-->

Jumat, 13 April 2018


Report text merupakan jenis teks lain dalam materi bahasa inggris yang dibuat dengan tujuan mengumumkan hasil dari suatu penyelidikan atau mengumumkan sesuatu yang telah terjadi. Karena sering disamakan dengan deskriptive text, maka report text harus dicirikan dengan ciri khususnya. Ciri khusus dari report text adalah apa yang diumumkan adalah informasi yang umum, sama sekali tidak spesifik.
Jenis report text ini pun dibagi kembali menjadi beberapa macam berdasarkan tujuan dari dibuatnya teks itu sendiri. Tujuan umum penulisan report text adalah untuk memberikan fungsi sosial sebagai pemberian informasi mengenai sesuatu yang umum kepada pembacanya. Lalu, jenis dari report text dibagi lagi menjadi beberapa jenis sesuai tujuan dari informasi itu sendiri.
Report text dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca mengenai hewan disebut sebagai report text dengan tema hewan. Selanjutnya, jenis lain report text adalah report text yang dibuat untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu kota, maka disebut sebagai report text dengan tema kota. Lain lagi ada juga report text yang memberikan informasi mengenai tanaman, maka report text ini disebut bertema tanaman. Ada banyak lagi jenis dari report text yang bergantung dengan tema dari informasi yang diberikan. Beberapa contoh tema yang banyak dibuat adalah transportasi, negara, dan planet.
Untuk memudahkan mempelajari mengenai struktur umum report text, maka berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh report text dengan tema yang berbeda, dilengkapi juga dengan artinya, dan bagaimana struktur umum dari masing-masing contoh yang diberikan.
Do you know what is the largest lizard? This lizard is called komodo. It lives in the scrub and woodland of a few Indonesian islands.
Komodo dragon is the world’s heaviest lizard, weighing 150 pounds or more. The largest Komodo ever measured was more than 10 feet (3 meters) long and weighed 366 pounds (166 kg) but the average size of komodo in the wild is about 8 feet (2.5 meters) long and 200 pounds (91 kg)
Komodo has gray scaly skin, a pointed snout, powerful limbs and a muscular tail. They use their keen sense of smell to locate decaying animal remains from several miles away. They also hunt other lizards as well as large mammals and are sometimes cannibalistic.
The Komodo dragon’s teeth are almost completely covered by its gums. When it feeds, the gums bleed, creating an ideal culture for virulent bacteria. The bacteria that live in the Komodo dragon’s saliva causes septicemia, or blood poisoning, in its victims. A dragon will bite its prey, then follow it until the animal is too weak to carry on.
This lizard species is threatened by hunting, loss of prey species and habitat loss.
Jika report text tema hewan di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:
“Naga Komodo"
Tahukah anda apa kadal terbesar yang ada di dunia? Kadal terbesar di dunia disebut sebagai komodo. Ia tinggal di semak belukar dan hutan di beberapa pulau di Indonesia.
Komodo adalah juga kadal terberat di dunia, beratnya mencapai hingga 150 kilogram atau lebih. Komodo terbesar yang pernah diukur panjangnya lebih dari 10 kaki (3 meter) dan beratnya 366 pon (166 kg), namun ukuran rata-rata komodo di alam liar lebarnya sekitar 8 kaki (2,5 meter) dan beratnya 200 pound (91 kg).
Komodo memiliki kulit bersisik dengan warna abu-abu, moncongnya runcing, tungkai kuat dan ekor yang berotot. Mereka menggunakan indra penciuman mereka yang tajam untuk menemukan sisa hewan yang membusuk dari beberapa mil jauhnya. Mereka juga memangsa kadal lainnya serta mamalia besar atau juga terkadang kanibalistik.
Gigi komodo hampir sepenuhnya tertutup oleh gusi. Saat menyusui, gusi Komodo berdarah dan menyebabkan Komodo menjadi memiliki bakteri yang ganas. Bakteri yang hidup di air liur Komodo itu menyebabkan septikemia, atau keracunan darah jika terkena pada korbannya. Seekor komodo akan menggigit mangsanya, lalu mengikutinya sampai binatang itu terlalu lemah untuk berjalan.
Spesies kadal ini terancam punah akibat perburuan. Hilangnya spesies Komodo ini diakibatkan oleh kekurangan mangsa ataupun karena kehilangan habitat.

Struktur Umum (General Structure) dari Report Text dengan Tema Hewan

Dalam suatu report text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu general classification dan description.. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:
Bagian General Classification merupakan bagian yang menunjukkan berbagai pernyataan umum mengenai objek yang sedang dibicarakan. Pada teks di atas, objek yang dibicarakan adalah Komodo dan bagian general classification ditunjukkan pada bagian “Do you know what is the largest lizard? This lizard is called komodo. It lives in the scrub and woodland of a few Indonesian islands." Atau dengan kata lain, bagian general classification dari teks di atas tercantum pada paragraf pertama teks.
Selanjutnya, bagian description adalah bagian yang menjelaskan mengenai informasi mendetail dari objek yang dibicarakan dalam detail. Teks di atas membicarakan mengenai informasi detail dari Komodo dimulai dari paragraf 2 hingga paragraf terakhirnya.

Contoh Report Text Tema Kota serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Report Text Tema Kota
“Jakarta City"
Jakarta is a capital city of Indonesia. Jakarta is located on the northwest Java.
The most popular food in Jakarta are Kerak Telor, Ketoprak, and Soto Betawi. There are so many cultural in Jakarta. There are many old buildings there.
But now, Jakarta has influenced by Globalization. Globalization gives many Impact. Negative impact and positive impact. There are many positive impact. But, because the positive impact, there are many negative impact too.
An example of positive impact is, there are a lot of tourist that goes vacation to Jakarta. and then, the tourist will see Indonesian culturals, old buildings, and many gives. But, from that positive impact, the negative impact is rivers in Indonesian especially Jakarta, the rivers are polluted by waste. And if Jakarta is rainy, there are always flood.
Jika report text dengan tema kota di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:
“Kota Jakarta"
Jakarta adalah ibu kota Indonesia. Jakarta terletak di sebelah barat laut Jawa.
Makanan yang paling populer di Jakarta adalah Kerak Telor, Ketoprak, dan Soto Betawi. Ada begitu banyak budaya di jakarta. Ada banyak bangunan tua di sana.
Tapi sekarang, Jakarta telah dipengaruhi oleh Globalisasi. Globalisasi memberi banyak dampak. Dampak negatif dan dampak positif. Ada banyak dampak positif. Tapi, karena ada akibat positifnya, maka tentu ada banyak dampak negatif juga.
Contoh dampak positifnya, ada banyak turis yang pergi berlibur ke Jakarta. Dan kemudian, wisatawan akan melihat budaya Indonesia, bangunan tua, dan banyak keuntungan yang diberikan. Tapi, dari dampak positif itu, dampak negatifnya adalah sungai-sungai di Indonesia khususnya di Jakarta menjadi sungai-sungai tersebut tercemar limbah. Dan jika Jakarta hujan, selalu terjadi banjir.

Struktur Umum (General Structure) dari Report Text dengan Tema Kota

Dalam suatu report text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu general classification dan description.. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:
Bagian General Classification merupakan bagian yang menunjukkan berbagai pernyataan umum mengenai objek yang sedang dibicarakan. Pada teks di atas, objek yang dibicarakan adalah Jakarta dan bagian general classification ditunjukkan pada bagian “Jakarta is a capital city of Indonesia. Jakarta is located on the northwest Java." Atau dengan kata lain, bagian general classification dari teks di atas tercantum pada paragraf pertama teks.
Selanjutnya, bagian description adalah bagian yang menjelaskan mengenai informasi mendetail dari objek yang dibicarakan dalam detail. Teks di atas membicarakan mengenai informasi detail dari Jakarta dimulai dari paragraf 2 hingga paragraf terakhirnya.

Contoh Report Text Tema Tumbuhan serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Report Text Tema Tumbuhan serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya
Mangrove Trees"
A mangrove is a tropical marine tree. Mangroves have special aerial roots and salt-filtering tap roots which enable them to thrive in brackish water. Brackish water is salty but not as salty as sea water.
Mangrove trees are commonly planted and found in coastal areas. Mangroves can serve as walls of protection for natural disaster in coastal area like tsunami. According to BBC News, healthy mangrove forests had helped save lives in the Asia disaster tsunami and people tended to respect these natural barriers even more, especially after the tsunami.
There are several species of mangrove tree found all over the world. Some prefer more salinity, while others like to be very-close to a large fresh water source such as river. Some prefer areas that are sheltered from waves. Some species have their roots covered with sea water every day during high tide. Other species grow on dry land but are still part of the ecosystem. The Times of India reported that rare species of mangrove had been found and was also known as the looking-glass tree, probably because the leaves are silver-coated.
Mangroves need to keep their trunk and leave above the surface of the water. Yet they also need to be firmly attached to the ground so they are not moved by waves.
Any part of root that appears above the water flows oxygen to the plant under water surface. as the soil begin to build up, these roots procedure additional roots that become embedded in the soil.
Jika report text tema tumbuhan di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:
“Pohon Mangrove"
Mangrove adalah pohon laut tropis. Mangrove memiliki akar udara khusus dan akar air penyaringan garam yang memungkinkannya berkembang dalam air payau. Air payau asin tapi tidak seasin seperti pada air laut.
Pohon mangrove biasanya ditanam dan ditemukan di daerah pesisir. Mangrove dapat berfungsi sebagai dinding perlindungan bencana alam di daerah pesisir seperti tsunami. Menurut BBC News, hutan mangrove yang sehat telah membantu menyelamatkan nyawa di tsunami Asia dan orang-orang cenderung lebih menghormati penjaga alami ini, terutama setelah tsunami.
Ada beberapa jenis pohon mangrove yang ditemukan di seluruh dunia. Sebagian jenis lebih menyukai salinitas, sementara yang lain suka sangat dekat dengan sumber air tawar yang besar seperti sungai. Beberapa lebih memilih area yang terlindung dari ombak. Beberapa spesies memiliki akarnya yang ditutupi air laut setiap hari saat air pasang. Spesies lain tumbuh di lahan kering namun masih merupakan bagian dari ekosistem. Times of India melaporkan bahwa spesies mangrove langka telah ditemukan dan juga dikenal sebagai pohon kaca yang tampak, mungkin karena daunnya dilapisi perak.
Mangrove perlu menjaga persediaan mereka dan memunculkannya di permukaan air. Namun mereka juga harus terikat erat ke tanah sehingga tidak tergeser oleh ombak.
Setiap bagian akar yang muncul di atas air mengalirkan oksigen ke tanaman di bawah permukaan air. Saat tanah mulai terbentuk, akarnya ini akan memroduksi akar akar yang kemudian tertanam di dalam tanah.

Struktur Umum (General Structure) dari Report Text dengan Tema Tumbuhan

Dalam suatu report text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu general classification dan description.. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:
Bagian General Classification merupakan bagian yang menunjukkan berbagai pernyataan umum mengenai objek yang sedang dibicarakan. Pada teks di atas, objek yang dibicarakan adalah Pohon Mangrove dan bagian general classification ditunjukkan pada bagian “A mangrove is a tropical marine tree. Mangroves have special aerial roots and salt-filtering tap roots which enable them to thrive in brackish water. Brackish water is salty but not as salty as sea water." Atau dengan kata lain, bagian general classification dari teks di atas tercantum pada paragraf pertama teks.
Selanjutnya, bagian description adalah bagian yang menjelaskan mengenai informasi mendetail dari objek yang dibicarakan dalam detail. Teks di atas membicarakan mengenai informasi detail dari Pohon Mangrove dimulai dari paragraf 2 hingga paragraf terakhirnya.

Contoh Report Text Tema Bencana Alam serta Arti dan Analisis Struktur Umumnya

Contoh Report Text Tema Bencana Alam
Earthquake"
Earthquake often happens around us. It brings great damages. Earthquake is hard to be predicted and that makes lot victims.
Actually there are three kinds of earthquake. This kinds of earthquake are commonly base on the factor and geological area where the earthquakes happen. These three kinds of earthquake are tectonic, volcanic and explosion.
Tectonic earthquakes are most common one. This kind of earthquake happens while earth’s crust rocks break because of the geological strength created by moving of the earth’s plates.
Volcanic earthquakes happen exactly with volcanic activity. Volcanic earthquakes are when the volcano produces acidic lava, which drys quickly, when it dries quickly it blocks the top of the volcano. This make no more magma can escape. Pressure starts to build up and eventually the acidic lava can no longer stand the pressure. So the volcano is free to explode, the pressure is released so fast that an earthquake is caused. A volcanic earthquake is usually kept within 10-20 miles of the volcano.
Explosion earthquakes are the result of the collapse earthquakes that are small earthquakes occurring in underground mines and caverns.
Jika report text tema bencana alam di atas diartikan dalam bahasa Indonesia, maka kurang lebih artinya adalah seperti berikut ini:
“Gempa Bumi"
Gempa sering terjadi disekitar kita. Kejadian ini membawa kerusakan besar. Gempa sulit diprediksi dan itu membuat banyak korban.
Sebenarnya ada tiga jenis gempa. Jenis gempa ini biasanya didasarkan pada faktor dan daerah geologi dimana terjadi gempa bumi. Ketiga jenis gempa ini bersifat tektonik, vulkanik dan ledakan.
Gempa tektonik adalah yang paling umum. Gempa semacam ini terjadi saat batuan kerak bumi pecah karena kekuatan geologis yang tercipta dari pindahkan lempeng bumi.
Gempa vulkanik terjadi persis dengan aktivitas vulkanik. Gempa vulkanik adalah ketika gunung berapi menghasilkan lava asam, yang cepat kering, saat mengering dengan cepat, ia menghalangi puncak gunung berapi. Hal ini membuat magma tidak lagi bisa lolos. Tekanan mulai terbentuk dan akhirnya lava asam tidak bisa lagi menahan tekanan. Jadi gunung berapi bebas meledak, tekanan dilepaskan begitu cepat sehingga terjadi gempa. Sebuah gempa vulkanik biasanya disimpan dalam jarak 10-20 mil dari gunung berapi.
Ledakan gempa adalah hasil dari keruntuhan gempa bumi yang merupakan gempa kecil yang terjadi di tambang bawah tanah dan gua-gua.

Struktur Umum (General Structure) dari Report Text dengan Tema Tumbuhan

Dalam suatu report text, terdapat struktur yang dibagi menjadi 2 bagian, yaitu general classification dan description.. Masing-masing bagian dari text di atas dapat dijelaskan seperti di bawah ini:
Bagian General Classification merupakan bagian yang menunjukkan berbagai pernyataan umum mengenai objek yang sedang dibicarakan. Pada teks di atas, objek yang dibicarakan adalah Gempa Bumi dan bagian general classification ditunjukkan pada bagian “Earthquake often happens around us. It brings great damages. Earthquake is hard to be predicted and that makes lot victims." Atau dengan kata lain, bagian general classification dari teks di atas tercantum pada paragraf pertama teks.
Selanjutnya, bagian description adalah bagian yang menjelaskan mengenai informasi mendetail dari objek yang dibicarakan dalam detail. Teks di atas membicarakan mengenai informasi detail dari Gempa Bumi dimulai dari paragraf 2 hingga paragraf terakhirnya.
Sumber : https://luthfan.com/contoh-report-text/



Baca Artikel Terkait: