-->

Senin, 23 November 2015


MUSIM hujan menjadi berkah tersendiri bagi warga Indonesia setelah lama mengalami kekeringan selama musim kemarau. Terutama bagi para petani yang menyambut musim hujan ini karena menjadi tanda bagi mereka untuk memulai masa cocok tanam.

Hujan adalah rahmat dari Allah SWT bagi seluruh makhluknya di bumi. Namun, musim hujan ini bukan hanya membawa kehidupan, jika turun dalam jumlah yang besar maka bukan mustahil bencana banjir akan melanda. Tak hanya itu, kelembaban yang tinggi dan suhu udara yang turun bisa mengundang banyak penyakit yang harus dicegah, di antaranya:

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)
Penyebab DBD adalah virus dengue dan menyebar ke manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Artinya DBD tidak bisa menular langsung dari seseorang ke orang lain tanpa perantara nyamuk tersebut. Nyamuk Aedes aegypti biasanya berkembang biak di daerah berpenduduk tinggi seperti di kota-kota besar yang memiliki iklim lembap dan hangat (Alodokter.com).

2.Leptospirosis
Penyakit ini mencapai puncaknya saat musim hujan atau banjir tiba. Saat itu, virus Leptospira sp dalam urine tikus menyebar lewat air dan masuk ke tubuh melalui kulit atau selaput lendir. Selanjutnya terjadi perbanyakan sehingga bakteri bisa menyebar ke berbagai jaringan tubuh, terutama ginjal dan hati.

3. Diare
Penyakit ini ditandai buang air besar cair berkali-kali ini disebabkan beberapa bakteri seperti Shigella dysentria, Salmonella Spp, Compylobacter jejui, Escherichia coli (E coli), dan Entamoeba histolytica.

4. Tifus
Penyakit ini ditandai dengan demam yang tinggi yang diakibatkan virus salmonella typhy. Virus ini bisa menyebar lewat lalat, makanan, atau minuman yang terkontaminasi oleh virus salmonella typhy.

5. Flu
Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan penderita di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, kehilangan nafsu makan, serta sakit tenggorokan. Gejala flu akan bertambah parah selama 2-4 hari sebelum akhirnya membaik dan sembuh.

Untuk menghindari hal tersebut baiknya kita mengonsumsi makanan bergizi dan memelihara kondisi tubuh agar sistem imunitas mampu melawan segala penyebab penyakit yang datang saat musim hujan tiba.




Baca Artikel Terkait: