-->

Jumat, 27 April 2018

Gaya Gravitasi

Pengertian gaya gravitasi ialah salah satu jenis gaya yang dipengaruhi oleh gaya tarik sebuah benda ke pusat benda tersebut. Maka dari itu pengertian gaya gravitasi bumi ialah gaya tarik menarik sebuah benda menuju pusat bumi. Kita dapat menjumpai contoh gaya gravitasi bumi ketika buah mangga atau buah kelapa jatuh ketanah. Lalu bagaimana jika di bumi tidak memiliki gaya gravitasi? Jika hal ini terjadi maka di bumi tidak akan ada kehidupan.

Berdasarkan contoh gaya gravitasi di atas dapat kita simpulkan bahwa gaya gravitasi dipengaruhi oleh ketinggian sebuah benda. Contohnya daerah pantai (dataran rendah) dengan daerah pegunungan (dataran tinggi). Kedua tempat ini memiliki besar gaya gravitasi yang berbeda. Untuk daerah pantai memiliki gaya gravitasi yang besar karena ketinggian tempatnya rendah. Sedangkan untuk daerah pegunungan memiliki gaya gravitasi yang kecil karena dipengaruhi oleh percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi ialah jarak tempuh suatu benda untuk jatuh setiap waktu sekon kuadrat.  Percepatan gravitasi bumi memiliki besar 9,8 m/s² atau 10 m/s². Menurut pengertian gaya gravitasi, jenis gaya tersebut berhubungan dengan gaya berat. Hal ini dikarenakan gaya gravitasi mempengaruhi berat sebuah benda.

Gaya Berat

Pengertian gaya berat ialah gaya yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan massa benda. Selain itu adapula yang menyebut gaya berat sebagai banyaknya gaya gravitasi yang bekerja pada sebuah benda. Gaya berat memiliki rumus yang digunakan untuk menghitung besar gaya tersebut. Berikut rumus gaya berat:
 W = m x g
Keterangan:
W = Gaya berat (Newton atau N)
m = Massa benda (kg)
g = Percepatan gaya gravitasi bumi (nilainya 10 m/s²)

Contoh Soal Gaya Berat
Sebuah benda jatuh dari ketinggian tertentu. Apabila massa sebuah benda tersebut 4 kg. Maka berapa berat benda tersebut?

Pembahasan.
Diketahui : m = 4 kg; g = 10 m/s²
Ditanyakan : W = ?
Jawab :
W = m x g
     = 4 x 10
     = 40 N
Jadi berat benda tersebut ialah 40 Newton.

Berdasarkan contoh gaya berat di atas dapat disimpulkan bahwa berat dengan massa berbeda. Dalam ilmu fisika pun massa benda dengan berat benda memiliki arti yang berbeda. Massa ialah banyaknya zat atau materi yang terdapat dalam sebuah benda. Sedangkan berat ialah besarnya massa yang dipengaruhi gaya tarik dari bumi.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian gaya gravitasi, pengertian gaya berat beserta contoh gaya gravitasi dan contoh gaya berat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Sumber : Materi4belajar



Baca Artikel Terkait: