-->

Rabu, 18 Januari 2023

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Jitu

Kenapa Hape Cepat Panas? – Beberapa dari kamu mungkin pernah merasakan panas yang berlebihan (overheat) pada smartphone atau tablet yang kamu gunakan. Bukan cuma kamu kok, karena beberapa orang lain pun juga pernah mengalami hal yang sama.

Penyebab dari perangkat yang cepat panas sangatlah beragam, bisa terjadi karena terdapat masalah pada hardware, atau tak jarang pula yang disebabkan karena kesalahan dari kita sendiri. Biasanya, perangkat yang mengalami panas berlebih ini juga akan mengalami gejala baterai menjadi lebih boros karena memang suhu yang tinggi akan menurunkan kinerja baterai.

Apapun yang menjadi penyebabnya, masalah seperti ini tidak boleh dianggap remeh karena jika terlalu lama dibiarkan, panas yang berlebih akan menimbulkan efek samping pada perangkat seperti misalnya mempercepat kerusakan baterai atau bahkan mempercepat kerusakan perangkat itu sendiri.

Untuk itu kamu sangat perlu untuk menghindari panas berlebih pada perangkat yang kamu miliki jika ingin perangkatmu bisa berumur panjang. Nah untuk itu di posting ini mimin akan membahas tentang hal apa saja yang bisa menyebabkan suhu perangkat menjadi naik serta beberapa tips dan trik mengatasinya, khususnya untuk perangkat yang menggunakan sisitem operasi Android. Daripada penasaran, mendingan kita langsung keKUA TKP yuk!
Ketahui Penyebabnya

Tentunya kita tidak akan bisa mengatasi masalah tanpa mengetahui penyebabnya. Cari tau penyebab yang mungkin bisa menjadi biang dari terjadinya overheat pada gadget tersebut. Perhatikan hal-hal berikut :

1. Kesalahan penggunaan

Terlalu sering menggunakan gadget untuk sms, telpon berlama-lama, chatting atau browsing. Atau bermain game terlalu lama juga bisa menyebabkan overheat, karena prosesor, GPU, dan komponen lainnya harus bekerja ekstra yang tentunya juga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, sehingga suhu baterai ikut meningkat karena aktivitas tersebut. Meski demikian, perlu dicatat bahwa sumber panas bukanlah sepenuhnya berasal dari baterai, tetapi yang paling sering menyebabkan panas adalah prosesor dari perangkat.


Solusi : Gunakanlah perangkatmu sewajarnya. Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan daya baterai lebih cepat terkuras alias boros. Pemakaian wajar juga bisa membantu menghemat baterai gadget milikmu. Untuk tips lain tentang penghematan baterai bisa kamu baca di halaman tips menghemat baterai smartphone Android.

2. Kondisi cuaca atau area sekitar, serta panas dari luar gadget itu sendiri

Kondisi ruangan yang pengap atau gerah juga bisa mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada gadget. Cara memegang yang salah juga bisa mempercepat naiknya suhu pada gadget.


Solusi : Sebaiknya gunakan gadget di area yang lebih sejuk jika ingin menggunakannya untuk hal-hal yang cukup berat seperti bermain game, browsing dll. Lalu saat menggunakan gadget (smartphone), cobalah untuk memberikan ruang khususnya pada bagian belakang perangkat agar ia mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik.

Terlalu erat menggenggam bagian belakang perangkatmu, terutama saat menggunakan telapak tanganmu, akan menyebabkan panas dari dalam gadget tidak dapat terlepas sempurna karena tertahan oleh telapak tangan. Ingat, ini hanyalah sebuah gadget, bukan tangannya mantan! Jadi kamu tak perlu menggenggamnya terlalu erat.

3. Kekuatan sinyal atau jaringan yang kamu gunakan

Kekuatan sinyal juga berpengaruh pada naiknya suhu pada gadget. Jaringan atau sinyal yang lemah dan tidak stabil akan membuat gadget lebih cepat panas terutama jika digunakan untuk browsing. Hal ini terjadi karena gadgetmu akan terus mencari jaringan yang lebih baik jika sinyal yang didapatnya terlalu lemah yang (sekali lagi) menyebabkan gadget harus bekerja ekstra.


Solusi : Jika ingin browsing dengan gadget kesayangan, sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, sering kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok, sehingga sinyal yang diterima oleh gadget menjadi lemah. Terlalu memaksakan memilih jaringan (dengan mengunci jaringan di 4G atau 3G Only misalnya) juga bisa menyebabkan gadget menjadi cepat panas.


Jika ternyata di tempatmu tak memiliki cover jaringan yang cukup kuat, maka sebaiknya kamu tak memaksakan untuk melakukan penguncian jaringan.

4. WiFi dibiarkan menyala saat berada diluar jangkauan

Membiarkan konektivitas WiFi tetap menyala saat berada diluar jangkauan WiFi yang kamu gunakan juga merupakan salah satu penyebab mengapa suhu perangkat menjadi lebih tinggi, meski pengaruhnya tidaklah terlalu besar. Hal itu karena perangkat akan terus melakukan scan untuk menemukan konektivitas WiFi di sekitarnya jika ternyata jaringan yang digunakannya (sebelumnya) telah berada diluar jangkauan.


Solusi : Jika kamu menggunakan jaringan WiFi di rumah atau kantor untuk dapat terkoneksi dengan internet, maka jangan lupa untuk mematikan konektivitas WiFi pada perangkat kesayanganmu ketika kamu ingin bepergian. Hal ini akan sedikit menghemat baterai dan juga membantu mencegah naiknya suhu perangkat meski memang konektivitas selular (3G/EDGE dll) juga akan menaikkan suhu perangkat dengan cepat. Setidaknya hal ini dilakukan untuk meminimalisir.

5. Terlalu banyak aplikasi melakukan proses di background

Sering kali aplikasi yang kita jalankan sebelumnya masih tetap melakukan proses “dibalik layar” atau di background. Memang hal ini bukanlah sebuah masalah jika kapasitas RAM masih mencukupi untuk menampung mereka semua, namun akan menjadi masalah ketika data dari aplikasi yang berjalan melebihi kapasitas RAM yang ada sehingga akan lebih membebani kinerja prosesor.

Melakukan proses disini maksudnya adalah aplikasi masih benar-benar aktif karena sebelumnya kita tidak menutup aplikasi melainkan hanya me-minimize nya saja sehingga aplikasi akan terus memaksa prosesor untuk bekerja. Contoh yang biasa mimin alami adalah ketika membuka browser dengan beberapa tab sekaligus, namun mimin lupa menutupnya karena mimin kemudian membuka aplikasi lain sehingga ketika mimin membuka kembali aplikasi browser, ia akan menampilkan konten yang sama seperti terakhir kali mimin membukanya lengkap dengan beberapa tab yang mimin buka sebelumnya.


Solusi : Gunakanlah tombol “back” atau menu “exit” setelah menggunakan aplikasi. Jangan gunakan tombol “Home” (biasa terletak di bagian tengah antara “menu” dan “back” pada gadget Android) untuk menutup aplikasi. Karena jika kamu menggunakan tombol Home, aplikasi tetap akan berjalan dibalik layar sehingga akan membebani kinerja prosesor dan RAM yang (sekali lagi) mengharuskannya bekerja ekstra.


Selain bisa mempercepat naiknya suhu gadget, hal tersebut juga bisa membuat gadget yang kamu gunakan menjadi lemot khususnya untuk perangkat yang memiliki kapasitas RAM kecil. Untuk memastikan bahwa kamu telah menutup aplikasi dengan benar, maka cobalah untuk menghapus semua daftar aplikasi yang berada di recent apps, seperti yang sudah mimin jelaskan pada tulisan berjudul Cara mudah menutup aplikasi Android.

6. Kerusakan baterai

Baterai yang sudah terlalu lama digunakan umumnya akan mengalami kerusakan yang ditandai dengan kembungnya baterai, keluarnya cairan dari baterai dll, terutama untuk baterai berjenis Li-Ion yang “masa hidupnya” ditentukan oleh seberapa sering ia di isi ulang.



Solusi : Gantilah baterai tersebut karena jika dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada gadget itu sendiri. Gunakanlah baterai original untuk menjamin kualitas.

7. Utamakan menggunakan WiFi

Memilih menggunakan konektivitas via Wi-Fi dapat membantu mengurangi resiko perangkat mengalami kepanasan atau overheat sehingga mimin lebih menyarankan untuk kamu agar lebih mem-prioritaskan untuk menggunakan Wi-Fi ketimbang koneksi via seluler langsung.

Jika hal diatas tidak membantu dan kamu masih merasa ada gangguan pada suhu gadget, ada baiknya kamu bawa ke service center terdekat karena bisa jadi ada kesalahan pada gadget itu sendiri entah dari segi hardware maupun software.



Nah itulah beberapa penyebab kenapa perangkat yang kita gunakan cepat panas serta beberapa tips untuk mengatasinya. Jika kamu sudah mengetahui beberapa penyebabnya, mimin harap nantinya kalian bisa mengatasi masalah ini dengan sendirinya.
sourche: http://techijau.com/



Baca Artikel Terkait: