Ingin Mudik Gratis dengan Kereta Api, Baca Dulu Info Berikut

Warga meninggalkan ruangan usai mendaftarkan diri sebagai peserta mudik gratis pengguna sepeda motor di Kementerian Perhubungan, Jakarta.

     
JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemnehub) kembali menggelar program mudik gratis. Pendaftaran mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bisa diakses secara daring (online) mulai Jumat (13/5) sampai dengan 12 Juni 2016 melalui melalui portal mudikgratis.dephub.go.id.

Selain dengan moda angkutan jalan, Kemenhub juga telah membuka pendaftaran mudik gratis pengguna sepeda motor dengan menggunakan kereta api pada 8 Maret 2016 sampai dengan 6 Juni 2016.

Pada 2015 lalu, kuota subsidi angkutan mudik motor gratis menggunakan angkutan kereta api sebesar 9.900 motor, sedangkan pada 2016 jumlah tersebut mengalami peningkatan menjadi 15.834 motor.

Penyelenggaraan mudik motor gratis dengan kereta api tahun ini menawarkan tiga lintasan tujuan yaitu, lintas utara dimana kereta api akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, dan berakhir di Stasiun Surabaya Pasarturi.

Selanjutnya, pada lintas selatan 1 di mana kereta api akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Kutoarjo. Sedangkan lintas terakhir yaitu lintas selatan 2 di mana kereta api akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solojebres, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Kediri.

"Kementerian Perhubungan menyelenggarakan mudik gratis pemudik sepeda motor 2016 untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan selama masa penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016 sehingga keselamatan dan kenyamanan mudik lebaran dapat terlaksana dengan baik," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik kemenhub Hemi Pamurahardjo di Jakarta, Kamis (12/5).(Republika Online)

0 Response to "Ingin Mudik Gratis dengan Kereta Api, Baca Dulu Info Berikut"