-->

Sabtu, 30 November 2019



Anemia merupakan penyakit yang terjadi karena adanya kurangnya hemoglobin pada sel darah merah. Menurut alodokter.com anemia dapat terjadi sementara atau dalam jangka panjang. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan seseorang menderita anemia seperti masalah kekebalan tubuh yang membuat terjadinya eliminasi yang terjadi lebih awal dari biasanya pada sel merah. Penyebab lainnya adalah faktor keturunan yang dapat membuatmu mengidap beberapa bentuk anemia seperti anemia sel sabit yang disebabkan oleh mutasi atau perubahan genetik pada hemoglobin yang membuat hemoglobin menjadi lengket dan bentuknya tidak normal, yaitu seperti bulan sabit dan Talasemia disebabkan oleh mutasi gen yang mempengaruhi produksi hemoglobin Penyebab lainnya adalah ketika wanita produktif sedang dalam masa hamil. Ibu hamil memiliki hemoglobin yang lebih rendah dari jumlah normal. Ketika hamil disarankan untuk mengonsumsi banyak zat pembentuk hemoglobin seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Terdapat beberapa makanan yang harus dikonsumsi dan makanan yang menjadi pantangan anemia.  Apa saja itu?
Dilansir dari hellosehat.com terdapat beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita anemia adalah sebagai berikut.
1.     Mengandung asam folat
Asam folat merupakan nutrisi yang dapat membantu dalam meningkatkan jumlah sel darah merah bagi tubuh dan dapat larut dalam air. Kurangnya asam folat dapat menyebabkan anemia megaloblastik. Kamu dapat mengonsumsi makanan dengan asam folat tinggi seperti kacang merah, kacang hijau, jeroan hati, kacang polong dan sayuran hijau. 
2.     Mengandung vitamin B12
Vitamin B12 ini dapat meningkatkan fungsi sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah normal dengan lebih banyak. Kekurangan vitamin jenis ini akan mengakibatkan sel darah merah yang dihasilkan tubuh tidak normal bentuknya. Makanan dengan kandingan ini antara lain seperti ikan, daging merah, telur, jeroan ati sapi, sereal dan susu.
3.     Mengandung zat besi
Zat besi adalah Salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh penderita anemia. Tubuh tidak dapat membuat hemoglobin yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah tanpa adanya zat besi yang cukupTerdapat dua jenis zat besi, yaitu heme dan non heme. Heme merupakan zat besi yang sering ditemukan dalam sumber hewani seperti ikan, daging, dan jeroan hewan. Jenis non heme terdapat pada sumber nabati seperti sayuran hijau.
4.     Mengandung tinggi tembaga
Zat tembaga juga memiliki fungsi untuk meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh. Kekurangan zat tembaga akan membuat tubuh menyerap zat besi dalam jumlah yang sedikit. Makanan yang mengandung zat tembaga tinggi antara lain seperti udang dan kepiting, buah ceri dan cokelat, kacang-kacangan, gandum utuh dan daging unggas seperti ayam dan bebek.
Masih banyak lagi kandungan nutrisi makanan yang dibutuhkan oleh penderita anemia yang mungkin dapat kamu cari tahu lebih lanjut. Dibalik itu terdapat beberapa makanan yang merupakan pantangan anemia. Apa saja itu? Dilansir dari klikdokter.com ada beberapa makanan yang harus dihindari seperti:
1.     Gluten
Gluten menjadi pantangan anemia karena dapat menyebabkan nutrii seperti float dan zat besi tidak terserap dengan sepenuhnya. Gluten juga akan menyebabkan masalah pada pencernaan ketika kamu memiliki intoleransi pada gluten. Gluten dapat ditemukan pada gandum, biji-bijian, selai dan pasta. Namun, roti gandum memiliki zat besi yang tinggi, yaitu sebesar enam persen dari jumlah zat besi harian.
2.     Kalsium
Kalsium juga dapat mengganggu penyerapan zat besi sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita anemia. Kamu dapat menghindari mengonsumsi kalsium yang dibarengi dengan makanan yang mengandung zat besi seperti yoghurt dan keju.
3.     Tanin
Tanin mengandung zat yang dapat menganggu penyerapan nutrisi dari sayur-sayuran berdaun hijau gelap. Tanin adalah zat alami yang terdapat pada tumbuhan seperti teh hijau dan hitam, biji-bijian, kopi dan anggur. Penderita anemia tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebih karena akan memperparah penyakit anemia. Kafein dapat menyebabkan terganggunya proses absorpsi atau kemampuan tubuh dalam menyerap zat bersi yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Penderita anemia tidak dianjurkan untuk meminum kopi atau teh saat makan karena dapat menganggu penyerapan zat besi pada tubuh.
Itulah makanan yang dapat kamu konsumsi dan menjadi pantangan anemia.




Baca Artikel Terkait: