-->

Jumat, 03 November 2023

Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa perbedaan katak dan kodok? Sebagian besar orang akan berpendapat bahwa katak dan kodok merupakan hewan yang sama. Oleh sebab itu jika muncul pertanyaan mengenai apa perbedaan dari katak dan kodok, maka sulit untuk menjawabnya. Bahkan banyak orang yang menggunakan kedua nama hewan tersebut sebagai sinonim yang saling menggantikan. Pada kenyataannya, katak dan kodok merupakan hewan yang berbeda. Kedua hewan ini tidak hanya memiliki perbedaan pada nama yang diberikan saja, tetapi juga memiliki banyak perbedaan lainnya. 
 
beda kodok dan katak,perbedaan katak jantan dan betina,ikan dan katak,pc dan laptop,mengapa bulu bebek tidak basah saat terkena air,bulu bebek tidak basah karena,fisik,family,
Secara awam, perbedaan katak dan kodok ini memang tidak dapat dideskripsikan dengan baik. Namun secara ilmiah, Anda dapat mengetahui perbedaan antara katak dan kodok dengan baik. Bahkan dalam bahasa Inggris, keduanya memiliki nama yang berbeda juga. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia saja, tetapi juga pada bahasa Inggris. Hal ini setidaknya sudah membuktikan bahwa katak dan kodok merupakan hewan yang berbeda. Katak dikenal sebagai toad sedangkan kodok dikenal sebagai frog. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan mengenai perbedaan antara katak dan kodok berikut ini.
 
Jika dilihat secara sekilas, katak dan kodok memang memiliki bentuk yang hampir sama. Namun untuk membedakan keduanya, Anda dapat membedakannya melalui ciri-ciri berikut ini:
  • Kulit
Dilihat dari kulitnya, katak memiliki kulit yang halus, berlendir dan terasa lembab. Sedangkan kulit kodok akan terasa kasar, berbintil-bintil dan juga terasa kering.
  • Tungkai
Katak memiliki tungkai yang kuat, tidak hanya itu jika diperhatikan maka tungkai katak akan terlihat lebih panjang dan juga berselaput. Sedangkan untuk kodok, tungkai bagian belakang pendek dan hewan ini tidak pandai melompat.
  • Jari
Perbedaan lainnya juga dapat Anda lihat pada jari-jari kedua hewan ini. Katak memiliki ujung jari yang berbentuk bulat kecil, digunakan untuk menempel di pohon. Sedangkan kodok memiliki jari yang mirip seperti cakar, digunakan untuk menggali.
  • Habitat
Perbedaan katak dan kodok lainnya juga dapat dilihat dari habitatnya. Habitat katak yaitu di pohon, sungai, danau, rawa, sawah dan lain-lain. Sedangkan habitat kodok antara lain di pematang sungai, sekitar rumah dan di kayu lapuk.
  • Bentuk tubuh
Katak memiliki bentuk tubuh yang terlihat ramping, walaupun ada juga yang tidak. Namun untuk kodok, hampir semua spesies kodok memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan pendek.
  • -Nilai ekonomis
Sampai saat ini katak masih menjadi hewan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Katak dapat dijadikan sebagai bahan makanan, tidak untuk kodok.
Indonesia dikenal sebagai pengekspor paha katak yang terbesar di seluruh dunia. Paha katak memiliki rasa yang enak layaknya paha ayam. Paha katak ini tidak hanya diekspor ke luar negeri tetapi juga banyak dijadikan bahan makanan di Indonesia. Itulah perbedaan katak dan kodok secara ilmiah yang dapat Anda ketahui.
 
sumber : https://perbedaanterbaru..com/2015/08/perbedaan-katak-dan-kodok-secara-ilmiah.html



Baca Artikel Terkait: