-->

Kamis, 30 Oktober 2014

Universitas Islam Kuantan Singingi Berdiri
17 Desember 2013 - 11.01 WIB 

TANDATANGAN PRASASTI: Sekda H Muharman disaksikan para pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singi-ngi dan para guru besar menandatangani prasasti diresmikannya Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) di Kebun Nenas, Kuantan Tengah, Senin (16/12/2013). 

KUANSING (RP) - Universitas Islam Kuantan Singingi Berdiri (Uniks) resmi berdiri di Kabupaten Kuantan Singingi, setelah diresmikan oleh Bupati H Sukarmis yang diwakili Sekretaris Daerah Kuantan Singingi Drs H Muharman MPd yang dipusatkan di Kebun Nenas, Desa Jake, Kecamatan Kuantan Tengah, Senin (16/12).

Selain dihadiri Sekda H Muharman, hadir Koordinator Kopertis Wilayah X Sumbar, Riau dan Jambi, Dr Sunardi, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi, Prof Zulfan Saam beserta pengurus lainnya. Tampak hadir, Prof Suwardi MS, Yurdanis, Mardianto Manan, Taswin Yakup, Ilyas Yakup, dan Fahmi Umar Usman.

Kemudian, hadir juga para asisten, kadis, kaban, kabag dan camat di lingkungan Pemkab Kuansing. Lalu, hadir para kepala SLTA se-Kuansing, para pimpinan sejumlah perusahaan, dan juga dari pihak perbankan.

Diramaikan pula peresmian Uniks ini dengan kehadiran ratusan mahasiswa yang sebelumnya berasal dari Sekolah Tinggi Teknologi Unggulan Swarnadwipa (STT-US), Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Swarnadwipa (STIPS) dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI).

Bupati H Sukarmis dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah Kuantan Singingi, Drs H Muharman MPd menyampaikan rasa bahagia dan terharu, karena impian dan cita-cita bersama untuk mendirikan universitas di Kabupaten Kuantan Singingi dapat terwujud.
‘’Alhamdulillah pada hari ini (Senin, red) universitas yang kita cita-citakan bersama dapat terwujud,’’ ujarnya.

Dengan berdirinya Uniks ini, menurutnya, merupakan upaya membangkit batang terendam sekaligus menjadi tonggak sejarah yang menjadi simbol kebangkitan kembali Kabupaten Kuantan Singingi sebagai daerah pendidikan sebagaimana menjadi kebanggaan bersama di masa lalu.
‘’Keberadaan universitas ini merupakan amanah dari salahsatu musyawarah besar masyarakat Kuansing tahun 1999, bersamaan dengan amanah pembentukan kabupaten ini. Amanah ini tentu sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,’’ ujarnya lagi.

Untuk itu, lanjut Muharman, dalam menunjang pengembangan universitas ini selanjutnya, pihaknya berkomitmen akan mendukung sepenuhnya dalam bentuk bantuan operasional dan pembangunan gedung rektorat, ruang kuliah, dan bangunan lainnya yang pada saat ini dalam proses perencanaan untuk dianggarkan dalam APBD 2014.

‘’Saya mengimbau kepada segenap komponen masyarakat Kuansing, baik instansi pemerintah, DPRD, para pengusaha, para pemangku adat, tokoh-tokoh masyarakat, kepala sekolah, dan para orang tua untuk dapat bersama-sama mendukung keberadaan universitas ini sebagai bagian dari simbol-simbol kemajuan daerah kita,’’ imbaunya.

Usai menyampaikan sambutan, Sekda H Muharman langsung menandatangani prasasti berdirinya Uniks di Kuansing. Lalu, dilanjutkan dengan pembukaan selubung papan nama kampus kebanggaan dari masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi ini.

Liusman Saleh Jabat Rektor
Sementara itu, Ir H Liusman Saleh MT resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks), setelah dikukuhkan oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi, Prof Zulfan Saam, yang dipusatkan di Kebun Nenas, Desa Jake, Kuantan Tengah, Senin kemarin.

Selain mengukuhkan Liusman Saleh sebagai Rektor Uniks pertama, bersamaan dengan itu, Prof Zulfan Saam juga mengukuhkan sejumlah pihak rektorat lainnya, seperti Ir Hj Elfi Indrawanis MM menjabat sebagai Wakil Rektor I, Drs H Sarmidin MPdI menjabat sebagai Wakil Rektor II dan Afrizon said SPd SSos MSi menjabat Wakil Rektor III dan pengurus lainnya.
Dalam sambutannya, Prof Zulfan Saam mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Rektor dan jajaran Uniks.
Diharapkan, pihak-pihak yang diberi amanah untuk menjabat di Uniks ini hendaknya mampu mengembangkan universitas ini, yang siap bersaing dengan universitas lainnya yang ada di Riau dan Indonesia


Visi
"Menjadikan Perguruan Tinggi Islam Yang Unggul di Bidang Pengembangan IPTEK Yang terintegrasi Dengan Islam di Sumatera Pada Tahun 2034."
Misi
1.Melaksanakan Pendidikan yang Bermutu
2.Melaksanakan Penelitian untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
3.Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
4.Menjalin Kerjasama dengan Lembaga Lain Dalam Rangka Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi
5.Menyelenggarakan Civitas Akademika Dalam Kehidupan Yang Islami Sehingga Mampu Beruswah Hasanah



Baca Artikel Terkait: