Gempa 7,5 SR Guncang Asia Selatan Berpusat di Afghanistan

ASIA Selatan diguncang gempa 7,5 skala Richter pada Senin (26/10/2015) pukul 09:32 GMT waktu setempat. Pusat gempa berada di 45 kilometer sebelah selatan-barat daya dari Jarm, Afghanistan, dekat perbatasan dengan Pakistan, menurut US Geological Survey.

Menurut pengamat lokal, gempa berlangsung selama lebih dari satu menit. Selain itu, Kementerian Kesehatan Afghanistan menuturkan, tim medis telah dikirim ke daerah-daerah yang paling terkena dampak gempa. Sedangkan, Kepala Umum Angkatan Darat Raheel Sharif telah memerintahkan pasukan militer untuk menyebar ke daerah-daerah berisiko akibat gempa.

Lalu, Ahmed Kamal, juru bicara Pakistan manajemen Otoritas Bencana Nasional (NDMA) menyatakan, semua lembaga penyelamatan telah dipanggil untuk memberikan laporan kerusakan akibat gempa.

Bagian barat laut Khyber Pakhtunkhwa (KP) provinsi Pakistan telah mengalami kerusakan yang paling parah. Sehingga warga diarahkan untuk meninggalkan daerah tersebut.

Menurut pejabat penyelamatan, setidaknya 11 orang meninggal dan lebih dari 100 lainnya mengalami luka-luka di seluruh provinsi KP.

Gempa bumi juga mempengaruhi jaringan telepon seluler di beberapa bagian negara sehingga menghambat upaya pencarian dan penyelamatan. Gempa itu merupakan gempa terkuat yang terjadi di Afghanistan dalam beberapa dekade, demikian World Bulletin. [ry/islampos]

0 Response to "Gempa 7,5 SR Guncang Asia Selatan Berpusat di Afghanistan"