-->

Jumat, 23 Maret 2018

Bunyi Hukum Hooke, Soal, Rumus, Aplikasi Hukum Hooke (Elastisitas) Terlengkap

Banyak orang mempunyai analogi tentang istilah elastisitas dengan benda-benda yang umumnya terbuat dari karet, padahal tidak semua benda dari bahan dasar karet mempunyai sifat elastis. Contohnya yaitu karet gelang dengan permen karet. Jika karet gelang ditarik, maka panjangnya akan terus bertambah sampai batas tertentu. Dan apabila tarikan dilepas maka panjang gelang akan kembali seperti semula.

“Gaya yang bekerja pada pegas sebanding dengan pertambahan panjang pegas”

Lain halnya dengan permen karet, jika ditarik panjangnya akan terus bertambah sampai batas tertentu, tetapi saat tarikan dilepaskan maka panjang permen karet tidak akan sama seperti semula. Ini karena karet gelang mempunyai sifat elastis sedangkan permen karet mempunyai sifat plastis.

Tetapi ada kalanya karet gelang ditarik terus menerus bentuk karet gelang tidak akan kembali seperti awalnya, karena sifat elastisnya sudah hilang. Sehingga untuk menggolongkan mana benda yang elastis dan plastis tidaklah mudah.

Elastisitas adalah kesanggupan suatu benda untuk kembali ke bentuk semula setelah gaya yang ada di benda tersebut hilang. Sedangkan Batas Elastis adalah keadaan dimana sebuah benda tidak bisa kembali lagi ke bentuk semula karena gaya yang diberikan ke benda tersebut terlalu besar.


Sesuai dengan namanya, Hukum Hookedigagas oleh Robert Hooke yang menyelidiki hubungan antar gaya yang bekerja pada sebuah benda elastis, pegas , atau lainnya agar benda tersebut bisa kembali ke bentuk awal atau tidak melebihi batas elastisitasnya.

Dengan ini kita dapat kesimpulan bahwa Hukum Hooke membahas jumlah gaya maksimum yang bisa diberikan pada sebuah benda yang bersifat elastis (umumnya pegas) supaya tidak melewati batas elastisnya dan membuang sifat elastis benda tersebut.

Bunyi Hukum Hooke

“Menurut hukum Hooke semakin besar gaya yang diberikan maka pegas juga akan semakin memanjang.”

Bunyi Hukum Hooke: “Jika gaya tarik yang diberikan pada sebuah pegas tidak melampaui batas elastis bahan maka pertambahan panjang pegas berbanding lurus atau sebanding dengan gaya tariknya”.


Maksudnya jika gaya yang diberikan melampaui batas elastisitas, maka benda tidak bisa lagi kembali ke bentuk semula dan apabila gaya yang diberikan jumlahnya terus bertambah maka benda akan atau dapat rusak. Sehingga hukum hooke hanya berlakusampai batas elastisitas.

Konsep hukum hooke yaitu menjelaskan mengenai hubungan antara gaya yang diberikan pada sebuah pegas dilihat dari peningkatan panjang yang dialami oleh pegas tersebut. Besar perbandingan antara gaya dengan peningkatan pegas adalah kosntan.

Rumus Hukum Hooke dan Elastisitas

Rumus Hukum Hooke yaitu: F = – k . ΔxDimana :

F = gaya (N)K = konstanta pegas (N/m)Δx = pertambahan panjang pegas (m)


a. Rangkaian pegas seri

Jika 2 pegas atau lebih disusun secara seri maka nilai konstanta pegas bisa dihitung dengan persamaan: 1 /kp = 1/k1 + 1/k2 + . . . 

b. Rangkaian pegas paralel

Jika 2 pegas atau lebih disusun secara paralel maka nilai konstanta pegas bisa dihitung dengan persamaan: kp = k1 + k2 + . . . 

c. Energi Potensial Pegas

Energi potensial merupakan energi yang tersimpan dalam pegas karena sifat elastis pegas. Besar energi potensial tergantung pada besar gaya luar yang diberikan untuk merenggangkan dan menekan pegas.

Energi potensial pegas dirumuskan : Ep = ½ k Δx2Dimana :

Ep = energi potensial pegas (J)K = konstanta pegas (N/m)Δx = pertambahan panjang pegas (m


Contoh Soal Hukum Hooke

Contoh soal hukum hooke saya sajikan dalam bentuk gambar, karena ada format penulisan yang tidak sesuai.

Aplikasi Hukum Hooke

Pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari sangat erat dengan benda yang umumnya memiliki prinsip kerja menggunakan begas dan bersifat elastis. Contoh aplikasi hukum hooke:

Jam yang memakai peer sebagai pengatur waktuJam kasa atau kronometer yang dimanfaatkan untuk menentukan garis atau posisi kapal yang berada di lautTeleskop yang memiliki fungsi melihat benda yang letaknya jauh agar tampak dekat, biasanya digunakan untuk melihat benda luar angkasa.Alat pengukur percepatan gravitasi bumiSambungan  tongkat-tongkat persneling kendaraan baik mobil atau sepeda motorAyunan pegasMikroskop yang memiliki fungsi untuk memandang jasad-jasad renik yang sangat kecil yang tak bisa di pandang oleh mata telanjang.

Kesimpulannya yaitu gagasan Hooke memberi dampak cukup positif terhadap manusia, semoga informasi ini lebih mempermudah Anda untuk mengetahui bunyi, soal, rumus, dan aplikasi hukum hooke.

Sumber:http://www.yuksinau.id/bunyi-soal-rumus-aplikasi-hukum-hooke/




Baca Artikel Terkait: