Inilah 8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

 


Bawang putih sering digunakan untuk penyedap masakan agar terasa lebih gurih dan enak. Namun, ternyata bawang putih ini memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah suatu penyakit bahkan mengatasi berbagai penyakit.

Bawang putih yang memiliki bau menyengat yang berasal dari kandungan sulfur organik ini mudah ditemukan di pasar ataupun swalayan. Jika Anda ingin mengetahui apa saja manfaat yang diberikan oleh bawang putih bagi kesehatan, simak ulasan ini lebih lanjut, yuk!

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Sebelum mengonsumsi bawang putih untuk kesehatan, ada baiknya Anda mengetahui kandungan nutrisi yang ada dalam bawang putih. Berikut ini terdapat berbagai kandungan nutrisi dalam 100 gram bawang putih mentah, antara lain:

·       Protein: 6,3 g

·       Lemak: 0,5 g

·       Karbohidrat: 33 g

·       Serat: 2,1 g

·       Kalsium: 181 ml

·       Zat besi: 1,7 ml

·       Magnesium: 25 ml

·       Fosfor: 153 ml

·       Kalium: 401 ml

Terdapat banyak fungsi dalam bawang putih, ternyata terdapat kandungan senyawa yang berperan sebagai antioksidan, antikanker, antiradang, dan antibakteri.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Setelah mengetahui manfaat bawang putih untuk kesehatan, Anda pasti ingin mengonsumsi bawang putih secara rutin. Berikut ini terdapat berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh Anda, yaitu:

Mencegah Terjadinya Penyakit Alzheimer dan Demensia

Seperti yang sudah disebutkan, bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu Anda dalam melawan radikal bebas yang ada pada tubuh. Radikal bebas cukup berbahaya bagi tubuh manusia, karenna bisa meningkatkan risiko penyakit otak, seperti penyakit alzheimer dan demensia.

Dalam sebuah riset, jika Anda mengonsumsi suplemen bawang putih, maka dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh Anda dan bisa mengatasi tekanan darah yang kadarnya tinggi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika Anda rajin mengonsumsi bawang putih secara rutin, maka dapat meningkatkan imunitas tubuh. Tetapi, manfaat yang satu ini memerlukan penelitian lebih lanjut, agar bisa mengetahui seberapa besar manfaat bawang putih pada peningkatan daya tahan tubuh.

Satu hal yang perlu Anda pahami, Anda boleh memakan bawang putih agar mendapatkan manfaatnya, namun jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang, sehingga kebutuhan nutrisi tubuh Anda dapat terpenuhi.

Mengurangi Terjadinya Risiko Kanker Paru

 

 

 

Mungkin bagi sebagian orang, mengonsumsi bawang putih mentah akan terasa berat, karena rasanya sangat kuat dan lebih pedas dibandingkan bawang putih yang sudah dimasak dan matang. Tetapi, Anda bisa mencoba memakan bawang putih yang memberikan manfaat dalam mengurangi risiko kanker paru.

Hal ini masuk ke dalam riset yang telah dipublikasikan di jurnal Cancer Prevention Research yang menjelaskan bahwa memakan bawang putih mentah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker paru.

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Dikenal memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan, ternyata bawang putih bisa membantu Anda dalam menurunkan kolesterol. Anda bisa konsumsi bawang putih mentah sebelum tidur agar bisa mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Terdapat jurnal penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Postgraduate Medicine yang menjelaskan bahwa mengonsumsi sekitar 10 gram atau sekitar 1 hingga 2 siung bawang putih setiap hari secara berturut-turut sekitar sebulan bisa menurunkan kolesterol Anda secara signifikan.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih bisa membantu dalam meminimalkan terjadi pengeroposan tulang, terutama kadar estrogen bagi perempuan.

Jika Anda memakan bawang putih mentah secara rutin, maka bisa membantu penderita osteoporosis yang dapat memberikan efek bagi tulang.

Melawan Radang, Pilek, dan Batuk

Ketika musim hujan tiba, penyakit yang umum terjadi seperti radang tenggorokan, pilek, flu, dan batuk rentan terjadi. Untuk mencegah terjadinya penyakit umu tersebut, Anda bisa mengonsumsi obat alami seperti bawang putih yang memiliki senyawa aktif allicin yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Bagi Anda yang sudah terkena penyakit umum tersebut, Anda bisa memakan bawang putih agar bisa mengurangi keparahan gejalanya dan bisa membantu Anda lebih cepat sembuh. Anda juga bisa konsumsi bawang putih untuk mengurangi rasa capek.

Melawan Bakteri dan Jamur

Terdapat penelitian yang dilakukan di Washington State University yang menyatakan bahwa bawang putih memiliki kandungan diallyl sulfide dapat membantu Anda untuk mengatasi bakteri Campylobacter yang sering menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan.

Dengan kandungan tersebut, jika Anda mengonsumsi bawang putih mentah mampu melawan bakteri dan jamur yang berada dalam tubuh manusia, bahkan dinilai 100 kali lipat kemampuannya lebih efektif bila dibandingkan dengan antibiotik.

Meringankan Keracunan Timah

Jika seseorang megalami keracunan timah, maka sangat berisiko terjadi masalah kesehatan yang serius. Tetapi, Anda bisa mengurangi keracunan timah dnegan mengonsumsi bawang putih mentah yang memiliki kandungan diallyl sufide dan sulfur secara rutin.

Bawang putih bisa membantu Anda dalam melindungi kandungan logam berat, seperti timah yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Anda bisa memakan bawang putih mentah agar mendapatkan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda secara rutin. Bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai informasi mengenai penyakit, kesehatan, obat-obat, dan lainnya, Anda bisa konsultasi dengan dokter di sini melalui smartphone Android.

0 Response to "Inilah 8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui"