-->

Rabu, 11 Juli 2018


Bagi seorang muslim yang akrab dengan wilayah Arab dan Timur Tengah, kunjungan ke Spanyol ternyata bisa menjadi sebuah perjalanan ziarah. Namun, berbeda dengan ziarah ke tanah suci Mekah, wisata religius di Spanyol akan membangkitkan emosional yang berbeda karena kejayaan Islam di wilayah tersebut telah berakhir.

Ada beberapa jejak peradaban Islam yang bisa kamu telusuri di Spanyol, tapi yang paling jelas ada di provinsi Andalusia. Di tempat tersebut, berdiri dua kota yang menjadi arus bisu kejayaan Islam Spanyol: Granada dan Cordoba.

Kini menjadi kota yang dilindungi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tentu saja, Granada dan Cordoba baik oleh Pemerintah Spanyol karena selain sebagai kota warisan, juga merupakan sumber pendapatan wisata yang sangat besar.

Granada
Meski lima abad telah berlalu sejak berakhirnya kejayaan Islam, pengaruh budaya Islam di Granada masih bisa dirasakan hingga kini. Terlihat dari arsitektur bangunan, pakaian, dan kehidupan sehari-hari masyarakat Granada.

Jalan-jalan yang sempit dengan arsitektur Timur Tengah, bau dupa oriental dari toko-toko dan kafe Arab, semuanya mengingatkan kamu pada semenanjung Arab.

Sumber gambar:  pw.org

Daya tarik utama Granada adalah komplek istana Alhambra yang terletak di atas bukit dekat Sierra Nevada. Istana Alhambra, yang juga berfungsi sebagai benteng, dibangun pada abad XIV oleh perwakilan dinasti Moorish terakhir di Andalusia.

Istana Alhambra mengusung tradisi dan budaya muslim pada masa itu. Sementara saat ini, Alhambra adalah salah satu tujuan wisata utama di Spanyol yang mampu menarik ribuan wisatawan, terutama umat Islam, dan merupakan bukti peradaban Islam di Spanyol.

Sumber gambar:  forbes.com

Meski umat Kristen Granada telah melakukan beberapa perubahan kecil di dalam istana, pondasi dan bentuk istana yang dulu di bangun oleh umat Muslim tetap dipelihara sampai hari ini. Bahkan, dinding benteng berwarna merah juga tetap sukses, dimana sebutan “al-hambra”, yang berarti merah dalam bahasa Arab, berasal. Dari atas istana Alhambra, kamu juga bisa menikmati pemandangan kota yang berbukit-bukit.

Sumber gambar:  spain-holiday.com

Saat ini, Granada adalah sebuah kota dimana komunitas Muslim terbesar di Spanyol tinggal. Kota ini juga merupakan rumah bagi besar imigran Muslim dari wilayah Afrika Utara dan Barat.

Cordoba
Kota sejarah peradaban Islam lainnya di Andalusia adalah Cordoba, didirikan sejak zaman kuno, lebih dikenal sebagai ibukota kekhalifahan Cordoba yang terkenal. Sekitar abad 10, Cordoba adalah salah satu pusat kebudayaan dan ekonomi dunia, dan mungkin kota terpadat di Eropa Barat.

Sumber gambar:  travelaroundtheglobe.com

Meski demikian, arsitektur peninggalan umat Islam terus menarik wisatawan untuk berkunjung ke Spanyol. Baru-baru ini, Cordoba diakui oleh UNESCO sebagai salah satu kandidat untuk pusat kota pada tahun 2016. Tidak seperti Granada, Cordoba terasa lebih Spanyol, nuansa Islam di sana tidak begitu kental.

Diantara beberapa bangunan peninggalan Islam di Spanyol, yang paling sentuh adalah Masjid Agung Cordoba (Masjid Agung), yang dibangun pada abad ke-8 oleh Emir Abdul Rahman. Saat ini, Masjid Agung Cordoba menjadi daya darik utama di kota tersebut, kamu akan mengingatkan kamu pada kejayaan Islam pada masa lalu.

Sumber gambar:  wikipedia.com

Pada awalnya, bangunan tersebut merupakan sebuah gereja Kristen, bukan sebuah masjid. Namun, salah satu khalifah Muslim pertama di Cordoba, Abd al-Rahman I, membangun masjid di dalamnya. Kemudian, para ulama terus membangunnya sampai berkembang menjadi salah satu masjid terbesar, dan telah menjadi salah satu simbol Islam di Spanyol.

Sumber gambar  mediterraneannetworks.weebly.com 

Setelah masa kejayaan Islam di Cordoba berakhir pada tahun 1236, masjid tersebut diubah kembali menjadi gereja Kristen. Jika diperhatikan, Masjid Agung Cordoba terlihat sangat indah dan terasa seperti dua agama telah bergabung dalam harmoni.

Beruntungnya, orang Spanyol sudah tercengang dengan kemegahannya, jadi mereka memutuskan untuk menjaga masjid itu dalam bentuk asli. Sekarang, bangunan tersebut berfungsi sebagai museum dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Sumber gambar:  theroamingboomers.com

Masa kejayaan Islam di Granada dan Cordoba telah berakhir sejak lebih dari 700 tahun yang lalu, tetapi warisan yang mereka tinggalkan tetap menawan.

Apakah Anda ingin berkeliling dunia?
Cari semua kebutuhan Anda untuk bepergian di satu tempat secara gratis dengan aplikasi Megatamatours.com! atau kunjungi http://www.megatamatours.com dan temukan produk tur, hotel, tiket penerbangan terbaik di sini.

Top image source : flicker.com


Sumber: https://megatamatours.wordpress.com/2018/02/21/menelusuri-sejarah-peradaban-islam-di-granada-dan-cordoba-spanyol/




Baca Artikel Terkait: