Resep Asinan Sayur yang Enak dan Bikin Nagih

 


Saat ini ada berbagai macam kuliner yang bisa Anda coba. Mulai dari kuliner khas atau tradisional sampai modern, tentu mudah sekali untuk ditemukan. Maka dari itu Anda tentunya bisa menemui banyak kuliner yang populer saat ini dengan keunikan dan cita rasa berbeda tentunya.

Ada banyak hidangan khas kuliner Indonesia dengan bahan dasar buah, sayur, kacang-kacangan dan launnya. Salah satunya ada Asinan yang merupakan sejenis makanan yang proses pembuatannya dengan cara pengacaran. Ada dua cara pengacaran yang bisa dipilih, yaitu pengasinan menggunakan garam dan pengasaman dengan cuka.

Asinan ini terkenal memiliki cita rasa yang unik karena membuat sensasi segar ketika Anda memakannya. Dalam membuatnya, Anda harus tahu resep asinan sayur yang enak dan tentunya bikin nagih. Bahan dasar asinan mirip rujak hanya saja penyajiannya segar tetapi asinan dalam keadaan diacar. Dilakukan proses pengawetan dengan merendam sayur dalam lautan garam.

Bahan Dasar Asinan Sayur

Terdapat banyak jenis asinan yang saat ini sering dibuat dan terkenal. Bahan-bahannya biasanya menggunakan tauge, kol yang di iris tipis, buah mentimun dipotong dadu, selada, kacang tanah, tahu kuning kukus dadu kecil dan kerupuk mie. Itu yang menjadi bahan dasar asinan sayur, tentu jika satu tidak dimasukan maka cita rasa dan kesan akan sedikit kurang serta berbeda.

Dalam resep asinan sayur ini ada juga bahan kuahnya yang penting untuk Anda ketahui. Bahan-bahan tersebut diantaranya, kacang tanah goreng, ebi kering, asam jawa, gula jawa, bawang putih, cabai rawit merah, cabai merah keriting, cuka dan air. Untuk takarannya bisa menyesuaikan dengan selera dan berapa banyak asinan yang akan Anda buat tentunya.

Sampai saat ini asinan sayur masih tetap menjadi kuliner khas di Indonesia yang masih populer. Bahkan masih banyak juga orang yang minat untuk membuat asinan sayur ini. Sehingga sebagian orang memang memerlukan resep untuk dapat membuat asinan sayur dengan tepat. Pada pembahasan ini telah diuraikan bahan-bahan dasar dalam membuat asinan sayur tersebut.

Cara Pembuatan Asinan Sayur

Resep asinan sayur pertama, harus menghalusakan terlebih dahulu kacang tanah bersama cabai, ebi dan bawang. Setelah dihaluskan Anda tinggal merebusnya dengan air, lalu masukan air asam jawa kedalamnya. Kemudian masak hingga mendidih, lalu beri cuka dan asuk rata dan matikan api serta dinginkan. Setelah itu tata semua sayur pada piring dan siram dengan kauh kacang.

Dalam menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Anda harus sangat teliti. Pastikan semua bahan sudah dimasukkan, sehingga cita rasa yang luar bisa akan Anda rasakan. Memang asinan sayur memiliki dua cita rasa yang berbeda, karena menggunakan dua teknik. Pertama teknik penggaraman tentu memberikan rasa asin, serta pengasaman dengan cuka yang segar.

Itulah resep asinan sayur yang harus Anda ketahui dengan baik dan tepat tentunya. Lakukan setiap step dengan baik dan penuh ketelitian.

0 Response to "Resep Asinan Sayur yang Enak dan Bikin Nagih"