Beberapa Daftar Aplikasi Pinjol Legal Yang Terdaftar dan Berizin dari OJK



Otoritas Jasa Keuangan atau OJK telah mencatat bahwa adanya 102 layanan pinjaman online (pinjol) yang sudah terdaftar resmi. Dalam perjalanannya pada bulan Maret tahun 2022 lalu, lembaga tersebut juga mencabut izin usaha dari Uang Teman.


Seperti yang sudah diketahui banyak masyarakat indonesia yang terjerat layanan pinjol ilegal. OJK mengingatkan masyarakat indonesia untuk menggunakan jasa penyelenggara yang sudah terdaftar dan berizin resmi.


Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) TongamTobing juga mengingatkan masyarakat indonesia untuk tidak terjerat dalam pinjol ilegal. Yakni dengan hanya meminjam uang pada pinjol yang sudah terdaftar dan resmi saja.

 
Berikut ini ada beberapa daftar pinjol legal yang terdaftar dan berizin dari ojk.


1. Amartha
Aplikasi aplikasi pinjol legal yang terdaftar dan berizin dari ojk yang pertama adalah bernama Amartha. Aplikasi amartha ini berfokus untuk membantu pengembangan usaha mikro masyarakat indonesia kelas menengah dan bawah. Melalui aplikasi Amartha ini, anda yang memiliki bisnis kecil kecilan dan mempunyai niat untuk mengembangkan bisnis, anda dapat mengajukan pinjaman di aplikasi amartha ini. Selain itu, jika anda ingin jadi investor yang memberikan pinjaman, anda bisa memberikan modal mulai dari Rp100.000 saja. Sebagai informasi, pada saat ini aplikasi Amartha sudah berhasil memberikan modal bisnis kepada 1 juta CEO UMKM di pedesaan. Dengan modal bisnis yang diberikan tersebut, usaha UMKM ini juga kian maju dan berkembang.

2. Maucash
Aplikasi aplikasi pinjol legal yang terdaftar dan berizin dari ojk yang kedua adalah bernama Maucash. Sebagai salah satu anak dari perusahaan Astra Grup, aplikasi Maucash ini sudah pasti aman buat anda gunakan untuk meminjam uang. Dirilis oleh PT Astra Welab Digital Astra, anda dapat meminjam uang dengan limit hingga Rp15.000.0000. Selain itu, anda juga dapat menikmati layanan Paylater buat membeli barang. Tinggal pilih barang yang anda ingin beli melalui aplikasi AstraPay, maka anda dapat membayarnya nanti via aplikasi Maucash ini.

3. Danamas
Aplikasi aplikasi pinjol legal yang terdaftar dan berizin dari ojk yang ketiga adalah Danamas. Danamas merupakan aplikasi pinjaman online yang berada dalam naungan perusajaan Sinarmas Financial Service.
Layanan dari aplikasi Danamas ini adalah memberikan modal dan peminjaman uang. Setiap nasabah yang mau mengajukan pinjaman uang dijamin 100% tidak sulit dan tidak berbelit-belit. Pinjaman uang yang anda ajukan juga bisa terbilang memiliki bungayang rendah. Selain itu, dana yang akan dipinjam dilindungi oleh asuransi. Sebab perusahaan yang menaungi aplikasi danamas ini jelas dan berasal dari perusahaan perbankan ternama, maka dari itu sudah pasti aplikasi pinjol yang satu ini aman.


4. Mekar
Aplikasi aplikasi pinjol legal yang terdaftar dan berizin dari ojk yang terakhir ini adalah mekar. Jika anda ingin meminjam uang yang pembayarannya fleksibel maka aplikas MEKAR mungkin bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Pada aplikasi pinjol OJK yang satu ini, anda dapat mengatur pembayaran yang akan anda pinjam berdasarkan dari fasilitas pinjaman yang akan anda gunakan. Bahkan, anda juga dapat memilih tempo pembayaran sesuai dengan kemampuan anda masing masing. Sebagai nasabah pinjaman dari aplikasi MEKAR ini, anda akan diberikan keleluasaan untuk memilih jangka waktu pengembalian dari uang yang anda pinjam, mulai dari 3,6 hingga 12 bulan.