-->

Sabtu, 14 Mei 2016

Jakarta - Industri TI (teknologi informasi) dipandang sebagai industri yang dinamis dan menjanjikan di era digital seperti ini. Tak heran, banyak pencari kerja tertarik untuk bekerja di perusahaan TI.

Jobplanet sebagai platform komunitas yang menampilkan informasi review perusahaan, gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara, mengadakan riset untuk mencari tahu tingkat kesulitan wawancara kerja di perusahaan TI di Indonesia.

Dalam riset ini, Jobplanet menggunakan sampel 900 perusahaan TI yang telah terdaftar dalam situsnya dan menganalisis informasi dari 3.500 orang responden yang pernah menjalani proses wawancara di perusahaan TI yang masuk dalam sampel. 

Seluruh informasi dikumpulkan sejak Agustus 2015 hingga akhir April 2016 melalui situs Jobplanet.com. Hasil menemukan, ada 10 perusahaan TI dengan tingkat kesulitan wawancara paling tinggi.

PT Microsoft Indonesia, PT Google Indonesia, PT Global Digital Niaga (Blibli.com), dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) ada di antaranya.

Selain itu, Jobplanet juga menganalisis tingkat kepuasan karyawan di sepuluh perusahaan tersebut untuk mencari tahu korelasi antara tingkat kesulitan wawancara di suatu perusahaan dengan tingkat kepuasan para karyawan di perusahaan tersebut.

Berikut daftar sepuluh perusahaan TI dengan tingkat kesulitan wawancara tertinggi, beserta dengan tingkat kepuasan karyawan mereka.



Tingkat kesulitan wawancara kerja dalam platform Jobplanet dinilai dari skala 1 hingga 5. Nilai 1,0 mewakili 'sangat mudah', 3,0 mewakili 'sedang', dan nilai 5,0 mewakili 'sangat sulit'. Secara keseluruhan, rata-rata tingkat kesulitan wawancara di perusahaan TI adalah 2,6.

Selain itu, tingkat kepuasan karyawan di platform Jobplanet dinilai dari skala 1 hingga 5, di mana nilai 1,0 mewakili 'sangat tidak puas', 3,0 mewakili 'cukup puas', dan nilai 5,0 mewakili 'sangat puas'. Secara keseluruhan, rata-rata tingkat kepuasan karyawan di perusahaan TI adalah 3,34.

"Sepuluh perusahaan TI tersebut dinilai oleh para pengguna Jobplanet.com memiliki tingkat kesulitan wawancara paling tinggi, atau cukup jauh di atas rata-rata tingkat kesulitan wawancara di perusahaan TI secara keseluruhan yang sebesar 2,6," ungkap Chief Product Officer Jobplanet Indonesia Kemas Antonius.  

Melalui riset ini, Jobplanet juga menemukan korelasi antara tingkat kesulitan wawancara kerja dengan tingkat kepuasan karyawan di suatu perusahaan. 

Perusahaan yang dikenal memiliki reputasi bagus, biasanya memiliki tingkat kepuasan karyawan yang tinggi, karena dinilai memberikan kesejahteraan yang baik bagi para karyawannya. 

Selain itu, semakin bagus reputasi suatu perusahaan, akan semakin ketat pula proses rekrutmen karyawan di perusahaan tersebut.

"Berdasarkan analisis kami, sepuluh perusahaan TI dengan tingkat kesulitan wawancara kerja yang cukup tinggi itu juga memiliki tingkat kepuasan karyawan yang terbilang tinggi dan di atas rata-rata," pungkas Kemas.




Baca Artikel Terkait: