-->

Sabtu, 21 Januari 2023

Bagi sebagian dari Anda, mungkin sudah tidak asing lagi dengan peralatan yang satu ini. Peralatan yang pada umumnya terdapat dalam sebuah bengkel kerja ini, memiliki sistem kerja yang berkaitan secara penuh dengan angin dan tekanan udara, dimana dengan tekanan udara inilah alat yang satu ini dapat digunakan sebagai salah satu alat bantu kerja dalam sebuah bengkel kerja. Alat yang oleh banyak orang disebut dengan kompresor ini, memang biasanya akan terdapat dalam suatu bengkel kerja, tidak hanya bengkel kendaraan bermotor, namun bengkel las pun kerap kali menggunakan alat yang satu ini sebagai media bantu kerja mereka. Dengan memanfaatkan sistem tekanan udara untuk menghasilkan tekanan udara yang lebih besar, alat ini sangat memiliki fungsi yang cukup signifikan dalam sebuah bengkel kerja.

Alat penghasil tekanan udara ini, secara umum dapat kita temukan dalam 3 versi berdasarkan komponen dan sistem kerja yang dimiliki oleh alat itu sendiri.

Adapun kedua jenis alat penghasil tekanan udara tersebut, antara lain adalah:

  • Alat penghasil tekanan udara jenis rotary, yaitu alat penghasil tekanan udara yang memiliki sistem kerja menghasilkan tekanan udara dari perputaran ulir didalam silinder.
  • Alat penghasil tekanan udara jenis piston, merupakan alat penghasil tekanan udara yang memiliki sistem kerja dengan menggunakan silinder dan piston untuk memampatkan gas, sehingga dapat menghasilkan tekanan udara yang jauh lebih besar. Jenis alat penghasil tekanan udara yang satu ini, biasanya digunakan untuk sebuah alat pendingin, karena tekanan udara yang dihasilkan sangat tinggi.
  • Alat penghasil tekanan udara sentrifugal merupakan jenis alat penghasil tekanan udara yang memiliki sistem kerja memindahkan uap air dalam bentuk gas dan udara searah dengan perputaran alat itu sendiri.
Dalam bentuk sederhana, berbagai jenis kompresor tersebut memiliki sistem kerja yang menyerupai dengan pompa yang biasa digunakan untuk mengisi angin pada ban sepeda, dimana jika piston ditarik keatas, maka tekanan udara didalam tabung dibawah piston akan menjadi rendah, dan jika piston diturunkan maka tekanan udara akan naik dan mengalir menuju daerah yang memiliki tekanan udara lebih rendah. Sistem kerja pada pompa ban sepeda inilah yang juga menjadi dasar dari sistem kerja sebuah kompresor.

Dalam bengkel kerja sendiri, alat penghasil tekanan udara ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai fungsi pekerjaan yang memang dimiliki oleh sebagian besar bengkel kerja yang ada. Selain mempermudah dan memperingan pekerjaan dalam bengkel kerja, alat ini juga dapat difungsikan sebagai alat pengisi tekanan udara pada berbagai ban kendaraan bermotor.

Berikut ini fungsi yang pada umumnya banyak digunakan oleh para pekerja dari mesin kompresor ini, antara lain adalah:

  • Membantu memperingan pemasangan paku pada dinding ataupun media lainnya.
  • Alat bantu untuk melakukan pengecatan.
  • Alat bantu untuk memasang wallpaper pada dinding.
  • Alat bantu untuk memasang dan mengencangkan baut.
  • Alat bantu untuk membersihkan peralatan atau media kerja yang memang sulit untuk dijangkau dan dibersihkan.
Kompresor ini sendiri kini banyak ditawarkan oleh berbagai toko online ataupun situs belanja online terpercaya di Indonesia, dengan penawaran harga yang bervarian bergantung pada tekanan udara yang dihasilkan serta merek dan model alat yang memang dipilih dan dibutuhkan oleh para pengguna alat penghasil tekanan udara itu sendiri. Sistem pengoperasian dan bahan bakar pun juga selalu dijadikan pilihan penawaran yang banyak dilakukan oleh toko online, bagi para pengguna alat penghasil tekanan udara yang satu ini.







Baca Artikel Terkait: