-->

Minggu, 03 Januari 2016

Jakarta Meskipun diproduksi pada tahun 2013, namun film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck masih lekat dalam ingatan. Setelah ditayangkan di SCTV, Sabtu (2/1/2016) Tenggelamnya Kapal Van der Wijck kembali dikenang. Berikut Bintang.com rangkumkan lima alasan Tenggelamnya Kapal Van der Wijck layak menjadi salah satu karya terbaik anak bangsa.

Diadaptasi dari novel sastra Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Buya Hamka. Banyak kisah film yang diadaptasi dari novel. Yang membedakan adalah, film ini diadaptasi dari novel klasik yang diterbitkan pertama kali pada tahun 1938. Kalau bukan karena cerita yang menarik tentu akan ditelan oleh zaman. Tapi waktu telah membuktikan bahwa novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck selalu dicintai pembacanya.

Akting Pevita Pearce dalam film 'Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck'. Foto: Soraya Intercine Film.

Keindahan dialog dan dialeg. Film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck memiliki dialog yang indah untuk dituturkan oleh pemainnya. Budaya Minang yang diangkat dikenal sebagai budaya yang suka melantunkan kata-kata lewat pantun dan gurindam. Percampuran kebudayaan Minang dan Makassar membuat film ini lebih indah. Kita akan menyadari kekayaan bangsa Indonesia lewat bahasa daerah di film ini.

Efek visual yang memikat. Karena bersetting lawas, tentu saja butuh usaha besar bagi sutradara Sunil Soraya untuk membangun setting film ini. Bahkan rumah produksi Soraya Intercine Films membuat kapal khusus untuk syuting film ini. Ditambah dengan CGI, film ini memberikan penampakan lawas yang cantik.

Akting Pevita Pearce dalam film 'Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck'. Foto: Youtube

Totalitas peran Herjunot Ali, Reza Rahadian, dan Pevita Pearce.Bagaimana bisa Anda melupakan akting ketiganya? Masing-masing memiliki kemampuan akting jempolan. Selain itu, make up dan wadrobe mereka sangat mendukung akting mereka untuk mendapatkan suasana lawas.

Terakhir, yang membuat Tenggelamnya Kapal Van der Wijck menarik adalah soundtrack-nya.Soundtrack besutan Nidji begitu menyayat hati para penonton. Musik menjadi elemen terpenting dalam film ini karena musik memandu kita untuk memahami dengan lebih mudah perasaan karakter dalam film ini./bintang.com




Baca Artikel Terkait: