-->

Jumat, 31 Agustus 2018

Dengan adanya berbagai jenis pelangi yang sudah biasa kita dengar , semacam pelangi ganda, pelangi satu warna dan lain sebagainya . Sebenarnya masih lebih banyak lagi macam-macam jenis pelangi yang langka yang biasanya muncul pada kurun waktu tertentu bahkan hanya sekali dalam setahun ketika proses terjadinya hujan yang disertai cahaya matahari yang akan lebih mudah munculnya pelagi dengan proses pembiasan. Maka berbahagialah orang yang bisa melihat pelangi langka tersebut.

Berikut adalah daftar jenis-jenis pelangi langka :

1. Circular Rainbow (Pelangi melingkar)


Sudah pernah kita jumpai di pembahasan sebelumnya mengenai pelangi melingkar atau yang biasa juga disebut dengan circular rainbow. Pelangi circular rainbow ini tidak seperti pelangi lainnya, pelangi ini benar-benar terlihat melingkar dan seperti busur lingkaran sempurna.

2. Classic Rainbow (Pelangi klasik)


Classic Rainbow yang biasa disebut dengan pelangi klasik. Pelangi ini berbeda dengan pelangi yang lainnya . Pelangi ini hanya memiliki 6 warna yang tampak pada pelangi yaitu merah, hijau, kuning, oranye, ungu dan biru. Namun pelangi klasik ini walaupun hanya memliki 6 warna tidak sedikitpun mengurangi keindahan yang tampak pada pelangi tersebut.

3. Red Rainbow (pelangi merah)


Red rainbow yang biasa disebut dengan pelangi merah sudah pernah juga kita bahas melalui pembahasan yang sebelumnya, red rainbow ini biasa muncul pada saat munculnya fajar di pagi hari dan terbenamnyaa matahari pada sore hari. Red rainbow ini akan tampak ketika lapisan ketebalan filter atmosfer bumi yang akan menjadi biru dan akan terlihat berwarna merah atau seperti tetesan warna oranye yang mencerminkan dan membiaskan air dan hasilnya adalah warna pelangi dengan spektrum ujung yang berwarna merah.

4. Secondary Rainbow (pelangi sekunder)


Secondary rainbow adalah pelangi yang muncul ketika ada pelangi primer yang terlebih dahulu akan muncul dan kemudian disusul dengan pelangi sekunder yang biasa nya warnanya tidak terlalu mencolok dan redup tidak seperti pelangi primer karena pelangi sekunder memiliki karakteristik tertentu dan warnanya ditampilkan terbalik dari warna pelangi primer.

5. Sundogs


Sundogs adalah pelangi yang biasa muncul pada musim dingin yang cuacanya cerah. Sundogs akan terjadi ketika matahari sedang bersinar melalui kristal es yang tinggi di atmosfer. Sundogs ini memiliki warna merah pada bagian dalam dan ungu pada bagian luar serta dengan warna pelangi yang lainnya yang ikut muncul secara bersamaan. Dan jika semakin tebal konsentrasi kristal es di udara maka semakin tebal juga struktur warna pelanginya.

6. Waterfall Rainbow (pelangi air terjun)


Waterfall rainbow adalah jenis pelangi yang biasanya menggunakan kabut pada proses pembiasannya yang biasanya kabut air terjun yang akan bercampur pada aliran udara konstan atmosfer yang secara terus menerus. Dan biasanya air terjun jenis ini biasa muncul diatas air terjun sehingga keindahannya sangat menakjubkan karena ada pelangi yang muncul dan dibawahnya terdapat air terjun namun fenomena ini sangat langka untuk kita jumpai.

7. Fire Rainbow (pelangi api)


Fire rainbow atau yang biasa disebut dengan pelangi api memang sangat asing jika di dengar, namun bukan berarti pelangi ini pelangi buatan dari api dan fenomena fire rainbow ini hanya dapat di lihat dalam waktu tertentu. Yang berperan dengan adanya fire rainbow ini adalah awan cirrus yang bertindak seperti prisma yang harus ketinggiannya berada pada 20.000 kaki dan dengan pancaran sinar matahari yang matahari dalam keadaan menyorot yang berada pada ketinggian 58-68 derajat. Karena rainbow fire tidak dapat dilihat dari dataran rendah yang berada ketinggiannya sekitar lebih dari 55 derajat diantara utara dan selatan.

8. Moonbows (busur bulan)


Monbows atau yang biasa disebut dengan busur bulan adalah pelangi yang berbentuk seperti busur yang disebut dengan pelangi lunar yaitu pelangi yang datangnya pada malam hari. Pelangi ini memang jarang sering muncul karena cahaya bulan tidak terlalu terang walaupun bulan masih dalam keadaan penuh dan diperlukannya juga hujan dibagian yang berlawanan pada bulan tersebut dan prosesnya sama saja dengan pembiasan pelangi pada siang hari, dan keadaaan langit harus sangat gelap dan posisi sudut elevasi bulan harus tidak lebih dari 42ยบ tingginya. Sehingga sulit untuk kita dapat melihat moonbows atau yang biasa disebut dengan busur bulan.

9. Fogbows (busur kabut)


Fogbows atau yang disebut dengan busur kabut adalah jenis pelangi yang jarang sekali kita lihat daripada pelangi biasa yang pada umumnya sering tampak . Karena fogbows bisa di ciptakan dengan jumlah parameter tertentu seperti sumber cahaya harus berada di belakang pengamat dan membumi dan juga kabut yang ada di belakang pengamat harus tipis sehingga sinar matahari yang dapat bersinar akan melalui kabut tebal di depannya.

Dan berikut adalah penjelasan terakhir yaitu mengenai jenis-jenis pelangi yang langka sehingga akan sulit muncul dan jarang di lihat oleh manusia kecuali dalam kurun waktu tertentu.

Berbagai ekosistem di bumi memiliki peran yang berbeda-beda, namu keseluruhannya dibuat untuk menjaga kelestarian bumi. Hal ini seperti ditemui pada :
fungsi hutan lindung
fungsi hutan bakau
manfaat sungai

Semoga artikel yang sudah di jelaskan bisa bermanfaat dan bisa dijadikan sumber ilmu pengetahuan anda.




Baca Artikel Terkait: