-->

Sabtu, 22 Agustus 2015

Inilah 11 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Ilustrasi : Kampus ITB Bandung yang terkenal dengan Masjid Salman-nya.

 

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi merilis hasil klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia. Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti Patdono Suwignjo mengatakan pemeringkatan ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia.

 

Dalam daftar pemeringkatan yang dirilis Kementerian, posisi teratas diraih Institut Teknologi Bandung, kemudian Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Indonesia. 

 

Patdono berujar, hasil pemeringkatan ini diperoleh dari empat kriteria, yakni kualitas dosen atau sumber daya manusia, kualitas manajemen dan organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Jadi, ucap dia, universitas yang paling rajin memasukkan data-data soal kondisi universitasnya mungkin yang masuk dalam kriteria terbaik ini.

 

"Kami juga ingin mendorong perguruan tinggi mengembangkan kapasitas akademik dan nonakademiknya dengan adanya pemeringkatan ini," tuturnya, Senin (17/08) lalu seperti dikutip Tempo.co. 

 

Patdono menjelaskan, hasil riset ini diambil berdasarkan data yang didapat dari laporan perguruan tinggi Indonesia di Pangkalan Data Perguruan Tinggi dan data eksternal Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) per Desember 2014. Kementerian memberi skor dari skala 1 sampai 4 terhadap pemeringkatan ini.

 

"Pada dasarnya, pemeringkatan ini dibuat agar Kementerian lebih mudah mengembangkan program pembinaan agar tepat sasaran untuk universitas yang ada di Indonesia, baik negeri maupun swasta," kata Patdono.

 

Berikut ini daftar sebelas perguruan tinggi terbaik di Indonesia beserta skornya:

1. Institut Teknologi Bandung (3,743)

2. Universitas Gadjah Mada (3,690)

3. Institut Pertanian Bogor (3,490)

4. Universitas Indonesia (3,412)

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (3,289)

6. Universitas Brawijaya (3,217)

7. Universitas Padjadjaran (3,075)

8. Universitas Airlangga (3,064)

9. Universitas Sebelas Maret (3,035)

10. Universitas Diponegoro (2,983)

11. Universitas Hasanuddin (2,978)

Untuk anak riau, UR kyaknya urut 21 hhe
(Suara islam)




Baca Artikel Terkait: