Fakta Patung Garuda Wisnu Kencana



Garuda Wisnu Kencana adalah sebuah destinasi wisata yang ada di Bali. Tempat ini sangat terkenal sekaligus menjadi salah satu ikon pulau Bali. Setiap harinya tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para turis, baik itu turis domestik ataupun turis mancanegara. Semua orang ingin melihat lebih dekat patung Garuda Wisnu Kencana atau GWK yang ada di sini. Tapi sebelumnya tahukah kamu apa makna dari patung GWK ini? Kalau kamu penasaran dan ingin tahu, simak terus artikel berikut ini beserta dengan fakta-fakta lainnya tentang GWK yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Makna Patung GWK
Ternyata makna dari patung GWK ini sangat mendalam. Patung yang menjadi daya tarik utama dari tempat ini merupakan Dewa Wisnu yang tengah menunggangi Garuda dan ada cerita yang cukup menarik di balik itu. Masyarakat setempat mempercayai bahwa Dewa Wisnu sebagai dewa yang memiliki tugas untuk memelihara dan melindungi segala hasil ciptaan Tuhan adalah sebuah simbol untuk menjaga lingkungan di sekitar dan juga di dunia. Sementara itu Garuda di sini memiliki simbol sebagai kebebasan dan kesetiaan.

2. Hasil Karya Kelas Dunia
Patung GWK ini merupakan patung yang berkelas internasional, atau hasil karya kelas dunia. Hal tersebut membuat patung ini menjadi sebuah kebanggaan bagi warga Indonesia, khususnya masyarakat Bali. Patung ini diresmikan pada tanggal 22 September tahun 2018 di mana pembangunannya dimulai dari 28 tahun yang lalu. Seniman yang membuat patung ini adalah I Nyoman Nuarta.

3. Ketinggiannya Melebihi Patung Liberty
Ketinggian dari patung Garuda Wisnu Kencana ini adalah 121 meter. Faktanya, ketinggian patung tersebut telah melebihi ketinggian dari patung Liberty yang berada di Amerika Serikat sana yang tingginya 93 meter. Patung GWK ini juga menjadi patung tertinggi ketiga di dunia setelah patung Statue of Unity di India, dan patung Spring Temple Buddha di China.

4. Melibatkan 120 Seniman dan 450 Miliar
I Nyoman Nuarta sebagai pemrakarsa dan juga perencana dari pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana ini melibatkan setidaknya 120 seniman lain untuk membantunya mewujudkan patung ini. Selain itu dana yang telah dikeluarkan untuk pembuatan patung ini adalah sekitar 450 miliar rupiah.

5. Tahan Terhadap Gempa
Patung Garuda Wisnu kencana tak hanya dibangun dengan berdasarkan seni saja, melainkan juga dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu patung GWK ini dirancang dengan sangat kuat dan memiliki struktur yang mampu bertahan dari badai dan juga gempa bumi yang cukup sering terjadi di Pulau Bali.

Bagaimana, menarik bukan fakta tentang patung Garuda Wisnu Kencana yang sudah disebutkan di atas. Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi tempat ini maka kamu bisa langsung datang saja ke Pulau Bali. Kamu bisa mencari tahu mengenai harga tiket GWK secara online. Lokasi dari tempat ini berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung. Jika kamu datang ke Bali dengan pesawat, kamu akan mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali. Dari situ kamu bisa langsung menuju ke lokasi GWK hanya dengan menempuh jarak sekitar 30 menit menggunakan kendaraan. Selain itu, di Bali juga ada pilihan alat transportasi lainnya seperti kamu bisa menyewa motor, kamu bisa pesan taxi, kamu bisa menggunakan layanan rental mobil, atau dengan memesan paket liburan ke Bali yang termasuk mengunjungi GWK.

0 Response to "Fakta Patung Garuda Wisnu Kencana"