-->

Sabtu, 03 Oktober 2015


Bulan Juni lalu ketika Google memastikan bahwa update Android berikutnya bakal adalah Android versi 6.0, banyak yang terkejut bahwa Google bakal menghadirkan lompatan software yang cukup jauh dari Android 5.0 Lollipop hanya dalam waktu setahun saja. Namun apa yang mereka sampaikan dalam peluncuran 2 ponsel Nexus baru dari LG & Huawei minggu lalu dijamin bakal membuat Anda tak sabar menantikan perilisan update Android 6.0 Marshmallow, karena deretan fitur terbaru dijamin bakal membuat Android lebih pintar dan bisa diandalkan untuk kegiatan Anda sehari-hari.

Dari sekian fitur baru yang akan hadir, setidaknya ada 7 fitur baru yang tampaknya bakal sangat menyita perhatian bagi para pengguna, yaitu:
Google Now on Tap
Fitur ini bisa dibilang sebagai fitur terdepan di Android Marshmallow. Secara garis besar, fitur baru ini bakal memungkinkan pengguna mengakses Google Now dari manapun; baik dari homescreen maupun ketika sedang membuka aplikasi tertentu.
Jadi misalnya ketika Anda sedang menjalankan sebuah aplikasi tertentu, Anda cukup menekan tombol Home selama beberapa detik (di aplikasi apapun) dan Google Now akan langsung membaca segenap informasi yang ada di tampilan layar, untuk kemudian mencari berbagai macam informasi menarik yang berhubungan dengan aplikasi yang sedang Anda pakai.

Google Now kemudian menampilkan informasi yang didapatkan lewat sebuah kotak popup mungil di bagian bawah layar.
Sebagai contoh lain, misalnya ketika seseorang mengirimkan pesan kepada Anda tentang nama dari sebuah kafe/restoran, Anda cukup membuka Google Now on Tap untuk mengetahui nama lengkap tempat tersebut beserta lokasinya di peta.

App permissions
Fitur baru ini mungkin terkesan membosankan bagi sebagian pengguna, namun keberadaannya merupakan jawaban bagi sejumlah pengguna sejak lama. Seperti yang Anda ketahui, ketika Anda menginstall aplikasi baru dari Play Store, maka aplikasi tersebut akan menyertakan informasi tentang akses ke fitur apa saja yang mereka butuhkan untuk menjalankan aplikasi. Parahnya, Anda cuma sebatas mengetahui tentang akses apa saja yang dibutuhkan, tanpa memiliki kemampuan untuk menentukan apakah aplikasi tersebut bisa mengakses fitur-fitur seperti daftar kontak, galeri foto dll atau tidak.

Lewat update Marshmallow, hal ini bakal berubah. Para developer kini harus meminta ijin untuk tiap-tiap akses yang mereka butuhkan, dan pengguna memiliki kekuasaan lebih dalam membatasi akses privasi dari sebuah aplikasi.

Dukungan native untuk sensor sidik jari
Saat ini fitur sensor sidik jari telah menjadi sebuah fitur yang banyak dijumpai di berbagai produk Android. Namun lewat update Android 6.0 fitur ini bakal hadir di lebih banyak produk, karena kehadiran dukungan native di Android Marshmallow berarti para produsen tak perlu repot-repot menyiapkan pemrograman untuk sensor tersebut lewat riset mereka sendiri.

USB Type-C
Pasca pengumuman MacBook edisi 2015 di awal tahun, sejumlah produsen Android telah ikut memanfaatkan penggunaan port USB Type-C di produk terbaru mereka. Lewat kehadiran dukungan untuk port USB Type-C di Android 6.0, maka besar kemungkinan bahwa produk-produk baru di masa mendatang bakal sepenuhnya beralih menggunakan port dengan model bolak-balik ini. Tak perlu khawatir bahwa charger microUSB lama bakal tak kompatibel, karena Xiaomi telah menyiapkan konektor microUSB - USB Type-C berharga terjangkau.

Doze
Tiap kali sebuah perusahaan mengumumkan update software terbaru, maka bisa dipastikan bahwa fitur baru yang dihadirkan adalah peningkatan daya tahan energi baterai. Untuk Android 6.0 Marshmallow, peningkatan tersebut tampaknya bakal menjadi sebuah fitur yang lebih cerdas dalam manajemen energi baterai ponsel.

Fitur ini bakal memantau rutinitas pemakaian perangkat lalu melakukan sejumlah penyesuaian bagi tiap aplikasi agar bisa sehemat mungkin dalam mengkonsumsi energi baterai.
Contohnya, jika tiap hari Anda jarang memakai tablet di pagi hari karena Anda tinggal di rumah, Android Marshmallow bakal rutin melakukan pause untuk seluruh aplikasi agar tidak menyerap energi baterai secara berlebih. Sekalipun ini berarti bahwa aplikasi yang akan Anda buka di sore hari sepulang kerja tak menampilkan konten yang segar, namun Google menjamin bahwa optimalisasi yang dijalankan Doze bakal membuat waktu standby perangkat meningkat sampai 2x lipat.

Kemampuan cut, copy, & paste yang lebih baik
Tambahan kecil yang juga tak kalah penting di update kali ini adalah kemampuan Android dalam menangani perintah cut & paste tulisan teks dengan lebih baik. Jadi ketimbang langsung menuju teks yang ingin Anda cut/copy, Android bakal mengambangkan opsi tersebut ke atas teks yang telah Anda pilih.

Chrome custom tab
Jika Anda sering memainkan game Android, maka Anda pasti pernah mengalami momen dimana Anda mendadak harus meninggalkan game dan membuka sebuah halaman web di Chrome yang terbuka secara perlahan, sementara Anda harus menunggunya dengan sabar untuk bisa membaca isi konten. Lewat fitur baru ini, Android bakal memungkinkan tiap aplikasi untuk melakukan preload dari tiap konten di halaman web sebelum mengirimkan Anda ke halaman baru tersebut. Hal ini dirancang agar pengalaman Anda ketika membua tab Chrome di aplikasi lain bisa berjalan lebih mulus.(gopego)




Baca Artikel Terkait: