-->

Senin, 23 November 2015


Rice Harvesting in India

PADI dipercaya sebagai hasil pertanian terpenting di dunia, karena menjadi makanan pokok untuk separuh penduduk bumi. Salah satunya negeri ini, karena mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Mahabenar Allah SWT yang berfirman, “Jika kalian menghitung nikmat Allah niscaya kalian tidak akan dapat menghitungnya,” (QS Ibrahim: 34).

Benar, nikamat Sang pencipta tak terhitung. Bila kita lihat banyak sekali nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita selaku hambaNya. Dari mulai kebutuhan akan kesehatan hingga kebutuhan makanan pun telah Allah penuhi. Sebagai buktinya, Allah ciptakan berbagai jenis tumbuhan obat hingga pangan, betapa besar keesaaNya.

Marilah kita belajar dari tanaman padi. Dari atas hingga bawah ia dapat di manfaatkan. Ini menunjukan betapa nikmat Allah SWT tak terbatas dan tak terhitung. Kita lihat manfaat dari atas hingga bawah tanaman padi.

Pertama, buah (biji) padi sering disebut beras, dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber utama makanan. Beras mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan energi bagi tubuh.

Kedua, dedak atau bekatul. Biasanya dimanfaatkan untuk mekanan unggas atau ternak. Bekatul atau dedak mengandung beragam jenis vitamin B.

Ketiga, kulit padi atau sekam. Dapat dimanfaatkan sebagai abu gosok, bahan bakar untuk menyalakan api, sebagai media tanam, dan juga dapat digunakan sebagai bahan baku kertas.

Keempat, tangkai padi atau jerami. Biasanya untuk bahan baku: kertas, tikar, topi, dan kerajinan lainya. Tangkai padi atau jerami bisa dimanfaatkan sebagai makanan ternak, dan juga media tanam jamur.

Referensi: Ensiklopedi Pengobatan Islam/Sya’ban Ahmad Salim/Pustaka Arafah/2012




Baca Artikel Terkait: