BBM Semakin Hemat Dengan Tips Berikut


Dari semakin tingginya harga BBM, maka harga-harga barang yang lain pun juga ikut naik. Dari kondisi yang kian sulit ini memaksa orang-orang untuk hidup dengan lebih irit. Tidak hanya irit untuk urusan belanja saja, berkendara hendaknya harus juga mengirit. Lebih baik Anda jangan menggunakan kendaraan kalau memang tidak terlalu dibutuhkan. Anda lebih baik memakai sepeda atau jalan kaki kalau memang jarak yang akan ditempuh dekat atau tidak jauh. Tetapi kalau memang harus memakai kendaraan mobil, maka Anda harus pastikan untuk selalu berkendara dengan metode yang tepat atau dengan cara menghemat bbm.
Berkendara memang haruslah dengan aman, tetapi tidak hanya itu, para pengemudi juga lebih baik harus tahu tips mengemudi yang bisa menghemat penggunaan bahan bakar minyak BBM. Dari konsumsi bahan bakar minyak BBM itu sendiri ditentukan oleh sangat banyak hal. Disamping dari jenis kendaraan mobil yang dikendarai, metode atau cara mengemudi mobil juga sebenarnya memiliki andil yang besar atau berpengaruh tinggi pada jumlah penggunaan bahan bakar minyak BBM yang terpakai. 
Walaupun merek mobil Anda apapun, Anda bisa mempelajari tips hemat bahan bakar minyak BBM berikut ini. Anda bisa dengan mengecek selalu kondisi mesin kendaraan. Anda harus memastikan bahwa kondisi mesin mobil Anda selalu prima. Dengan kondisi mesin kendaraan yang selalu optimal dan prima, maka akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar minyak BBM pada kendaraan mobil tersebut.
Hal ini yang menjadi salah satu alasan kenapa pengecekan kendaraan secara rutin harus diterapkan. Tidak sulit melakukan tips hemat bahan bakar minyak BBM satu ini. Setiap kali Anda sebelum berkendara, Anda bisa menyalakan mesin kendaraan mobil Anda lalu didengarkan bunyinya. Untuk bunyi mesin kendaraan mobil yang normal tentunya terdengar lebih halus sesuai jenis mesin kendaraan mobilnya. Jika suara mesin mobilnya berisik, maka ada bagian yang kurang benar dan lebih baik diperbaiki atau diganti. Disamping itu, Anda jangan sampai lupa untuk servis kendaraan mobil Anda secara rutin. Anda bisa memreiksa dari buku manual untuk bisa mengetahui kapan kendaraan mobil Anda harus diservis.
Selain itu, ada tips hemat bahan bakar minyak BBM lainnya yaitu dengan menghindari rem yang mendadak serta akselerasi kecepatan yang berlebihan. Jika Anda mengerem dengan mendadak, maka hal tersebut bisa mengikis rem itu sendiri dengan cepat. Kalau Anda sering mengerem, maka mobil Anda juga pasti akan semakin sering memulai proses tarikan dari mulai titik bawah. Hal tersebut tentunya bisa berdampak pada pemakaian jumlah bahan bakar minyak BBM yang dipakai.
Disamping itu akselerasi kendaraan mobil yang berlebihan bisa juga menguras bahan bakar minyak BBM dengan lebih cepat. Cara untuk menyetir mobil supaya bisa hemat bensin yaitu dengan cara menginjak gas dengan perlahan dan juga bertahap. Lebih baik Anda jangan langsung menekan pedal gas terlalu dalam-dalam pada waktu yang cepat. Selain bisa boros bahan bakar minyak BBM, cara berkendara yang seperti ini cukup berbahaya juga. Tips terakhir yaitu dengn menjaga tingkat RPM mesin, mengoper gigi ada juga tekniknya. Supaya lebih menghemat bahan bakar minyak BBM, Anda tentunya harus tahu saat yang tepat untuk mengganti gigi. Lebih baik oper gigi pada saat RPM berada pada tingkat 1.500 sampai 2.200 untuk mesin bensin. Sedangkan untuk jenis mesin diesel, kisaran RPM ada pada tingkat 1.100 hingga RPM 2.000. Demikian saja dan semoga bermanfaat.

0 Response to "BBM Semakin Hemat Dengan Tips Berikut"