Kalkulator Berat Badan Ibu Hamil Dan Berat Badan Idealnya


Seiring dengan berkembangnya teknologi, kalkulator berat badan ibu hamil semakin kompleks. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan dapat menghitung berat badan selama kehamilan secara keseluruhan, namun juga per minggunya.

Misalnya ketika Anda mencari apakah Anda memiliki berat badan ideal di minggu ke 29, maka Anda harus memasukkan tidak hanya tinggi badan namun juga masa kehamilan. Jika Anda memiliki tinggi badan 153 cm dan usia kehamilan yang ingin diketahui adalah minggu ke-29 maka hasilnya adalah sekitar 58,15 kg. Sehingga Anda bisa mengetahui berat badan ideal ibu hamil (BBIH) adalah 58,15 kg.


Rumus Berat Badan Ibu Hamil

Jika Anda menghitung dengan menggunakan kalkulator yang ada di website ataupun aplikasi, Anda akan lebih mudah untuk memperoleh hasilnya. Namun, jika Anda tidak memiliki akses untuk menghitung BBIH, Anda bisa menggunakan cara manual. Rumusnya adalah:
BBIH = BBI + (UH x 0,35)

Keterangan:
-        BBI : berat badan ideal sebelum Anda hamil (satuan kg).
Rumus ini sendiri merupakan pengembangan dari rumus Borca untuk masyarakat Eropa. Rumus tersebut kemudian disesuaikan oleh Katsura sehingga pas untuk dipergunakan oleh orang Indonesia.
-        UH : Usia kehamilan yang dihitung per minggu.

Kenapa hitungnya per minggu? Karena dengan perhitungan per minggu dapat membantu Anda untuk tahu apakah ada resiko penambahan berat badan. Jikapun ada yang salah misalnya penambahan berat badan terlalu banyak, maka bisa dikurangi atau dilakukan kontrol agar penambahan berat badan yang ideal.

-        BBIH: Berat badan ideal ibu hamil.
-        0,35 : tambahan berat badan untuk per minggunya.

Dipergunakan 0,35 dalam rumus BBIH disebabkan karena rata-rata berat badan sekitar 350-400 gr dan dipergunakan yang terendah untuk penekanan kualitas dibandingkan kuantitas
BBI sendiri bisa diukur dengan rumus:

-        TB-110 untuk seseorang dengan tinggi badan di atas 160 cm. Misalnya tinggi badan Anda 165 cm, maka Anda akan memperoleh BBI sebesar 55.
-        TB-105 untuk seseorang yang memiliki tinggi badan di bawah 160 cm. Misalnya tinggi badan 155 cm, maka BBI Anda adalah 50.
-        TB-100 untuk yang memiliki tinggi badan di bawah 150 cm.

Rumus Berat Badan Ibu Hamil dengan Body Mass Index  (BMI)

Jika dirumuskan, perhitungan untuk kalkulator berat badan ibu hamil yaitu dengan:
BMI 
Keterangan:
BB = berat badan (satuan dalam kg).
TB = tinggi badan (satuan dalam meter).
Sehingga, jika Anda memiliki tinggi 150 cm dan berat badan Anda adalah 70. Maka hasil perhitungannya adalah 70 : (1,5x1,5) = 31.1 atau bisa dikatakan kurang.

Bagaimana Jika Berat Badan Kurang?

Jika berat badan kurang salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi 2x lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Jikapun tidak bisa, misalnya Anda merasa mual terutama di trimester pertama, coba untuk makan dengan porsi yang sedikit namun sering.
Ada beberapa jenis camilan yang bisa Anda konsumsi saat Anda merasa mual dan lapar sebelum jam utama. Beberapa di antaranya adalah yogurt, buah-buahan dan kacang-kacangan. Saat makan makanan utama, Anda bisa mengkombinasikan makanan pokok seperti nasi atau kentang dengan sayuran, buah, lauk yang berprotein seperti tempe dan juga minuman susu ataupun jus buah.
Misalnya Anda tidak bisa makan makanan yang banyak seperti nasi, maka Anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi camilan yang lebih banyak. Misalnya dengan makan salad ataupun smootie sehat yang terbuat dari campuran sayur, buah dan yogurt.

0 Response to "Kalkulator Berat Badan Ibu Hamil Dan Berat Badan Idealnya"