-->

Selasa, 10 April 2018

Sepeda motor saat ini merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di dunia. Dari tahun ke tahun sepeda motor terus menenerus mengalami perkembangan baik dari sisi bentuk maupun teknologi yang digunakan. Dalam sejarah ada beberapa tokoh yang diakui sebagai penemu dari sepeda motor. Namun perlu diketahui bahwa bentuk awal sepeda motor pertama kali diperkenalkan di Eropa sekitar abad ke 19.
Sejarah Sepeda Motor, Dari Sylvester Howard Rover, Ernest Michaux, Lucius Copeland Hingga Gottlieb Daimler 

Sepeda Motor Bertenaga Uap Sylvester H. Roper


Mengenai sejarah penemuan sepeda motor, Pada awalnya seorang pria berkebangsaan Amerika bernama Sylvester Howard Roper menemukan mesin dua silinder yang menggunakan tenaga uap dan memasangnya di sepeda.

Temuanya ini dianggap sebagai munculnya sepeda yang menggunakan mesin pertama di dunia. Ia juga menemukan mobil bermesin uap, namun Roper sendiri tewas saat ia mengendarai sepeda motor bertenaga uap pertamanya itu.
Ditempat yang lain yakni di Perancis, seorang pria bernama Ernest Michaux mencoba memasang sebuah mesin uap ke sepedanya. Mesin tersebut dibuat oleh ayahnya yang bekerja sebgai seorang pandai besi. Mesin tersebut berbahan bakar alkohol dan menggunakan sabuk penggerak kembar untuk menggerakkan roda depan sepeda.
Beberapa tahun kemudian yaitu pada tahun 1881, Lucius Copeland yang berkebangsaan Amerika membuat sebuah ketel uap yang bentuknya lebih kecil dan ditempel di sepedanya. Ketel uap ini dapat menggerakkan roda belakang sepedanya. Kecepatan yang dihasilkan di sepedanya luar biasa saat itu mencapai sekitar 19 kilometer perjamnya. Akhirnya di tahun 1887, Copeland membuat sebuah perusahaan manufaktur yang membuat sebuah sepeda motor.

Gottlieb Daimler dan Sepeda Motor Berbahan Bakar Bensin Pertama Di Dunia.

Gotltieb Daimler
Setelah itu 10 tahun berikutnya, berbagai desain sepeda motor banyak bermunculan. Namun kemudian sepeda motor temuan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybachdari Jerman diakui dunia secara luas sebagai Sepeda Motor pertama di dunia.

Sepeda Motor buatan Daimler menggunakan mesin pembakaran internal berbahan bakar bensin yang dibuat pada tahun 1885 yang dinamakan Petroleum Reitwagon. Gottlieb Daimler pun diakui dunia sebagai penemu dari sepeda motor.

Sepeda Motor temuan Gottlieb Daimler menggunakan mesin temuan Nicolaus Otto yang dikenal dengan mesin 4 tak di tahun 1876. Setelah Nicolaus Otto menyelesaikan mesin temuannya tersebut, Gottlieb Daimler yang ketika itu pernah menjadi karyawan Otto mengembangkannya menjadi sebuah mesin baru tak lupa juga ia menciptakan karburator pertama di dunia.

Wilhelm Maybach kemudian menempelkan mesin itu serta karburatornya di sepeda Daimler dan jadilah sebuah Sepeda Motor. Uniknya, Sepeda motor Petroleum Reitwagon buatan Daimler dan Maybach memiliki sepasang roda di tengah mirip seperti roda pengaman dan menjaga agar sepeda tetap tegak lurus selain dua roda di depan dan belakang. Gottlieb Daimelr dikenal sebagai inovator yang luar biasa.
Sepeda Motor Pertama Rancangan Gotltieb Daimler
Selain menemukan mobil dan juga sepeda motor dan juga menciptakan karburator, beliau juga merupakan pelopor pembuatan arena mobil komersial ia juga menciptakan mesin untuk kapal dengan bahan bakar bensin.
Perusahaannya kemudian bernama Daimler-Benz sebuah perusahaan otomotif terkemuka kemudian berkembang menjadi Mercedes-Benz yang kita kenal sekarang.
Sejak saat itu, banyak bermunculan perusahaan yang memperkenalkan sepeda berpenggerak mesin yang kemudian dikenal dengan nama Sepeda Motor. Yang awalnya dikenal luas di Jerman kemudian ke Inggris dan menyebar cepat ke Amerika.
Perusahaan Hildebrand & Wolfmüller menjadi perusahaan pertama yang mendirikan pabrik untuk produksi kendaraan sepeda motor, kemudian di Amerika perusahaan bernama Charles Metz pertama kali mendirikan pabrik untuk memproduksi sepeda motor di wilayah Waltham, Massachusetts.

Perkembangan Sepeda Motor Di Amerika

Di Amerika sendiri tedapat banyak perancang sepeda motor, namun salah satu pionir paling terkenal di bidang ini adalah William Harley serta Artur dan Walter Davidson bersaudara yang kemudian mendirikan sebuah perusahaan otomotif yang dikenal dengan nama Harley-Davidson.

William Harley bersama Davidson bersaudara mendirikan perusahaan Harley-Davidson Motor Company pada tahun 1903. Sepeda Motor buatan mereka memiliki mesin yang berkualitas.




Baca Artikel Terkait: