-->

Jumat, 27 November 2015

Al-Quran terjemahan bahasa daerah Banyumas, Minang dan Dayak bakal diluncurkan pada awal Desember 2015. Hal itu dijelaskan oleh Kepala Puslitabang Lektur dan Khazanah Keagamaan, Kementerian Agama, Choirul Fuad Yusuf.

“Ya, benar. Segera dilaunching,” tandas Fuad pada Kamis, lansir Antara.

Menurut rencana, launching Al-Quran terjemahan dalam bahasa Banyumas, Minang dan Dayak itu akan dilakukan pada 3 Desember 2015 oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Menurut Fuad, esensi penerjemahan Alquran ke dalam bahasa daerah itu untuk memperkaya khazanah, memperluas dan mempermudah pemahaman terhadap kitab suci umat Islam, sekaligus upaya melestarikan bahasa daerah sebagai bagian dari sistem budaya lokal. Selain itu, lanjutnya, sebagai upaya untuk mempermudah penerapan ajaran dalam Alquran. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kehidupan keberagamaan, serta terwujudnya umat yang taat beragama, rukun dan cerdas.

Dijelaskannya juga bahwa program penerjemahan Al Quran ke bahasa daerah itu dilakukan sejak tahun 2011. Program ini dilakukan dengan menggandeng sejumlah perguruan tinggi agama Islam




Baca Artikel Terkait: