-->

Sabtu, 19 September 2015

Sapi 'Suci' di India, sumber foto: sirfnews.com

INDIA, – Demi menjaga perdamaian di India, Jumat (18/09), sekelompok cendekiawan Muslim telah meminta masyarakat untuk menghindari mengorbankan sapi di hari Idul Adha, untuk menunjukkan rasa hormat bagi mayoritas Hindu yang menganggap sapi binatang dan makhluk suci.

“Pesan kami adalah bahwa umat Islam tidak harus mengambil hukum di tangan mereka tapi berhenti dari mengorbankan sapi, lembu dan kerbau untuk menjaga perdamaian. Ini juga akan membantu dalam memperkenalkan Islam kepada orang lain,” jelas Syed Hussain Madani, seorang cendekiawan Islam asal india seperti yang dikutip Onislam.

Madani telah mengadakan kampanye itu nasional melalui sosial media, pertemuan, pamflet dan khotbah Jumat di masjid-masjid di negara bagian yang berbeda di India selatan.

Para ulama India juga telah mendesak umat Islam untuk memprioritaskan kepentingan publik lebih dari pada kepentingan mereka sendiri, sebab sebagian besar negara-negara bagian India memiliki hukum ketat terhadap pembantaian sapi. Beberapa  wilayah yang ada di negara tersebut  hanya memberikan pembatasan pada penyembelihan sapi sementara beberapa negara bagian lainya benar-benar melarang itu.

Hukuman bagi penyembelih sapi di wilayah India cukup beragam, dan hukum yang terberat adalah hukuman penjara hingga tujuh tahun dan denda minimal Rs 5000 (US $ 83) untuk membunuh seekor sapi. (Muslim Cahyo/mii/afdhalilahi)




Baca Artikel Terkait: