Ruginya Jadi Si Pemalas


HARI gini masih malas? Wah, apa kata dunia!. Yap, menjadi seorang pemalas tidak ada keuntungan sedikitpun buat kamu. Sebaliknya, menjadi seorang pemalas justru akan mendatangkan kerugian buat hidup kamu lho. Ih sereem kan?..

Ada beberapa kerugian yang bakal diderita seorang pemalas dalam hidupnya. Berikut kerugiannya:

1. Pahalanya diserobot orang
Pemalas biasanya mengandalkan orang lain untuk membantunya. Itu berarti jatah pahalanya bakal ‘diserobot’ orang lain. Rugi banget kan?

2. Nggak bakal dipercaya orang lain
Mana ada orang yang suka dan percaya pada pemalas, Orang malas aja males ogah mempekerjakan dan mempercayakan kerjaannya pada sesama pemalas. Iya, nggak?

3. Bakal jadi orang bodoh
Pemalas identik dengan malas belajar dan berkembang. Akhirnya ia bakal jadi orang yang anti-inovasi, bakal jadilaggards, ketinggalan informasi, dankudet alias kurang up-date.

4. Gampang dijajah orang
Nggak perlu jauh-juah, lihat deh bangsa sendiri. Orang Indonesia itu pikirannyawestern-minded, selalu berkiblat ke Barat. Urusan teknologi, ekonomi sampai militer kita sudah tergantung pada Barat. Itukan kemalasan. Akhirnya mereka leluasa ngacak-ngacak bangsa ini.

5. Susah masuk surga
Gimana bisa masuk surga kalau malas beribadah, shalat malas, puasa bocor, mau haji takut capek dan duitnya habis, tapi pengen banget masuk surga. Wah itu mah seperti punuk merindukan bulan alias tidak akan mungkin masuk surga, orang dia malas melakukan kebaikan apapun, kan?.

Gimana, kamu mau tetap menjadi orang pemalas juga? Kalau kamu nggak mau rugi, ayo move on menjadi orang yang lebih baik lagi. []

Sumber: Motivasi Nafsiyah Pengokoh Jiwa Nan Gundah. M.Rahmat Kurnia, M.Iwan januar. Bogor: Al Azhar Freh Zone

close