nya pecah). Jika hari sudah petang mka baru lah pulang kembali ke kampung. Kalau jaman dahulu seperti tahun 1958 mereka para tukang dan partuo jalur membuat barung-barung (kemah) selama mengerjakan jalur tersebut sampai dengan mendiang atau melayur. 
Ketika mau pulang tadi ayam itam jamui yamh satu nya lagi di lepaskan sehingga nanti apakah ayam tersebut bertahan hidup atau malah memilih untuk mengikuti rombongan tadi. Jika memilih mengikuti maka itu sebagai pertanda bahwa mambang tadi mau ikut dengan mereka terutama sang dukun artinya dia bias di suruah serayo (bias untuk minta tolong). Bahkan ada juga ayam tersebut tidak ikut tetapi ia kelihatan linglung serta bahkan menjadi ayam hutan yang liar kembali serta berkembang biak di hutan tersebut 
Versi yang ke dua, yaitu membawa ayam kuniang biriang (kuning seperti orang yang kena beri-beri),semuanya kuning. Jumlah hanya satu ekor saja guna nya untuk mendarahi penebangan itu agar jangan mendapat halangan. Versi yang ketiga, terserah apa saja warna bulu ayam nya tetapi setelah di sembelih untuk darah nya di ambil maka ayamnya oleh sang dukun di bawa pulang untuk di masak tetapi isi dalam nya ia sendiri yang memakan nya. Berdasarkan isi perut ayam tersebut ia akan tahu keadaan kayu tersebut apakah berlobang, dan kalau berlibang di bagian mana saja. Kemudian setelah kayu itu di tebang maka iya ganti dengan kayu kecil dan ditancap kan di atas pohon yang di tebang tadi yang di maksudkan sebagai pengganti kayu yang sudah di tebang di tumbang kan tadi. Aneh nya seperti terjadi pada jalur rajo mudo dubalan kuantan pulau bungin kayu yang ditancapkan tadi ternyata tumbuh, hidup dan berkembang sebagai kayu lainnya ujang sang dukun pada hal ia tidak ditanam di tanah secara langsung.jenis kayu nya yang ditancapkan itu adalah kayu binio. (wawancara dengan dukun kayu jalur, ahad, 11 september 2011 di rumah nya). 

D.MAELO JALUR 
Proses maelo jalur dimulai juga dengan ada nya canang banjar yang akan mengumumkan tentang acara untuk besok pagi kita akan bergotong royong menarik jalur dari hutan rimbo ke desa.Dengan bunyi canang oh urang banjar iko lah tibo lo perintah dari banjar bahwa bisuak pagi awak besamo-samo maelo jalur awak tu di rimbo gono yaitu rimbo kukok.Untuak itu kepado induak-induak,ondek-ondek tolong di bao bungkui nasi sa ibek nasi bisuak dan buek tambual bawoan untuak awak dan untuak urang. Nan jantan bapak-bapak bao ladiang saruang kapak atau baliuang untuak menobang jalur,lai obe ru.Nah awak bekumpual di tompek panyaborangan (kompang). 
Pada hari berikut nya saat akan pergi maelo jalur maka orang bujang ada di kampong itu akan mengantarkan beras,tepung,telur,ikan sarden besar dengan segala perlengkapan yang akan di masak ke rumah goraan nya (pacar) akhir nya besok pergi ikut secara bersama-sama untuk pergi maelo jalur dari hutan. 
Setelah mereka berkumpul di tempat yang telah di janjikan tersebut maka dalam perjalanan yang berkelompok-kelompok tersebut ada yang di tunjuk untuk penunjuk jalan dari partuo jalur.Dalam perjalanan tersebut tidak sampai dari surak-surak adalah semacam pertanda ada teman lain,ada apa tidak di dalam hutan rimbo tersebut.Jika surat tadi dibalas,maka berarti ada orang lain,teman kita yang menyukai ada penyadap karet,atau mencari rotan,dammar,cari petai,juga kebun dan pekerjaan mencari hasil hutan lainnya.Dalam perjalanan tersebut dalam berbual-bual dengan cerita lucu dan konyol serta diberikan dengan berbagai teka-teki yang baik dan bahkan jenaka dan lucu seperti aponyo aang iko aa.Ndok ndiang artinya tersisik di dinding (sendok tersisip di dinding) kelompok yang tidak bisa membalas lagi dengan teka-teki sebagai balasan dari 1-0 yang di terima yaitu : koa kok bisa dek aang menjawab nya.enyo mintak di masuak an la di masukan inyo di luar jo,apo nyo aang,aponyo kau.(dia mintak di masukkan tapi setelah di masukkan di masih di luar juga) jawabannya adalah buah baju (kancing baju).Begitulah seterusnya dengan berbagai teka-teki yang saling balas-membalas akhirnya dengan tidak terasa mereka rupanya telah sampai ke pungko jalur.Semakin jauh tempat mencari jalur semakin banyak teka-teki dan cerita dlm perjalanan tersebut. 
Hal seperti itu dimaksudkan juga adalah sebagai pengontoran (untuk menghilangkan dari rasa takut dari tempat tempat yang anker hutan sunyi tersebut). Maka sudah sampai rombongan tadi beristirahat sejenak partuo jalur membuat dan mencari tali untuk maelo jalur yang terbuat dari rotan dan dengan kebudian di iekekan di luar jalur dengan menyangkut kan di telinga jalur yang masih sabal. Sabal adalah semacam bayangan jalur yang sudah berbentuk dan tidak lagi dalam bentuk kayu bulat tapi sudah agak ringan untuk di tarik bersama-sama. Setelah ada tali untuk ditarik secara bersama-sama. Setelah tali siap ada aba-aba dari naik tangan dari yang mengucap kan lah ado tali di tangan. Pogang tali,dengan aba-aba 1-2-3 tariak torui panjang mungkin 
Jika kelihatan orang yang maelo jalur sudah kelihatan lelah maka tambual dan kue-kue tersebut sudah bisa untuak di makan dengan membentangkan tikar atau beralaskan daun-daun rimba, bagi yang punya pacar tadi maka di perboleh kan makan ke semak sambil membawa bekal yang telah dibawa dan di persiap kan dari tadi pagi,bahkan tadi makan tambual dan kue ini di keluarkan pada jam 10.00 wib tadi pagi. Kemudian setelah ini di lakukan, maka kembali di suruh untuk menarik jalur kembali dengan aba-aba yang sam yaitu 1,tali dipogang 2,badan membungkuak 3,menangkui. Maka menjelang siang berati maka masuk waktu suhur dengan sholat dan makan siang. Selesai hal itu mka lanjutkan kembali sampai dengan waktu asar, tapi ketika anggota maelo jalur jadi kecapean maka partuo jalur akan memutus kan tali dengan menconcang dengan menggunakan parang tajam dan orang sekuat-kuat nya dengan tenaga menarik jalur, maka ketika tali putus orang yang berpacaran tadi akan jatuh berhimpitan dengan pacar bahkan serak serai pecah kembali di antara mereka para peserta penarik jalur ada yang saling membersih kan pakaian masing-masing dan urutan di antara mereka. 
Ketika hari sudah soreh mereka pulang bersama-sama untuk menuju rumah maasing-masing dengan perjalanan yang sangat melelah kan maka agar terasa perjalanan mereka kembali berbual-bual (berceri yang lucu dan jenaka) dari orang yang sudah di tentukan atau bah di tingkah orang lain lagi. Meelo jalur jalur ini biasa nya biasa nya hanya di lakukan setiap hari , minggu/ahad sehingga bahwa jalur tersebut samapi di desa memerlukan waktu lebih kurang 3 bulan,itu dengan catatan jika jalur tidak terbenam di dalam lumpur kalau tetanam itu lebih lama lagi. 
Akan tetapi sekarang ini masyarakat mulai bergesr maelo jalor ini dengan menggunakan chainsaw dalam menebang dan dalam bentuk kayu bulat di tarik ke desa dengan menggunakan cartefilar atau alat berat sehingga masyarakat tidak perlu setiap ahad pergi ke rimba tetapi cukup dengan beriuran untuk biaya nya mebawa nya ke desa.Hal ini jika terus menerus terjadi maka kebersamaan dan semangat gotong royong sudah mulai luntur bahkan sudah untujk muda-mudi mengenali lawan jenis nya semakin tidak ada dan antar mengantar sesuatu yang akan di masak tidak ada lagi sehingga suatu saat ini bisa saja memintak nya tidak pandai memasak karena dengan maelo jalur lah seorang wanita bersama memasak dengan baik dan enak agar orang yang mengatar bekal tersebut yang tidal lain adalah pacarnya sendiri enak dan lahap dalam memakan dan mencicipi hasil makanan nya. 

E. PEMBUATAN JALUR 
Pembuatan jalur di hutan tempat kayu tersebut,di tebang bukan lah sampai selesai sampai 100% tetapi penggarapan jalur tersebut hanya selesai kira-kira 50%.Tujuan nya agar kayu yang akan di tarik besama-sama oleh masyarakat yang sudah dewas tidak terlalu berat karena badan jalur bagian tengah sudah banyak yang di kurangi.Penarik jalur dari hutan( dari tempat kayu jalur) di tebang sampai ke desa biasanya di tepui salah satu lapangan bola akan tempat yang cukup luas dan strategis untuk menyelesaikan pembuatan jalur. Pembuatan jalur selayak jadi seperti yang di gambar tadi mengalami perubahan maka sejak tahun 1991. Artinya,sebagian jalur telah diproses sampai selayak jadi di hutan sebagai batang dip roses di desa tersebut. Karena terbuka nya akses jalan dari hutan ke desa. Pada umumnya akses jalan tersebut di buat oleh perusahaan yang beroperasi di wilayah kabupaten,kuantan singing. Dengan demikian hanya jalur yang sudah du tebang di hutan dapat di angkat dengan menggunakan truk sampai ke desa. Setelah sampai di desa barulah kayu bulat tersebut diproses pembuatan nya sampai selesai dan siap untuk di lombakan. Jika kayu jalur yang masih bulat itu di olah di tari bersama-sama oleh masyarakat. Ia tidak akan langsung ditarik karena sangat berat walaupun bisa ditarik maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan hal tersebut akan menggangu anggota masyarakat untuk menjalankan pekerjaan rutin meraka sehai-hari.



Baca Artikel Terkait: