Tips Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjalani Liburan


Tak terasa, sebentar lagi kita akan mengakhiri tahun 2018 dan memasuki tahun 2019. Ada banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menyambut Tahun Baru, di mana biasanya Anda bisa mendapatkan waktu cuti yang cukup panjang. Salah satu aktivitas favorit orang-orang menjelang dan saat Tahun Baru tentu saja adalah travelling. Meskipun berisiko mendapatkan harga akomodasi yang lebih tinggi karena sedang high season, tetap saja banyak orang masih memilih Tahun Baru sebagai waktu travelling favorit. Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah siap berlibur? Eits, tunggu dulu. Walaupun judulnya liburan, tetap saja ada hal-hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Tips Persiapan untuk Traveling yang Nyaman dan Aman


Bagi Anda yang masih belum berpengalaman dalam travelling dan masih bingung bagaimana merencanakan liburan yang sempurna baik sendiri ataupun bersama teman dan keluarga, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda menyusun rencana tersebut.

Tentukan Tujuan

Destinasi liburan adalah hal utama yang harus dipikirkan secara matang. Salah memilih destinasi liburan bisa mengakibatkan liburan Anda berakhir sebelum dimulai. Dalam memilih destinasi liburan, ada baiknya disesuaikan dengan suasana yang Anda inginkan. Contohnya, apabila Anda ingin liburan yang tenang, daerah pegunungan mungkin bisa menjadi pilihan. Bila Anda ingin liburan yang tidak jauh dari keramaian, daerah pusat kota bisa menjadi pilihan.

Cari Informasi

Anda mungkin mendapatkan rekomendasi tentang destinasi liburan dari orang lain, tapi Anda tetap harus melakukan riset dan mencari tahu sebanyak mungkin informasi tentang destinasi liburan tersebut. Untungnya, mencari informasi tentang suatu tempat sekarang bukanlah hal yang sulit lagi, terutama dengan kehadiran internet. Anda bahkan bisa saja mendapat inspirasi tentang destinasi liburan lainnya selagi mencari informasi.

Persiapkan Tiket Perjalanan

Setelah menentukan destinasi liburan, hal penting selanjutnya yang juga perlu Anda siapkan adalah transportasi. Bila akan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan tersebut berada dalam kondisi prima agar Anda dapat melakukan perjalanan dengan lebih tenang. Lakukan servis berkala menjelang keberangkatan untuk memastikan tidak ada masalah pada kendaraan Anda. Bila Anda akan menggunakan transportasi umum, sebaiknya segera pesan tiket perjalanan Anda beberapa minggu atau bulan sebelum waktu liburan. Selain harga yang lebih murah, memesan tiket dari jauh hari juga akan membuat Anda semakin leluasa merencanakan itinerary perjalanan selama menjalani liburan Anda. Memesan tiket dari jauh hari juga bisa menghindarkan Anda dari risiko kehabisan tiket, terutama bila Anda bepergian pada high atau peak season.

Tentukan Penginapan

Akomodasi atau penginapan adalah hal berikutnya yang juga harus Anda perhatikan setelah memutuskan destinasi liburan. Pilihlah lokasi yang strategis dan memberikan banyak penawaran yang menguntungkan. Sesuaikan pula lokasi penginapan dengan rencana perjalanan Anda agar waktu liburan Anda bisa lebih efisien. Hindari penginapan yang berada terlalu jauh dari objek-objek wisata tujuan Anda meskipun menawarkan harga yang lebih murah. Anda tentu tidak ingin menghabiskan waktu liburan Anda di perjalanan semata bukan?

Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa supaya Perjalanan Aman dan Nyaman

Yang namanya travelling atau liburan, tentu harus dipersiapkan. Persiapan tersebut tentu saja berkaitan erat dengan barang-barang yang akan Anda bawa selama liburan. Bahkan bila Anda menjalani liburan ala backpacker sekalipun, tetap penting untuk membuat sebuah daftar dan memastikan Anda membawa semua barang penting yang berguna selama Anda berlibur nanti. Beberapa barang berikut ini mungkin bisa membantu Anda melengkapi daftar tersebut.

Uang Tunai dan Dokumen Penting


Di era digital seperti sekarang, semakin banyak orang mengurangi penggunaan uang tunai. Tapi, saat berlibur, akan lebih bijak untuk menyediakan uang tunai lebih. Di manapun Anda berlibur, uang tunai pasti akan lebih terpakai dibanding uang digital. Bayangkan Anda berada di pantai dan tidak membawa uang tunai. Tentu liburan Anda akan berjalan dengan buruk. Sementara itu, untuk dokumen penting sudah tentu bukan hal yang bisa ditawar lagi. Kartu identitas seperti KTP, paspor, maupun visa bila Anda berlibur ke luar negeri, harus senantiasa dibawa kemanapun Anda pergi. Gagal menunjukkan kartu identitas saat diminta bisa memberikan Anda banyak masalah. Jangan sampai liburan Anda berakhir seperti itu hanya karena lupa membawa kartu identitas. Jika Anda takut lupa, gunakan tas kecil untuk menyimpan semua dokumen tersebut. Anda juga bisa menyimpan dokumen-dokumen tersebut dalam bentuk digital untuk berjaga-jaga seandainya Anda benar-benar lupa membawa dokumen asli atau dokumen Anda hilang dalam perjalanan.

Tas Travel


Ketika liburan, Anda tentu akan membawa banyak sekali barang dari rumah, mulai dari pakaian hingga kebutuhan penting lainnya. Untuk itu, Anda harus menyediakan tas traveling yang sesuai dengan kondisi dan durasi perjalanan. Jika liburan yang Anda lakukan hanya di satu area dengan tempat menginap yang telah ditentukan, Anda mungkin akan membutuhkan banyak barang sehingga mungkin tas jenis koper bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, bila barang bawaan yang Anda bawa tidak terlalu banyak dan Anda akan bepergian ke lebih dari satu destinasi wisata yang berjauhan, Anda bisa memilih tas jenis backpack yang nyaman dan dapat menampung banyak barang.

Kamera


Di era digital seperti ini, liburan tanpa kamera bagaikan sayur tanpa garam. Alasannya, apa lagi kalau kamera berfungsi untuk mengabadikan setiap momen berharga saat liburan yang mungkin tak akan Anda dapatkan pada hari-hari biasa. Jadi, wajar sekali bila kita ingin mengabadikan momen-momen tersebut. Ada banyak pilihan kamera yang bisa Anda pertimbangkan, namun tergantung pada jenis liburan yang Anda lakukan, kamera digital atau kamera saku bisa menjadi pilihan yang lebih pas. Walaupun mungkin kualitasnya tidak sebaik kamera DSLR, faktor utama yang membuat kamera digital jauh lebih cocok dibawa saat liburan tidak lain adalah ukurannya yang kecil dan mudah dibawa ke mana-mana. Anda bahkan bisa mengalungkannya ke leher Anda dan siap mengabadikan setiap momen liburan kapan saja.

Itu dia beberapa barang yang perlu Anda siapkan sebelum pergi berlibur. Pastikan Anda mendapatkan semua kebutuhan liburan tersebut di iLOTTE tempat belanja online original dan pastikan agar semua barang yang Anda perlukan selama berlibur nanti sudah dibeli beberapa hari atau minggu sebelum liburan Anda dimulai. Meskipun tidak semua barang tersebut akan dipakai pada akhirnya, tidak ada salahnya untuk bersiap menghadapi segala situasi dan kondisi yang mungkin saja terjadi selama liburan Anda. Jika barang yang Anda bawa tidak terpakai, maka tidak akan ada kerugian yang Anda alami. Sebaliknya, bila sesuatu terjadi selama liburan dan Anda tidak membawa barang yang seharusnya berguna, akan tentu akan sangat menyesal. Selamat berlibur!

0 Response to "Tips Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menjalani Liburan"