-->

Rabu, 26 Oktober 2016

10 Oleh-oleh Khas Malang

Malang yang merupakan sebuah kota di Jawa Timur dengan jumlah tempat wisata yang terus bertambah ini memang membuat nyaman siapa pun yang datang berkunjung. Ke Malang jangan cuma asyik sendiri, sebaiknya Anda juga pulang membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah agar bisa turut menikmati kota ini juga meski tak mengunjunginya secara langsung.

Agar tidak salah pilih oleh-oleh yang tepat, berikut 10 oleh-oleh khas Malang yang tak boleh Anda lewatkan:

Gbr: anekawisata.com
1. Apel

Kota Malang selalu identik dengan buah apelnya. Tak mengherankan jika buah yang satu ini pun selalu menjadi primadona oleh-oleh khas. Terdapat dua jenis apel di kota ini yang populer yaitu apel manalagi dan apel ana. Apel manalagi berbentuk bulat dengan warna hijau dan rasanya manis segar. Hal ini berbeda dengan apel ana yang berbentuk sedikit lonjong dengan semburat warna merah dan rasanya lebih asam.

Buah apel sangat mudah sekali ditemui di Malang. Anda bisa membelinya di kawasan agrowisata, pasar dan juga pedagang buah pinggir jalan. Jangan lupa menawar agar bisa mendapat harga yang lebih terjangkau ya.

2. Sari Apel

Cara lain membawa buah apel sebagai oleh-oleh adalah dengan membelinya dalam bentuk sari buah. Sari buah ini dibuat dari apel segar pilihan. Apel terlebih dahulu dicuci dan dibuang bijinya. Setelah itu, apel masuk ke mesin peras yang akan memisahkan sari buah dari ampasnya. Jenis apel yang biasa digunakan adalah apel romebeauty dan apel manalagi.

Terdapat banyak sekali produsen sari buah apel ini. Anda tentunya harus pintar-pintar memilih mana yang tidak menggunakan pemanis buatan dan tanpa tambahan bahan pengawet. Sari buah apel ini bisa Anda temukan di banyak pusat oleh-oleh dan juga kawasan tempat wisata di Malang.

3. Aneka Pastry Buah di Malang Strudel

Inilah adalah oleh-oleh terbaru dari Malang. Resmi dibuka akhir 2014, Malang Strudel menyediakan Strudel berbagai varian rasa. Strudel sendiri merupakan pastry atau kue berlapis dengan isi aneka buah. Di sini, selain menemukan Strudel isi apel, Anda juga bisa menemukan strudle dengan varian lain seperti stroberi, mix fruit, pisang dan nanas.

Penasaran dengan rasa oleh-oleh baru khas Malang ini? Langsung saja datang ke Malang Strudel yang berlokasi di Jalan Ardimulyo Nomor 14, Singosari.

4. Aneka Keripik Buah

Tanah yang subur membuat lahan di Malang cocok untuk budidaya buah apa pun. Panen buah yang melimpah membuat warga Malang harus putar otak agar buah masih bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama. Akhirnya, terciptalah aneka keripik buah khas kota Malang.

Beragam buah bisa dikreasikan menjadi keripik. Buah yang sebelumnya juicy dan segar, ternyata melalui proses panjang bisa jadi garing dan renyah. Beberapa keripik buah yang bisa Anda temukan di antaranya adalah keripik apel, nangka, salak, kelengkeng, rambutan dan semangka.

Keripik buah tersedia dalam beragam merek dagang. Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh dan juga kawasan tempat wisata di Malang.

5. Keripik Tempe

Selain buah apel, Malang juga dikenal sebagai penghasil tempe. Anda bisa dengan mudah menemukan keripik tempe ini hampir di setiap sudut kota Malang. Ingin merasakan pengalaman membeli keripik tempe yang berbeda? Datang saja ke Kampung Sanan yang terletak di Kecamatan Belimbing.

Kampung Sanan dikenal sebagai sentra penghasil keripik tempe di Malang. Hampir semua warga di sini memiliki bidang usaha tak jauh dari produksi keripik tempe mulai dari pemasok tempe, pengiris tempe sampai pembungkus keripik tempe.

Keripik tempe khas Kampung Sanan hadir dalam berbagai varian rasa seperti keju, barbeque, rumput laut, pizza dan jagung manis.

6. Keripik Ceker

Tak hanya keripik buah dan keripik tempe, Malang juga ternyata punya keripik ceker istimewa. Oleh warga Malang, ceker ayam diolah menjadi keripik yang garing, renyah dan rasanya gurih nikmat. Keripik ceker dipercaya mengandung banyak kebaikan bagi tubuh seperti asam amino, kolagen dan kalsium.

Keripik ceker dapat Anda temukan di banyak pusat oleh-oleh khas Malang. Keripik ini dikemas dalam berbagai ukuran, silakan pilih ukuran yang paling sesuai dengan Anda.

7. Aneka Olahan Telo di Repoeblik Telo

Berada di perbatasan Malang � Pauruan, Repoeblik Telo hadir menawarkan aneka kuliner dengan bahan telo atau yang biasa dikenal dengan ubi. Telo yang menjadi bahan utama berbagai jajanan di sini adalah telo ungu. Beberapa produk olahan telo di antaraya bakpao, es krim, keripik, pizza dan nugget.

Selan membelinya sebagai oleh-oleh, Anda juga bisa menikmati berbagai jajanan ini di tempat. Pusat oleh-oleh yang berlokasi di Jalan Raya Purwodadi No. 1 Lawang ini menyediakan tempat bersantap yang nyaman dengan fasilitas free WiFi.

8. Pia Mangkok

Kue pia tak hanya Anda temukan di Yogyakarta, Malang juga punya pia khas yang disebut pia mangkok. Pia mangkok cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena mampu bertahan sampai 2 minggu dari masa produksi, jadi sebaiknya saat membeli Anda minta pia mangkok yang baru diproduksi di hari tersebut.

Toko yang menjual pia mangkok terletak di Jalan Semeru 25. Pia ini terdiri dari berbagai varian rasa seperti keju, durian, cokelat dan kacang hijau.

9. Frozen Bakso

Menikmati bakso di kota aslinya memang sangat nikmat. Menyantap bakso hangat di tengah udara kota Malang yang sejuk cenderung dingin bisa menjadi pengalaman tak terlupakan. Untuk menghindari kerinduan Anda pada bakso Malang setibanya di rumah nanti, jangan lupa membeli bakso beku atau frozen bakso.

Salah satu tempat yang menyediakan oleh-oleh ini adalah Bakso President yang berlokasi di Jalan Batanghari. Selain bakso beku yang tahan sampai hitungan bulan jika disimpan di dalam lemari es, tempat wisata kuliner ini juga menyediakan bumbunya. Nantinya, Anda bisa membuat bakso Malang sendiri di rumah.

10. Keramik Dinoyo

Oleh-oleh berupa camilan sudah terlalu mainstream? Datang saja ke Jalan MT Haryono XI. Di sini, terdapat deretan toko yang menjual keramik khas Malang atau yang biasa disebut dengan Keraik Dinoyo. Sedikitnya terdapat 30 toko kerajinan yang menjual berbagai jenis keramik mulai dari mug, vas bunga, piring, guci, asbak sampai hiasan meja dan dinding.




Baca Artikel Terkait: