Hadist Tentang Cinta dan Juga Kasih Sayang


Kepada sesama manusia di muka bumi ini, khususnya pada saudara muslim dimana Islam telah mengajarkan untuk umatnya selalu menyebarkan cinta dan juga kasih sayang. Dapat kita lihat bahwa Rasulullah sendiri telah menyerukan kepada umat nya untuk menebarkan rasa cinta, kasih dan sayang. Agar lebih jelas nya mari kita simak bersama ulasan berikut ini yang akan menyajikan beberapa kumpulan hadis tentang cinta kasih dan sayang yang sangat penting untuk di ketahui. 
Dalam hadits riwayat Thabarani, Rasulullah SAW bersabda, sesungguhnya Allah hanya menyayangi hamba – hamba nya yang penyayang. Kemudian dalam hadits riwayat Abu Dawud dan At – Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, para pengasih dan penyayang di kasihi dan di sayang oleh Arrahmaann (Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang) rahmatilah yang ada dibumi niscaya kalian akan di rahmati oleh zat yang ada dilangit. Kemudian masih dalam hadits riwayat Tirmidzi, orang – orang yang memiliki sifat kasih sayang akan di sayang oleh Allah SWT yang maha penyayang, maka sayangilah semua yang ada dibumi maka semua yang ada dilangit juga akan menyayangi mu. Kasih sayang itu adalah bagian dari rahmat Allah SWT barang siapa yang menyayangi, maka Allah akan menyayangi nya. Siapa yang memutuskan nya, Allah SWT juga akan memutuskan nya. 
Bahwa ada seseorang yang mengunjungi saudara nya didesa lain, lalu Allah mengutus malaikat agar membuntutinya. Pada saat malaikat menemaninya lalu malaikat berkata, kau mau kemana? Kemudian ia menjawab, aku ingin mengunjungi saudara ku didesa ini. kemudian malaikat terus bertanya, apakah kamu akan memberikan sesuatu kepada saudara mu? Lalu ia menjawab tidak ada, melainkan hanya aku mencintai nya karna Allah SWT, kemudian malaikat berkata sesungguh nya aku di utus Allah kepada mu, bahwa Allah mencintai mu sebagaimana kamu telah mencintai orang tersebut karna Nya. Hadist berikut ini dalam riwayat muslim.

Selain memiliki perasaan cinta kepada Allah SWT dan juga Rasul, kita juga akan memiliki suatu perasaan yang tumbuh kepada lawan jenis yang telah sering kita temui. Perasaan yang muncul ini akan membuat merasakan suatu rasa yang menyenangkan juga indah untuk dirasakan. Akan tetapi jika sebuah perasaan ini tidak dapat di kendalikan juga di arahkan dengan baik, tentunya cinta ini akan menimbulkan dosa yang tentu di benci oleh yang maha esa. Untuk itu, berikut ada hadits mengenai cinta kepada lawan jenis yang perlu kita ketahui dan dipelajari sebaik mungkin. Siapa yang mencintai seseorang karna Allah SWT, kemudian seseorang yang di cintainya itu berkata aku juga mencintai mu karna Allah SWT. Maka kedua nya akan masuk kedalam surga. Orang yang lebih besar cinta nya akan lebih tinggi pula derajatnya dari pada yang lain nya. Ia akan di gabungkan dengan orang-orang yang mencintai karna Allah, dalam hadits riwayat Al-Bazaar. Kemudian dalam hadits riwayat At-Tirmidzi, cintailah kekasihmu sewajar nya saja karna bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi orang yang kamu benci, bencilah sewajar nya saja karna bisa saja suatu saat ia akan menjadi kekasih mu. Kemudian Rasulullah bersabda, bila ada seseorang yang agama dan akhlaknya telah kau sukai, datanglah padamu melamar, maka terimalah lamaran nya. Bila tidak niscaya akan terjadi kekacauan dan kerusakan besar dimuka bumi, dalam hadits riwayat At-Tirmidzi.       

0 Response to "Hadist Tentang Cinta dan Juga Kasih Sayang"