-->

Kamis, 07 Januari 2016



Pengobatan Alami, Ketahui 5 Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

AFDHALILAHI.COM - Manfaat biji pepaya ternyata tidak boleh dianggap sebelah mata, bagian dari pepaya yang biasa di buang ini ternayata efektif untuk beberapa keluhan kesehatan tubuh. Sementara kebanyakan orang membuangnya, namun ada beberapa orang yang memanfaatkan biji pepaya untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat yang unik.

Perlu diingat meskipun mengunyah setengah sendok teh biji pepaya tetapi rasanya tidak seperti makan buah pepaya. Biji pepaya memiliki rasa yang kuat, lebih seperti persilangan antara mustard dan merica hitam. Jika bisa mengatasinya, biji pepaya ini menyimpan beberapa manfaat kesehatan dan telah diikuti oleh beberapa orang, sebagai cara yang menarik untuk menambahkannya dalam asupan makanan.


1. Biji Pepaya Untuk Mencegah infeksi parasit dan lainnya

Seperti manfaat buah pepaya hijau, biji pepaya juga mengandung enzim proteolitik yang tinggi yang membantu membersihkan tubuh dari parasit. Dengan cara yang sama bahwa papain memecah limbah protein, yang dapat memecah parasit dan telurnya. Tingkat enzim pencernaan dalam makanan anda, juga diyakini membantu membersihkan saluran pencernaan, sehingga mencegah keberadaan cacing dan parasit lainnya. Benih dari pepaya juga mengandung alkaloid anthelmintik unik yang disebut carpaine yang telah terbukti sangat efektif dalam membunuh cacing parasit dan amuba.

2. Biji Pepaya Untuk Membantu Pencernaan

Terkait dengan zat papain yang terkandung dalam biji papaya, hal ini sangat baik untuk membantu enzim pencernaan yang dapat membantu membersihkan saluran pencernaan.

3. Biji Pepaya Ampuh Mengobati sirosis hati

Sirosis hati adalah penyakit yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan selama bertahun-tahun, dimana hati menjadi menyusut dan mengeras. Dalam keadaan ini tidak akan efektif untuk menghilangkan racun dari tubuh karena akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Manfaat biji pepaya sering dilaporkan sebagai pengobatan yang efektif untuk sirosis hati.

Cara Penggunaan

Salah satu metodenya adalah dengan menggiling sekitar lima biji kering dalam gilingan merica atau menghancurkan dengan lesung atau alu. Campuran dengan satu sendok makan air jeruk nipis segar. Namun berkonsultasi dahulu dengan dokter yang sedang merawat sirosis hati anda.

4. Biji Pepaya Dapat Mengatasi Uban

Bubuk biji pepaya yang dikeringkan dan telah ditumbuk halus dipercaya dapat membantu menghilangkan uban di rambut. Gunakan secara rutin untuk pada saat mandi lalu keramas dengan air bersih agar uban hilang dan tidak menjadi jadi.
Efek Samping

Walaupun manfaat biji pepaya untuk kesehatan telah dikembangkan, namun ada beberapa yang harus anda perhatikan efek sampingnya. Sebagai tindakan pencegahan, wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi biji pepaya. Ada juga beberapa penelitian hewan yang dapat menunjukkan pengurangan terhadap kesuburan seorang pria. Terlepas dari itu, karena substansi dan dengan efek fisiologis yang kuat, maka yang terbaik adalah jangan mengkonsumsi biji pepaya secara terus menerus selama beberapa bulan.

5. Sikat Racun dan Kolesterol dengan Kopi Biji Pepaya

Tak banyak yang tahu bahwa biji pepaya yang biasa kita buang, ternyata punya segudang manfaat. Salah-satunya, untuk menyingkirkan racun-racun yang menumpuk di usus dan lever kita. Penelitian menunjukkan, racun bisa menumpuk hingga seberat delapan kilogram dalam usus kita.

Ekstrak biji pepaya bahkan mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal. Biji pepaya juga mampu membunuh parasit dalam bersarang dalam pencernaan.

Dokter Wahyu Triasmara, dalamClub Diet Sehat Bersama dr. Wahyu Triasmara - DrW, di Facebook pada 28 Februari 2015, menjelaskan, biji pepaya juga mengandung zat antikolesterol yang hebat.

Mengkonsumsi biji buah pepaya juga bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah. Ini teruji dalam penelitian mengenai jus biji buah pepaya, secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL.

Ekstrak biji pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides. Dengan adanya kandungan ekstrak tersebut, biji pepaya ini mempunyai efek hipolipidemia dan antioksidan dalam darah yang luar biasa.

Efek hipolipidemia ini, sangat berguna bagi terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan adanya lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi. Adapun, saponin yang ada dalam biji pepaya, bermanfaat untuk menurunkan aktifitas kolesterol serum seperti aksi resin, yaitu dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu.

“Melalui penghambatan reaksi oksidasi kolesterol LDL ini maka dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Kandungan Fitokimia memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit. Sementara Flavonoid merupakan antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas," jelasnya.

Lalu, bagaimana cara untuk bisa mengkonsumsi biji pepaya yang menyehatkan itu? Ada dua cara. Pertama, biji pepaya itu diblender dan disajikan seperti kita membuat jus. Kedua, dengan mengeringkannya, dan meblendernya, sebelum kemudian menyeduhnya seperti kita menyeduh kopi.

Untuk cara kedua, begini langkah yang harus dilakukan.

1. Cuci biji pepaya, lantas jemur 2-3 hari.
2. Setelah kering, blender/tumbuk biji pepaya tersebut hingga jadi serbuk.
3. Ambil satu sendok teh serbuk dan campur dengan satu gelas air hangat. Bisa dicampurkan dengan madu atau sedikit gula agar rasanya lebih nikmat. (Atau bisa dibuat Jus langsung campur daging buah pepaya dengan bijinya dan minum 1-2 gelas jus biji pepaya tersebut setiap hari).

"Buktikan dalam 14 hari pencernaan anda makin sehat tubuh makin bugar. Saya dan keluarga sudah mencobanya, orang tua saya yang sebelumnya kolesterol 270, dalam 10 hari menjadi 170. Pasien saya pun telah menerapkan metode ini. Aman dan alami…," pungkas dokter Wahyu.
Kandungan Gizi Biji Pepaya

Biji pepaya dengan tingkat carpaine, papain dan enzim pencernaan lainnya sangat kuat ini, tidak perlu banyak dikonsumsi pada satu waktu dan dipastikan tidak layak untuk kesehatan tubuh. Jadi sangat penting untuk memanfaatkannya dengan konsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter terkait.

Pepaya memang buah yang sangat super sekali, mulai dari buah, biji, hingga daunnya sangat ampuh dan bermanfaat bagi manusia. Manfaat daun pepaya juga telah terkenal untuk mengobati demam berdarah. [manfaat/tribun/voa-islam/afdhalilahi.com]



Baca Artikel Terkait: